Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengirim File Antar Smartphone tanpa Bluetooth dan tanpa Kuota Internet

Terkadang kita perlu mentransfer file dalam ukuran besar. Misalnya file foto hasil jalan-jalan/ acara keluarga. Sedangkan kita tak membawa laptop/flashdisk. Terpaksa transfer via bluetooth dan waktu transfernya menguji kesabaran. Hehe... Oh iya, bisa juga dikirim via aplikasi WhatsApp. Tapi kualitas fotonya dikompres, jadi lebih rendah. Itupun kalo ada sinyal dan ada kuota. Kalo waktunya mepet dan sinyal internet timbul tenggelam?

Kali ini saya ingin membahas tentang sebuah aplikasi smartphone yang bisa jadi solusi masalah di atas. Dan, yang pasti, telah banyak orang yang memakainya. Bagi yang belum, bisa segera mencobanya. Apa yang akan dibahas di tulisan ini? SHAREit. Yap, aplikasi SHAREit.



Apa itu SHAREit?

SHAREit adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk berbagi file baik antar perangkat smartphone, tablet, maupun komputer. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mentransfer file dari smartphone-mu ke smartphone temanmu tanpa menggunakan kabel data, bluetooth, maupun koneksi internet. Aplikasi mengirim atau menerima file melalui koneksi Wi-Fi radio. Jadi kita tidak perlu menggunakan koneksi internet. 

Apakah sebatas android ke android? Tidak, kamu bisa mentransfer file lintas sistem operasi baik itu Android, IOS, Windows phone, maupun Windows. Jadi kamu bisa dengan mudah mengirimkan file dari smartphone-mu yang android ke iphone temanmu ataupun ke laptop.

File yang bisa ditransfer Melalui SHAREit

SHAREit bisa digunakan untuk mengirim file dokumen (office, excel, dll.), foto, video, bahkan aplikasi. Kamu bisa mengirim aplikasi dari smartphone-mu ke temanmu via SHAREit. Sehingga temanmu tidak perlu mendownload di playstore.

SHAREit memiliki kemampuan mentransfer file dengan sangat cepat dan tak terbatas. Bahkan di laman web-nya pihak SHAREit mengklaim bahwa aplikasi ini mampu mentransfer file dengan kecepatan kira-kira 200 kali lebih cepat dari bluetooth. Sedangkan untuk besarnya file, selama penyimpanan milik perangkatmu masih muat, SHAREit bisa mengirimnya. Artinya, tidak ada batasan ukuran file yang bisa dikirim via SHAREit.

Cara Mengirimkan File dengan Aplikasi SHAREit


Langkah-langkah menggunakan SHAREit

Berikut ini adalah cara mentransfer file dari smartphone ke smartphone. Saya mencobanya pada smartphone dengan sistem operasi android. Di sini saya sebagai pengirim file, dan kamu sebagai penerima file.
  1. Buka aplikasi SHAREit di kedua smartphone.
  2. Sebagai pengirim, saya mengetuk tombol “Send”.
  3. Lalu kamu sebagai penerima mengetuk tombol “Receive”. Dan menunggu file dikirim.
  4. Pada smartphone saya, saya akan masuk ke bagian “Select Files” untuk memilih file yang akan saya kirim. Jumlah filenya terserah mau berapa banyak. Bahkan satu foleder pun bisa. Oke, saya sudah memilih file-nya.
  5. Lalu saya ketuk tombol “Send” yang ada di pojok kanan bawah layar.
  6. Saya akan masuk ke bagian pencarian/pemindaian perangkat lain. Avatar smartphone-mu akan terdetekssi disini.
  7. Kemudian saya ketuk avatar tersebut. 
  8. Di smartphone-mu akan ada permintaan konfirmasi, “Accept” atau “Reject”. Ketuk Accept.
  9. File kamu terima. Done.
Demikian cara mentransfer file dari smartphone ke smartphone menggunakan aplikasi SHAREit. Saya juga mengulas tentang SHAREit for PC. Di tulisan tersebut kamu bisa mengetahui bagaimana caranya mentransfer file ke laptop/komputer dan sebaliknya. Tertarik? Silahkan kunjungi tautan berikut ini.
Transfer File ke Laptop Tanpa Kabel dan Kuota, SHAREit for PC

Baik, sekian saja ulasan saya mengenai aplikasi SHAREit. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Mengirim File Antar Smartphone tanpa Bluetooth dan tanpa Kuota Internet"