Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Office Lens, Scan Dokumen dengan Smartphone-mu

Office Lens adalah sebuah aplikasi android keluaran dari Microsoft Corporation. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita bisa menggunakan smartphone kita layaknya mesin scanner. Kita bisa men-scan dokumen-dokumen fisik (dokumen yang sudah diprint) dan menyimpannya dalam bentuk file digital. Meskipun kita menggunakan kamera smartphone, dengan aplikasi scanner ini hasil objek yang ditangkap akan berbeda dengan hasil pemotretan biasa. Hasilnya akan seperti hasil scan menggunakan mesin scanner ataupun mesin fotocopy. Selain itu, aplikasi office lens juga dilengkapi dengan fitur OCR (Optical Character Recognition). Fitur ini membuat kita bisa men-scan dokumen dan hasilnya bisa dikonversi menjadi tekssehingga kita bisa mengeditnya menggunakan software atau aplikasi office word.

Aplikasi Office Lens, Berasa Bawa Scanner Kemana-mana
Aplikasi Office Lens

Keunggulan Aplikasi Office Lens

Aplikasi Office Lens, Berasa Bawa Scanner Kemana-mana
Deskripsi Aplikasi Office Lens

Berikut ini adalah keunggulan aplikasi Office Lens.

1. Ada beberapa pilihan mode
Aplikasi Office Lens menawarkan 3 mode berdasarkan jenis objek yang ingin kita scan. Mode adalah Business Card, Document, dan Whiteboard. Jika kita akan men-scan objek berupa kartu dan sejenisnya, kita bisa menggunakan mode Business Card. Kalo kita akan men-scan objek berupa dokumen, surat, buku, dan sejenisnya, kita bisa menggunakan mode Document. Nah, jika kita ingin men-scan materi pelajaran, kuliah, atau rapat yang ada di papan tuli, kita bisa menggunakan mode Whiteboard.

2. Dengan office Lens kita bisa men-scan dokumen dari berbagai angle/arah.
Keunggulan berikutnya aplikasi Office Lens adalah kemampuannya menangkap objek dari berbagai angle (seperti memotret dengan smartphone) tetapi menghasilkan hasil scan seperti ketika kita men-scan objek di mesin scanner/fotokopi.

3. Resolusi Capture/Scan bisa diatur.
Untuk memperoleh hasil yang maksimal, aplikasi Office Lens juga bisa diatur hingga resolusi tertinggi yang dimiliki kamera smartphone kita.

4. Hasil Scan Bisa disimpan dalam beberapa Format File.
Hasil scan dari aplikasi ini bisa disimpan dalam bentuk image, pdf, OneNote, Word document, dan Power Point. Kita bisa menyimpannya dalam beberapa format file sekaligus, atau salah satunya saja, tergantung kebutuhan. Untuk format pdf, Word document, dan Power Point hanya bisa disimpan ke akun One Drive.

5. Aplikasi Office Lens memiliki fitur OCR
OCR kepanjangannya adalah Optical Character Recognition. OCR adalah fitur scanner yang memungkinkankonversi gambar menjadi teks. Dengan fitur ini, hasil scan bisa disimpan dalam bentuk teks dalam format Word Document. Jadi, kita juga bisa mengedit hasil scan tersebut layaknya mengedit teks dalam file Word Document lainnya.

Kekurangan Aplikasi Office Lens

Saya telah menggunakan aplikasi ini untuk mendokumentasikan berkas pekerjaan seperti materi rapat, daftar hadir, dll. Bagi saya, kekurangan aplikasi ini antara lain adalah keterbatasan dalam menyimpan file dalam bentuk pdf, word document dan power point. Dimana fitur tersebut hanya bisa digunakan jika kita terkoneksi internet dan memiliki akun onedrive. Mungkin jika kita bisa menyimpan hasil scan dalam format tersebut langsung ke penyimpanan smartphone, bagi saya itu akan lebih praktis. Kekurangan yang lain, masih bagi saya, adalah pada fitur OCR hasilnya terkadang tidak maksimal. Ketika kita menggunakan fitur ini, ada sebagian dari teks yang tidak terkonversi. Ada juga yang hurufnya berubah urutannya. Mungkin hal itu juga dipengaruhi oleh kondisi dokumen yang di-scan. 

Namun, secara keseluruhan, saya puas dan merasa terbantu oleh aplikasi ini. Karena saya seringkali hanya menyimpan file hasil scan dalam bentuk image.

Baiklah, ulasan mengenai aplikasi Office Lens saya cukupkan sekian. Jika kamu ingin menjajal aplikasi Office Lens, kamu bisa mengunduhnya di google playstore. Apabila ada tanggapan, komentar, maupun pertanyaan, silahkan tuliskan di kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Aplikasi Office Lens, Scan Dokumen dengan Smartphone-mu"