Cara Melihat Pesan Whatsapp yang telah dihapus oleh Pengirimnya

Sering menerima pesan Whatsapp tetapi telah dihapus oleh pengirimnya sebelum sempat kamu baca? Terkadang hal tersebut membuat penasaran kan?


Sebagaimana tulisan saya beberapa waktu yang lalu, aplikasi Whatsapp telah menambahkan sebuah fitur yang diharapkan ada pada aplikasi tersebut, yaitu fitur menghapus pesan yang telah terlanjur terkirim. Sebelum adanya fitur ini, banyak pengguna aplikasi Whatsapp yang mengeluh, karena pesan yang terlanjur mereka kirimkan tidak dapat ditarik/dihapus. Jadi, seringkali terjadi salah kirim pesan pribadi ke grup Whatsapp, dan beragam akibat timbul. Mulai dari malu, merasa ga enak, bahkan sampai pertengkaran pun bisa terjadi. Nah, dengan adanya fitur hapus pesan, kini para pengguna Whatsapp bisa mengantisipasi akibat-akibat tersebut. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca ulasan saya mengenai hal ini pada tulisan saya sebelumnya.
Menghapus Pesan Whatsapp yang Terlanjur Terkirim
Kali ini saya akan membahas tentang cara melihat pesan Whatsapp yang telah dihapus oleh pengirimnya sebelum sempat kita baca. Yap, terkadang bikin penasaran juga kan, apasih yang dikirimkan oleh teman atau lawan chatting kita, kok dihapus. 

Untuk mengetahui isi pesan Whatsapp yang telah dihapus, kita bisa menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Recent Notification.

Aplikasi Recent Notification 

Recent Notification adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk menyimpan notifikasi/pemberitahuan yang masuk ke smartphone kita dan belum sempat kita baca. Notifikasi yang disimpan tersebut berasal dari berbagai aplikasi yang terpasang di smartphone kita. Notifikasi-notifikasi tersebut disimpan dalam clipboard apliksai Recent Notification dan bisa kita buka kapan saja selama belum dihapus dari aplikasi tersebut. Lalu bagaimana cara melihat pesan Whatsapp yang telah dihapus oleh pengirimnya? Sebelum membahas caranya, kita siapkan aplikasi “Recent Notification” -nya terlebih dahulu. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Melihat Pesan Whatsapp yang telah dihapus oleh Pengirimnya
Langkah mengaktifkan aplikasi
  1. Download dan instal aplikasi Recent Notification dari Google Playstore. 
  2. Setelah selesai, buka aplikasinya. 
  3. Akan muncul pop up meminta izin “Enable Notification Access”. Pilih “Enable Now”. 
  4. Kita akan masuk ke pengaturan Notification Access, izinkan aplikasi. 
  5. Lalu akan muncul konfirmasi, pilih “Allow”. 
  6. Sampai disini aplikasi Recent Notification telah siap digunakan. 
Setelah aplikasi Recent Notification aktif, semua pesan akan otomatis disimpan oleh aplikasi ini. Termasuk pesan aplikasi chatting seperti BBM, WhatsApp, dll. Bahkan pesan Whatsapp yang telah dihapus oleh pengirimnya, kita bisa melihat pesan tersebut melalui aplikasi ini. Jadi, jika kita menerima pesan Whatsapp tapi pesan tersebut dihapus oleh pengirimnya sebelum sempat kita baca, pesan tersebut masih tersimpan pada clipboard aplikasi Recent Notification. Kita bisa membaca pesan tersebut melalu aplikasi Recent Notification ini. Simak gambar di bawah ini. 

Cara Melihat Pesan Whatsapp yang telah dihapus oleh Pengirimnya
Tampilan notifikasi pada aplikasi Recent Notification
Cara Melihat Pesan Whatsapp yang telah dihapus oleh Pengirimnya
Tampilan pop up pesan yang tersimpan di aplikasi Recent Notification
Keterangan gambar:
  1. Tampilan Pesan Whatsapp yang telah dihapus pada aplikasi Whatsapp. 
  2. Tampilan Notifikasi/pemberitahuan pesan Whatsapp pada aplikasi Recent Notification. (Pesan pada saat diterima). 
  3. Tampilan Notifikasi/pemberitahuan pesan Whatsapp pada aplikasi Recent Notification. (Pesan pada saat dihapus oleh pengirimnya). 
  4. Notifikasi pada nomor 2 jika di ketuk/tap akan muncul pop up isi pesan. Karena pesan berupa gambar, maka tidak bisa ditampilkan. 
  5. Notifikasi pada nomor 2 jika di ketuk/tap akan muncul pop up isi pesan. Karena pesan berupa text, maka isi pesan bisa ditampilkan. (Ini adalah pesan yang kemudian dihapus oleh pengirimnya sebagaimana notifikasi pada nomor 3)
Berdasarkan keterangan di atas, ada beberapa poin yang bisa disimpulkan:
  • Pesan text bisa ditampilkan isinya melalui aplikasi Recent Notification. 
  • Pesan gambar tidak bisa ditampilkan isinya melalui aplikasi Recent Notification. 
  • Pesan Video tidak bisa ditampilkan isinya melalui aplikasi Recent Notification.
  • Pesan Whatsapp yang bisa dilihat, adalah pesan yang diterima setelah aplikasi Recent Notification diinstal.
Oke, sekian dulu. Semoga ulasan saya mengenai cara membaca pesan Whatsapp yang telah dihapus oleh pengirimnya ini bermanfaat. Selamat mencoba. Terima kasih.
Cara Melihat Pesan Whatsapp yang telah dihapus oleh Pengirimnya Cara Melihat Pesan Whatsapp yang telah dihapus oleh Pengirimnya Reviewed by Imajiner Amatir on Januari 22, 2018 Rating: 5

2 komentar:

  1. Numpang tanya, kenapa di app pemberitahuannya selalu dobel2 ya? Misal di wa chat cumq sekali tp di app recent notifikasi keluarga banyak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek di pengaturan gan, mungkin di preferensi notifikasi ada opsi notifikasi masuk

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.