Apa Perbedaan Headset, Headphones, atau Earphones?

Salah satu aksesoris perangkat elektronik yang familiar dan sering kita pakai adalah headset. Aksesoris ini biasanya kita pakai untuk mendengarkan musik ataupun alat bantu dengar saat menonton video baik di smartphone, laptop, ataupun PC (Komputer). Tujuan kita menggunakan headset pun beragam, misalnya untuk privasi, supaya tidak menganggu orang di sekitar kita, atau untuk mendapatkan kualitas audio yang lebih baik.

Saya sendiri biasanya menggunakan headset untuk mendapatkan kualitas audio yang lebih baik ketika menonton video, baik itu film ataupun video streaming di YouTube. Tapi sebentar, di kardus kemasan headset yang saya pakai kok tulisannya earphones, bukan headset? Dan setelah saya bertanya kepada mbah Google, saya menemukan tiga istilah yang bagi saya familiar. Tiga istilah tersebut adalah headset, headphones, dan earphones. Ketiganya akrab di telinga saya, tetapi ketika saya mencoba menentukan, yang saya pakai ini headset, headphones, atau earphones saya bingung sendiri. hehehe... Apakah kamu juga demikian? Jika iya, berikut saya bagikan hasil konsultasi saya dengan mbah Google.

Ketiga kata tersebut merupakan kosakata Bahasa Inggris yang sudah biasa kita ucapkan dalam percakapan-percakapan keseharian kita. Saya mencari definisi ketiga kata tersebut di website Cambridge Dictionary. 


Headphones


Headphones
Menurut Kamus Cambridge online (saya terjemahkan menurut interpretasi saya ya...), headphones adalah sepasang intstrumen elektronik yang dipasang di telinga seseorang untuk mendengarkan radio, dengan memasangkan tangkai metal di atas kepala. Intinya, headphones itu kiri dan kanannya dihubungkan dengan tangkai setengah lingkaran yang bahannya dari metal. Tapi banyak juga yang bahannya dari plastik sih... dan biasanya, headphones itu ketika dipakai, menutup keseluruhan telinga.


Earphones


Earphones
Sedangkan (masih menurut cambrige online yang saya terjemahkan menurut interpretasi saya) earphones adalah alat elektronik yang bentuknya kecil yang kamu pakai ketika kamu mendengarkan musik dari radio atau dari alat pemutar musik misal mp3 player, smartphone, dll.

Perbedaan headphones dan earphones terletak pada ukuran perangkatnya, juga ketiadaan tangkai yang menghubungkan antara perangkat yang kiri dan kanan. Jadi, sampai sini saya menyimpulkan bahwa yang saya pakai adalah earphones. Sehingga pada artikel yang saya terbitkan sebelum ini, saya memakai kata earphones.

Baca juga: Review  SoundMagic E10 In Ear Earphones: Elegan, Nyaman, Nikmatnya Pas di Telinga

Headset

Headset
Dan yang terakhir, headset. Masih menurut Cambridge online juga, headset adalah headphones yang memiliki microphone. Earphones yang ada microphone-nya pun mungkin juga termasuk dalam sebutan headset. Handphone maupun smartphone keluaran beberapa tahun yang lalu bisanya masih mendapatkan headset. Sedangkan smartphone keluaran sekarang, biasanya dibonusi earphones. Bahkan tak sedikit yang hanya dibonusi gabus di tempat yan seharusnya menjadi tempat earphones dalam kardus kemasan smartphone. Hahaha...

Demikian ulasan singkat saya tentang headphones, earphones, dan headset. Semoga bermanfaat. Oh iya, kalau ada koreksi mengenai istilah-istilah tersebut, boleh tulis di kolom komentar. Terima kasih.
Apa Perbedaan Headset, Headphones, atau Earphones? Apa Perbedaan Headset, Headphones, atau Earphones? Reviewed by Imajiner Amatir on Juni 06, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.