Arti Tanda Centang pada Percakapan di Aplikasi WhatsApp

Pada sebuah percakapan atau chatting, yang kita harapkan adalah pesan kita segera ditanggapi. Kalaupun tidak segera ditanggapi, setidaknya kita ingin mengetahui apakah pesan kita sudah dibaca. Atau minimal apakah pesan tersebut sudah terkirim atau belum.
Kali ini saya akan membahas mengenai tanda yang ada di percakapan aplikasi chatting WhatsApp. Yaitu berupa tanda centang. Pada kotak percakapan Aplikasi WhatsApp, ada 3 (tiga) macam tanda centang. Tanda centang tersebut muncul di belakang setiap pesan. Berikut tanda dan arti tanda centang yang ada pada kotak percakapan aplikasi WhatsApp.

Jenis dan Arti Tanda Centang pada Percakapan Aplikasi WhatsApp

Jenis Tanda Centang pada percakapan WhatsApp
Pada percakapan pribadi:
  • Tanda centang satu berwarna abu-abu: berarti pesan telah berhasil dikirim;
  • Tanda centang dua berwarna abu-abu: berarti pesan telah sampai/diterima oleh penerima tetapi belum dibaca;
  • Tanda centang dua berwarna biru: berarti pesan telah dibaca oleh penerima.
Pada percakapan grup:
  • Tanda centang satu berwarna abu-abu: berarti pesan telah berhasil dikirim;
  • Tanda centang dua berwarna abu-abu: berarti pesan telah sampai kepada semua anggota grup, tetapi baru sebagian anggota yang membacanya;
  • Tanda centang dua berwarna biru: berarti pesan telah dibaca oleh semua anggota grup.
Nah, sekarang sudah tahu kan, apa arti dari tanda-tanda centang dalam percakapan aplikasi WhatsApp. Berdasarkan keterangan di atas, kita bisa mengetahui apakah pesan kita terkirim atau tidak. Kita juga tahu apakah pesan kita sudah sampai ke penerima apa belum. Karena yang namanya chatting menggunakan koneksi internet, syaratnya kedua belah pihak terhubung ke koneksi internet. Jadi kalo si pengirim telah berhasil mengirim pesan, belum tentu si penerima telah menerimanya. Itu tergantung apakah si penerima terkoneksi dengan internet atau tidak. Jika terkoneksi, pasti pesan itu akan diterima oleh si penerima (centang dua abu-abu). Dan ketika si penerima telah membuka pesan kita itu (entah dibaca atau Cuma dibuka saja, hehehe) maka tanda centang dua berwarna biru akan muncul. Itu artinya, kita sebagai pengirim tahu, sampai tahap mana perjalanan pesan kita.

Fitur yang bagus bukan? Akan tetapi, tidak semua orang yang menjadi penerima pesan menginginkan keadaannya diketahui bahwa dia telah membaca pesan dari si pengirim. Dengan berbagai alasan yang beragam. Nah, untuk pengguna jenis ini (saya juga kadang-kadang termasuk), pihak developer aplikasi WhatsApp juga telah menyediakan fitur yang memenuhi keinginannya. Yaitu, menonaktifkan tanda centang dua berwarna biru.

Cara Menonaktifkan Laporan telah dibaca (Tanda Centang dua berwarna Biru) 

Menonaktifkan Fitur "Laporan telah dibaca" (klik untuk memperbesar)
Bagaimana cara menonaktifkan fitur tanda centang dua berwarna biru ini? Caranya mudah, kamu tinggal masuk ke Settings (Setelan) -- Account (Akun) -- Privacy (Privasi) -- Read receipts (laporan telah dibaca): hilangkan tanda centang pada checkbox. Akan tetapi, cara ini tidak berlaku pada percakapan grup WhatsApp. Pada grup WhatsApp tidak ada pengaturan untuk menonaktifkan laporan dibaca.

Catatan: Developer WhatsApp memberikan fitur inipun dengan ada imbangannya. Supaya fair, pengguna WhatsApp yang menonaktifkan fitur tanda centang dua berwarna biru akan mengalami hal yang sama, yaitu tidak bisa melihat tanda tersebut pada pesan yang masuk kepadanya. Meskipun si pengirim tidak menonaktifkan tanda tersebut di pengaturan privasi akun WhatsApp si pengirim.

Cukup sekian ulasan saya mengenai arti tanda centang pada percakapan aplikasi WhatsApp. Kamu bisa mengunjungi tulisan saya yang lainnya untuk membaca informasi menarik lainnya. Misalnya yang berkaitan dengan aplikasi WhatsApp:
Salah Kirim Pesan Whatsapp? Tenang, Begini Solusinya...
Sekian. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Arti Tanda Centang pada Percakapan di Aplikasi WhatsApp Arti Tanda Centang pada Percakapan di Aplikasi WhatsApp Reviewed by Imajiner Amatir on November 03, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.