Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ALAT UNTUK MENGHITUNG KAPASITAS REAL POWER BANK: KEWEISI KWS-MX18


USB tester adalah alat berfungsi untuk memonitor input dan output perangkat elektronik yang interface-nya USB. Dengan alat ini kita bisa mengetahui besarnya input maupun output sebuah alat elektronik. Saya menggunakan USB tester untuk mengumpulkan data performa power bank yang akan saya review. Selama ini saya menggunakan USB Tester dari Keweisi yang tipenya Keweisi KWS-V20. Saya juga pernah menulis review-nya di blog imajineramatir.com ini beberapa waktu yang lalu. Namun, karena ada fitur yang saya perlukan tapi tidak ada pada USB Tester ini, akhirnya saya memutuskan untuk upgrade ke USB Tester merk Keweisi juga yang tipenya KWS-MX18.

 

Nah, kali ini saya akan mengulas Keweisi KWS-MX18 ini. Apa saja fitur yang dimiliki alat ini? Bagaimana cara kerjanya? Dan terakhir, bagaimanakah kinerjanya? Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, silahkan baca tulisan ini samapi selesai.

Deskripsi dan Spesifikasi Keweisi KWS-MX18

Keweisi KWS-MX18 memiliki form factor yang mirip dengan Keweisi KWS-V20. USB Tester ini juga memiliki empat bagian utama, yaitu: USB in, Port USB out, layar monitor, dan tombol fisik. Namun, layar monitor pada USB Tester ini tampilannya berwarna dan informasi yang disajikan lebih banyak. Dan tombol fisiknya juga memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai tombol reset dan tombol navigasi. Lebih jelasnya akan saya bahas nanti di bagian cara kerja alat.

Bagian-bagian Keweisi KWS-MX18
Tata letak bagian perbagian Keweisi KWS-MX18 ini masih sama dengan yang tipe KWS-V20. Bedanya keseluruhan body Keweisi KWS-MX18 ini berbahan plastik dengan warna doff. Ada dua varian warna, hitam dan putih. Apa hanya itu perbedaannya? Tentu tidak ya. Keweisi KWS-MX18 ini memiliki beberapa fitur yang saya butuhkan, yang tidak dimiliki oleh Keweisi KWS-V20.

Lebih jelasnya bisa dilihat di tabel parameter Keweisi KWS-MX18 berikut ini.

Voltage

4-30V

Current

0-5.1A

Protocol Supported

QC 2.0 & 3.0

Electricity

0-999999mAH

Energy

0-999999mWh

Timing

0-99hours

Power

0-150W

Charging Resistance

0-999.9ohms

Grouping

Group 1-9

Internal Temperature

0-80 derajat celcius


Keweisi KWS-MX18 bekerja pada voltase 4-30V. Alat ini bisa dialiri arus pada rentang 0-5,1A. Dengan rentang voltase dan arus tersebut, alat ini sudah mendukung protocol Quick Charge 2.0 dan 3.0-nya Qualcomm. Dengan rentang voltase dan arus di atas, alat ini bisa dilalui power maksimal sampai 150W.

Keterangan Display Keweisi KWS-MX18
Keweisi KWS MX-18 bisa merekam beberapa macam data yang bisa digunakan untuk mengukur input dan output power bank. Berikut adalah data yang bisa direkam oleh alat ini.

Electricity

Yang dimaksud electricity di sini adalah kapasitas, yang satuannya mAh. Jadi, angka yang terekam di data electricity adalah kapasitas yang mengalir melalui USB Tester dan direkam. Keweisi KWS-MX18 mampu merekam data electricity maksimal sampai 999999 mAh.

Energy

Energy di sini memiliki satuan mWh. Dimana satuan ini digunakan untuk daya. Daya merupakan hasil kali antara electricity atau kapasitas dengan voltase. Angka yang direkam di sini adalah jumlah daya yang mengalir melalui USB Tester. Keweisi KWS-MX18 mampu merekam data energy maksimal sampai 999999 mAh.

Timing

Timing pada Keweisi KWS-MX18 ini adalah angka akumulasi waktu kerja. Angka ini menunjukkan seberapa lama USB tester ini bekerja. Data timing yang mampu direkam oleh Keweisi KWS-MX18 ini maksimal adalah 99 jam.

Nah, data-data di atas itu termonitor dan terekam dalam satu grup. Sedangkan Keweisi KWS-MX18 ini memiliki 9 grup penyimpanan. Dengan begitu, kita bisa melakukan beberapa pengambilan data sampai 9 grup data dan bisa tersimpan di alat ini. Misal, grup 1 saya gunakan untuk menyimpan data self charging power bank. Jadi digrup 1 ini kita memiliki data kapasitas dan daya yang mengalir dari sumber daya ke power bank dan juga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk satu kali self-charging. Kemudian, grup dua misalnya untuk menyimpan data pengurasan isi daya power bank. Grup 4 untuk data pengisian daya power bank sesi 1. dst.

Cara Kerja Keweisi KWS-MX18

Secara garis besar, cara kerja Keweisi KWS-MX18 ini sama dengan KWS-V20. Kita pasang alat ini di antara sumber daya dan perangkat yang memakai daya.

Cara Kerja Keweisi KWS-MX18
Misalnya saat kita mengisi daya smartphone menggunakan power bank sebagai sumber dayanya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  1. Pasang Keweisi KWS-MX18 ini ke port output power bank yang berjenis USB A.
  2. Lalu, pasang kabel charger ke port output alat ini yang juga berjenis USB A.
  3. Terakhir, pasang ujung kabel charger satunya ke port charger smartphone.
Sampai disini pengisian daya akan dimulai dan Keweisi KWS-MX18 ini juga mulai bekerja memonitor proses pengisian daya.

Seperti saya sebutkan di depan, Keweisi KWS-MX18 ini memiliki 9 slot penyimpanan dimana masing-masing slot bisa untuk menyimpan satu grup data. Kita bisa memilih di slot yang mana data akan disimpan. Sebelum mulai menggunakan alat ini, langkah pertama yang kita lakukan adalah menentukan di slot ke berapa kita akan menyimpan data. Berikut adalah cara memilih slot grup data yang akan digunakan.
  1. Pasang Keweisi KWS-MX18 ke sumber daya, sehingga alat ini menyala.
  2. Lalu tekan tombol 1 kali untuk berpindah grup data.
  3. Setelah sampai pada slot grup data yang akan digunakan, reset grup data tersebut dengan menekan tombol dan menahannya selama beberapa detik sampai angka penyimpanan data menjadi nol

Cara Mengolah Data Pengisian Daya

Setelah mengetahui cara menggunakan alat ini, kita bisa mengaplikasikannya untuk beberapa keperluan yang ada di sekitar kita. Salah satunya adalah menggunakan Keweisi KWS-MX18 ini untuk memonitor pengisian daya smartphone menggunakan power bank sebagai sumber dayanya.
Memonitor Pengisian Daya dengan Keweisi KWS-MX18
Untuk mendapatkan gambaran real penggunaan USB Tester Keweisi KWS-MX18, saya akan menyajikan data pengisian daya yang dikumpulkan menggunakan alat ini. Data yang digunakan adalah data satu sesi pengisian daya Sony Xperia 5 ii menggunakan power bank Uneed MultiBoxB20. Sony Xperia 5 ii memiliki kapasitas baterai sebesar 4.000 mAh. Sedangkan power bank Uneed MultiBox B20 kapasitasnya sebesar 20.000 mAh.

Port/Cable Out

Sesi

Output

Presentase

Waktu

Keterangan

Port Out

USB A

1

4,9V == 1,4A

15%-100%

2 jam 25 menit

Kapasitas

3.149 mAh

Daya

15.721 mWh


Dari data di atas, kita bisa memperoleh informasi tentang performa power bank selama satu sesi pengisian daya.

  1. Yang pertama adalah port output yang digunakan. Pengisian daya ini menggunakan port output USB A. Dimana spesifikasi port output USB A power bank ini maksimal bisa mengalirkan output sebesar 5V == 2,1A.
  2. Yang kedua adalah output power bank saat digunakan. Pada real penggunaan, output power bank adalah 4,9V== 1,4A. Sebenarnya data output yang saya tulis di tabel adalah output awal saat pengisian daya dimulai. Jadi, data output 4,9V == 1,4A itu sebenarnya juga naik turun. Hanya margin dan fluktuasi naik turunnya yang berbeda. Untuk voltase, bisa dikatakan stabil di 4,9V karena margin naik turunnya ada di 0,0X V. Nah, untuk arus output-nya, seiring beratambahnya presentase baterai smartphone terisi, maka arus output power bank juga akan menurun, sampai baterai smartphone terisi penuh. Begitu presentase baterai smartphone mencapai 90%, arus output akan turun sampai kurang dari 1A.
  3. Yang ketiga adalah waktu pengisian daya. Pengisian daya dilakukan dari presentase sisa bateria smartphone 15% sampai 100%. Waktu pengisian dayanya adalah 2 jam 25 menit.
  4. Yang keempat adalah kapasitas dan daya yang dialirkan oleh power bank ke smartphone. Kapasitas yang dialirkan sebesar 3.149 mAh. Sedangkan dayanya adalah 15.721 mWh. Data ini bisa kita gunakan untuk menghitung kapasitas real sebuah power bank.

Menghitung Kapasitas Real Power Bank

Kapasitas real yang saya maksud di sini adalah kapasitas power bank yang bisa dialirkan ke perangkat lain. Jadi, untuk mengetahui kapasitas real dari power bank ini, kita tinggal menggunakan power bank ini mulai dari dayanya masih penuh sampai dayanya habis. Saat daya power bank habis, kita akan mendapatkan data kapasitas real power bank secara langsung. Data tersebut terekam pada data electricity. Seperti diterangkan di atas, electricity yang dimaksud di sini adalah kapasitas yang mengalir melalui dan direkam oleh alat ini.

Sebagai contoh, saya masih akan menggunakan power bank Uneed MultiBox B20. Biasanya, spesifikasi kapasitas sebuah power bank akan diikuti oleh spesifikasi voltase ataupun total dayanya. Misal power bank uneed MultiBox B20 ini, kapasitasnya adalah 20.000 mAh dengan total daya 74.000 mWh. Itu berarti, kapasitas 20.000 mAh ini adalah saat voltasenya 3,7 V. angka 3,7 V ini diperoleh dari pembagian 74.000 mWh dibagi 20.000 mAh. Jadi, jika power bank ini saat dipakai outputnya 5 V, maka kapasitasnya secara rumus bukan 20.000 mAh tapi 74.000 mWh dibagi 5 V, yaitu 14.800 mAh.

Power bank ini bisa digunakan untuk pengisian daya Sony Xperia 5 ii sebanyak 4 kali. Jika kita mengacu pada data di tabel di atas, kapasitas yang mengalir dari power bank ke smartphone dalam satu sesi adalah 3.142 mAh. Dari sini kita bisa mendapatkan data kapasitas yang bisa dialirkan dari power bank ke peangkat lain dengan mengkalikan 3.142 mAh sebanyak empat kali. Hasilnya adalah 12.568 mAh. Ini adalah kapasitas real power bank pada voltase 4,9V.

Memonitor Pengurasan Daya dengan Keweisi KWS-MX18
Untuk mendukung data ini, berikut saya sajikan data pengurasan isi daya power bank menggunakan USB Electronic Load dan dimonitor oleh Keweisi KWS-MX18.

Port Output

Voltase

Arus

Kapasitas

Daya

Waktu

Port out USB A

4,98-5 V

1,99-2 A

11.736 mAh

58.641 mWh

5 jam 52 menit


Berbeda dengan pengisian daya smartphone, pengurasan isi daya bisa dilakukan satu kali jalan. Pengurasan dimulai dari saat daya power bank masih penuh, sampai dayanya habis. Output power bank diset di kisaran 5V == 2A. Pengaturan output power bank bisa dilakukan di USB Electronic Load ya. Dan hasilnya, kapasitas yang mengalir dari power bank ke USB Electronic Load termonitor sebesar 11.736 mAh. Sedangkan jika dilihat dari total dayanya, terekam di USB Tester sebesar 58.641 mWh.

Lalu mana yang benar, kapasitas power bank yang bisa dialirkan ke perangkat lain itu besarnya 12.568 atau 11.736. untuk patokan angka, kita bisa mengacu ke hasil pengurasan isi daya ya. Karena pengambilan data dilakukan dalam satu sesi selesai saja, variable-variabel lain yang mempengaruhi tidak sebanyak data angka kapasitas yang terekam di pengisian daya. Dimana data tersebut diambil dari 4 sesi pengisian daya. Dan untuk data pengisian daya, kita bisa mengambil informasi tentang berapa kali sebuah power bank dengan kapasitas 10.000 mAh bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone dengan spesifikasi dan kondisi seperti yang disebutkan di atas.

Harga Keweisi KWS-MX18

Saya membeli Keweisi KWS-MX18 ini via shopee. Harganya di kisaran 78 ribuan rupiah. Ini saya membelinya di took yang barangnya dikirim langsung dari Cina ya. Kelengkapan yang didapatkan saat membeli alat ini adalah produk USB Tester-nya, user manual, dan kartu Keweisi.

Demikian ulasan saya tentang USB Tester Keweisi KWS-MX18 yang bisa digunakan untuk menghitung kapasitas real sebuah power bank. Untuk selanjutnya, USB tester ini akan saya gunakan untuk mengambil data performa power bank yang saya review. Jika ada yang ingin bertanya, memberi tanggapan, koreksi maupun apresiasi, silahkan tuliskan di kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Video Unboxing Keweisi KWS-MX18

Video Review Keweisi KWS-V20


Posting Komentar untuk "ALAT UNTUK MENGHITUNG KAPASITAS REAL POWER BANK: KEWEISI KWS-MX18"