Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Power Bank Uneed MultiBox B20 Kapasitas 20.000 mAh

Satu orang dengan smartphone lebih dari satu unit untuk saat ini sudah sering kita jumpai. Bahkan tidak sedikit juga yang unit smartphone-nya lebih dari dua. Dan tak sedikit yang smartphone-nya mempunyai port charger yang berbeda. Jika kita dalam posisi tersebut, paling tidak kita harus memiliki kabel charger yang sesuai dengan port charger smartphone tersebut. Jadi, saat bepergian, kita harus bawa charger, power bank, dan kabel charger yang sesuai untuk smartphone-smartphone yang kita pakai. Bayangkan kalau ada satu kabel yang ketinggalan, kita akan repot saat smartphone yang kabel chargernya ketinggalan sekarat baterainya.

Nah, kali ini saya akan membahas sebuah power bank yang bisa menjawab kebutuhan tersebut di blog imajineramatir.com ini. Nama power bank-nya adalah Uneed MultiBox B20. Sebuah power bank dari brand Uneed yang memiliki kabel charger tanam dengan jenis berbeda-beda. Karena kabelnya tanam, jadi tidak akan terjadi drama ada power bank tapi kabel charger-nya ketinggalan. Dan dengan kabel charger tanamnya yang beragam, tentunya power bank ini disiapkan untuk bisa digunakan oleh banyak smartphone. Jadi, kapasitasnya harus memadai juga. Dan kapasitas power bank ini memang besar, yaitu 20.000 mAh. Jadi memang disiapkan untuk mampu mengisi daya banyak unit smartphone.



Harga, Isi Box, dan Garansi Power Bank Uneed MultiBox B20

Seperti biasa, sebagian besar power bank yang saya bahas di blog ini adalah power bank yang saya beli di Flash Sale. Jadi harganya tentunya adalah harga flash sale. Saya membeli power bank Uneed MultiBox B20 ini dengan harga 134 ribuan. Harga normal power bank ini saat tidak flash sale adalah 188 ribuan.

Box kemasan power bank ini menggunakan box yang eco-friendly. Kemasan eco-friendly merupakan kemasan yang menggunakan bahan-bahan yang mudah diurai, bisa didaur ulang, serta tidak berbahaya bagi lingkungan maupun manusia. Namun, bagi yang pernah membeli produk dari brand uneed dengan kemasan lengkap, mungkin kemasan seperti ini bisa saja dianggap hanya mengurangi kemasan luarnya saja. Karena untuk kemasan lengkap, ada box yang tipis dan berwarna. Ada banyak informasi yang dicantumkan mulai dari gambar produk, spesifikasi, fitur, dan lain-lain di box luar tersebut. Dan di dalam box tersebut, ada box lagi yang mirip seperti box yang didapatkan sekarang ini. Bedanya, box ini memuat beberapa informasi tentang produk power bank, mulai dari gambar simple, nama produk, dan spesifikasi singkatnya.

Box Kemasan Power Bank Uneed MultiBox B20


Di dalam box kemasan, yang kita dapatkan adalah unit power bank, user manual, dan kartu garansi. Kita tidak mendapatkan kabel charger seperti pada produk power bank uneed yang lain ya. Tapi seperti yang tadi sudah sempat saya singgung di depan, untuk kabel charger sudah ada, tertanam pada body unit power bank.

Isi Box Kemasan Power Bank Uneed MultiBox B20


Untuk garansi, ada 2 macam garansi yang kita dapatkan saat membeli power bank ini melalui Uneed Indonesia di marketplace Shopee. Yang pertama, garansi pengembalian 7 hari dari Shopee. Jadi selama 7 hari sejak pembelian, kita bisa mencoba power banknya untuk mengetahui ada defect pabrik atau tidak. Jika ada, kita bisa mengklaim garansi dan mengirim balik produk tanpa biaya. Kalo di keterangannya Shopee, pengiriman harus pake J&T. Yang kedua adalah garansi dari Uneed. Uneed memberikan garansi resmi 12 bulan terhitung dari tanggal pembelian. Syarat klaim garansi harus ada kartu garansi & invoice pembelian (jika salah satu dari Kartu Garansi / Nota pembelian hilang maka Garansi VOID)

Spesifikasi Power Bank Uneed MultiBox B20

Dengan kapasitasnya yang 20.000 mAh, sudah wajar jika power bank ini ukurannya besar dan bobotnya berat. Keseluruhan body power bank ini bermaterial plastik. Bentuk power bank ini bisa dikatakan biasa saja. Peletakan tombol power, port input dan output serta lampu indikatornya juga wajar. Yang menarik perhatian adalah kabel tanam yang dimiliki oleh power bank ini yang masuk di garis celah punggung power bank.

Nampak Depan Power Bank Uneed MultiBox B20

Nampak Samping Power Bank Uneed MultiBox B20

Nampak Samping Power Bank Uneed MultiBox B20


Nampak Belakang Power Bank Uneed MultiBox B20

Seperti sudah saya katakan di awal, power bank ini memiliki 4 buah kabel tanam yang terdiri dari 1 kabel input berjenis USB A dan 3 kabel output yang berjenis micro USB, Type C, dan Lightning. Sedangkan untuk port-nya, power bank ini punya 2 port input yang berjenis micro USB dan Type C serta 1 port output yang berjenis USB A. Jadi, power bank ini memiliki 3 buah saluran input dan 4 buah saluran output.

Untuk Spesifikasi power bank uneed MultiBox B20, selengkapnya bisa dilihat di tabel berikut ini.

SPESIFIKASI POWER BANK

Kode

Uneed UPB231.2

Model

Multibox B20

Kapasitas

20.000 mAh

Total power

74.000 mWh

Port Input

Input 1 Port Micro USB

DC 5V/2A

Input 2 Port Type C

DC 5V/2A

Input 3 USB A Built-in Cable

DC 5V/2A

Port output

Output 1 Built in Cable Micro USB

DC 5V/2A

Output 2 Built in Cable Type C

DC 5V/2A

Output 3 Built in Cable Lightning

DC 5V/2A

Output 4 Port USB A

DC 5V/2.1A

Bahan

Plastik

Berat

456 gram

Dimensi

140 x 68 x 30 mm


Hasil Pengujian Power Bank Uneed MultiBox B20

Selanjutnya, untuk mengetahui apakah performa power bank ini sesuai dengan spesifikasinya atau tidak, saya telah melakukan serangkaian pengujian. Pengujian dilakukan pada 3 pengoperasian, yaitu self-charging, pengurasan isi daya, dan terakhir pemakaian power bank untuk mengisi daya perangkat lain.

Seperti biasa, ada dua alat bantu yang saya gunakan dalam pengujian power bank Uneed MultiBox B20 ini. Yang pertama adalah USB tester. Alat ini berfungsi memonitor input dan output power bank. Saya menggunakan USB tester dari keweisi, yaitu keweisi KWS MX18. Kemudian, yang kedua adalah alat penguras isi daya power bank. Untuk pengurasan isi daya power bank, saya menggunakan USB Electronic Load.

Self Charging Power Bank

Saya akan mulai dari hasil pengujian self-charging. Pengujian ini bertujuan untuk mendapatkan data kecepatan self charging, dan juga data kapasitas dan daya yang bisa ditampung oleh power bank. Seperti disebutkan di spesifikasi, power bank ini punya 3 saluran input yang berbeda, yaitu: port type C, port micro USB dan kabel tanam USB A. Karena ketiganya bisa dimonitor dengan USB tester, saya melakukan 3 sesi self-charging dengan ketiga saluran input tersebut.

Self-charging Power Bank Uneed MultiBox B20


Datanya bisa dilihat di tabel ini.

Sesi

Port/cable Input

Input

Kapasitas

Daya

Waktu

1

Port Type C

4,9V / 1,11-1,14A

15.276 mAh

75.430 mWh

14 Jam 12 menit

2

Port Micro USB

4,92 / 1,36-1,37A

15.008 mAh

73.868 mWh

11 jam 12 menit

3

Cable USB A

4,9V / 1,8-1,9A

15.313 mAh

74.913 mWh

8 jam 47 menit


Ada 4 data yang saya cantumkan di tabel, yaitu data kecepatan input, kapasitas, daya, dan waktu. Dari ketiga saluran input yang ada, kabel tanam USB A memiliki kecepatan yang lebih baik ya. Selisih waktu self-charging antara ketiganya sangat besar. Sekitar 3-5 jam. Selisih waktu tersebut terjadi karena input power bank saat self-charging juga berbeda antara yang menggunakan port input type C, micro USB dan yang langsung menggunakan kabel USB A tanam. Kabel input USB A tanam bisa mengalirkan input yang paling besar, inputnya di kisaran 1.8-1,9 A.

Namun, kita akan menemukan kalau kapasitas dan daya yang mengalir ke power bank selisihnya tidak signifikan antara yang melalui port type C dan micro USB, serta yang melalui kabel tanam USB A. Kapasitas yang mengalir ada di angka 15 ribuan mAh. Dan dayanya ada di kisaran angka 73 sampai 75 ribuan mWh.

Pengurasan Isi Daya Power bank

Berikutnya adalah pengurasan isi daya power bank. Pengurasan isi daya dilakukan untuk mengetahui kapasitas power bank yang bisa dialirkan ke perangkat lain. Karena saluran output yang bisa dipasangi USB tester hanya 1, yaitu port output USB A, pengurasan daya hanya saya lakukan melalui port ini saja.

Pengurasan Isi Daya Power Bank Uneed MultiBox B20



Berikut adalah data pengurasan isi daya power bank Uneed MultiBox B20.

Port Output

Voltase

Arus

Kapasitas

Daya

Waktu

Port out USB A

4,98-5 V

1,99-2 A

11.736 mAh

58.641 mWh

5 jam 52 menit


Dari tabel kita bisa mengetahui kapasitas yang dialirkan dari power bank ke perangkat lain adalah 11.736 mAh. Sedangkan dayanya besarnya 58.641 mWh. Waktu pengurasan 5 jam 52 menit. Output terpantau stabil, angkanya 4,98-5V dengan arus 1,99-2A.

Mengisi Daya Sony Xperia 5 ii

Selanjutnya, untuk mendapatkan data penggunaan real power bank, saya juga melakukan pengambilan data saat power bank digunakan untuk mengisi daya perangkat lain. Saya sudah menggunakan power bank ini untuk mengisi daya Sony Xperia 5 ii yang kapasitasnya 4.000 mAh.

Pengisian Daya Sony Xperia 5 ii dengan Power Bank Uneed MultiBox B20

Dan hasilnya bisa dilihat di table berikut ini.

Port/Cable Out

Sesi

Output

Presentase

Waktu

Keterangan

Type C

1

 3,85V == 1,45-1,48

15%- 100%

2 jam 20 menit

 

2

15%- 100%

2 jam 18 menit

 

3

15%- 100%

2 jam 19 menit

 

4

15%- 99%

-

Isi Daya PB habis


Seperti terlihat di tabel, power bank ini bisa digunakan untuk 4 kali pengisian daya Sony Xperia 5 ii. Dimana pengisian daya dimulai dari presentase baterai tersisa 15% setiap kali sesi. Untuk pengisian daya sesi 1 sampai 3, power bank bisa mengisi daya Sony Xperia 5 ii sampai penuh 100%. Sedangkan untuk pengisian daya sesi 4, power bank mengisi daya Sony Xperia 5 ii sampai 99% saja.

Saluran output yang saya gunakan untuk pengisian daya adalah kabel type C tanam. Outputnya di kisaran 3,8-4 V == 1,45-1,48 A. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 2 jam 20 menit. Seperti tercantum di tabel, ada selisih waktu 1 atau 2 menit. Tapi ini tidak signifikan ya. Oh iya, untuk pengisian daya yang menggunakan kabel type C tanam ini saya tidak bisa memonitornya dengan USB tester ya. Jadi hanya data output power bank yang saya pantau melalui aplikasi Ampere.

Untuk bisa memonitor kapasitas dan daya yang bisa dialirkan dari power bank ke perangkat HP, saya melakukan pengisian daya melalui port output USB A. Hasilnya bisa dilihat di tabel ini.

Port/Cable Out

Sesi

Output

Presentase

Waktu

Keterangan

Port Out

USB A

-

4,9V == 1,4A

15%-100%

2 jam 25 menit

Kapasitas

3.149 mAh

Daya

15.721 mWh

Dari data di atas, kita bisa melihat output power bank ini 4,9V == 1,4A. Satu sesi pengisian daya memerlukan waktu 2 jam 25 menit. Ini tidak jauh beda dengan pengisian daya saat menggunakan kabel output USB A ya. Untuk kapasitas yang dialirkan dari power bank ke perangkat lain, pada voltase 4,9 V, terpantau sebesar 3.149 mAh. Dan dayanya adalah 15.721 mWh.

Apakah Sesuai dengan Spesifikasi?

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan acuan untuk menilai apakah performa sebuah power bank sesuai dengan spesifikasi atau tidak. Yang pertama adalah kecepatan power bank saat self-charging maupun saat mengisi daya smartphone. Yang kedua, berapa kali pengisian daya yang bisa dilakukan oleh power bank ke sebuah perangkat. Dan yang terakhir adalah kapasitas real power bank.

Berapa Lama Waktu Self-charging dan Pengisian Daya?

Untuk waktu self-charging dan pengisian daya, power bank ini bagi saya sudah sesuai spesifikasi. Self charging bisa dilakukan dalam waktu kurang dari 9 jam, tepatnya 8 jam 47 menit saja. Sedangkan untuk pengisian daya, power bank ini memerlukan waktu kurang dari 2,5 jam untuk mengisi daya baterai Sony Xperia 5 ii dari 15% sampai 100%.

Power bank dengan spesifikasi input dan output yang bisa dikatakan basic, tanpa ada dukungan teknologi pengisian cepat seperti QC, PD, Vooc, dan sejenisnya, waktu self-charging dan pengisian daya power bank ini bisa dikatakan sudah sesuai spesifikasi ya.

Sebagai perbandingan, untuk mengisi daya Sony Xperia 5 ii, dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam an dengan charger yang mendukung power delivery. Lalu pengisian daya dengan menggunakan power bank ini, waktu yang dibutuhkan itu kurang dari 2,5 jam, selisihnya tidak sampai satu jam.

Apakah kapasitas power bank Uneed MultiBox B20 ini real?

Nah, untuk kapasitas real power bank, kita bisa melihat data self-charging dan data pengurasan isi daya power bank. Dengan data tersebut, kita bisa tahu, berapa kapasitas yang mampu ditampung oleh power bank, dan berapa kapasitas yang mampu dialirkan oleh power bank ke perangkat lain.

Power bank dengan kapasitas 20.000 mAh yang total dayanya 74.000 mWh ini, secara perhitungan rumus berkapasitas 20.000 mAh jika voltasenya 3,7 V. Jika voltasenya 5V, seperti spesifikasi outputnya, maka kapasitasnya bisa dihitung dengan rumus total daya dibagi voltase, hasilnya 14.800 mAh.

Jadi, kapasitas 20.000 mAh itu kalo voltasenya 3,7 V. Sedangkan umumnya, power bank itu memiliki spesifikasi output 5V. Jadi kapasitas power bank ini, secara rumus, itu 14.800 mAh. Dan jika menggunakan voltase yang termonitor oleh USB tester, yaitu 4,9 V, maka kapasitasnya ada di angka 15 ribuan mAh.

Sedangkan dari data pengurasan daya, kapasitas power bank yang bisa dialirkan atau dikuras ada di kisaran angka 11 ribuan mAh, hampir 12 ribuan. Pengurasan isi daya power bank di sini dilakukan untuk memperoleh data kapasitas power bank yang bisa dialirkan ke perangkat lain dengan waktu yang lebih cepat dan output power bank yang stabil, baik voltase maupun arusnya. Data yang diperoleh, kapasitas power bank yang bisa dialirkan keluar sebesar 11.736 mAh, hampir 12 ribu mAh. Dari data tersebut, kita bisa memperoleh jawaban tentang kapasitas real power bank ini ya. Kapasitasnya bisa dikatakan sudah sesuai spesifikasi.

Tapi kapasitas yang bisa dialirkan pas pengurasan kok selisihnya jauh banget?

Nah, untuk yang itu, saat pengurasan ataupun saat digunakan untuk mengisi daya perangkat lain, power bank tidak akan benar-benar menghabiskan seluruh isi dayanya untuk dialirkan. Mungkin, ini mungkin ya, karena saya sendiri tidak benar-benar melakukan riset baik informasi ataupun ujicoba tentang ini, mungkin selisih tersebut dikarenakan adanya daya power bank yang terpakai untuk operasional alat, dan ada yang terpakai untuk operasional USB tester.

Itu mengapa, ada selisih output antara indikator digital charger dengan USB tester. Misalnya saat self-charging berlangsung, arus yang termonitor oleh charger 1,34 A, tapi arus yang termonitor USB tester lebih kecil, di angka 1,14 A. Mungkin penjelasannya seperti itu.

Berapa Kali Pengisian Daya yang bisa dilakukan?

Untuk pengisian daya ke perangkat lain, bisa berapa kalinya itu tergantung kapasitas baterai perangkat yang diisi ya. Untuk Sony Xperia 5 ii yang kapasitasnya 4.000 mAh, power bank ini bisa digunakan untuk 4 kali pengisian daya. Dimana pengisian dayanya dimulai dari sisa baterai presentasenya 15%.

Kapasitas yang dialirkan pada tiap sesi pengisian daya itu sekitar 3.140 an mAh. Kalo 4 kali pengisian, total kapasitas yang dialirkan dari power bank ke baterai smartphone itu di angka 12 ribuan mAh juga. Jika dibandingkan dengan data pengurasan isi daya power bank ya 11, 12 lah. Dengan begitu hasilnya bisa dikatakan klop ya. Kapasitas power bank yang bisa dialirkan ke perangkat lain ada di angka 11-12 ribuah mAh.

Beli atau tidak?

Beli atau tidak?

Pada akhirnya, keputusan membeli atau tidak itu menjadi keputusan kalian sendiri. Data hasil pengujian sudah saya sajikan di atas. Apakah power bank Uneed MultiBox B20 ini akan memenuhi kebutuhan kalian atau tidak? Untuk bahan pertimbangan, berikut poin plus minus power bank Uneed MultiBox B20 ini.

Plus:
  • kapasitas jumbpnya real
  • Punya banyak opsi input dan output
  • Kabel bawaannya lengkap
  • Self charging dan pengisian daya, kecepatannya normal, sesuai spesifikasi.
Minus:
  • Tidak support protokol pengisian cepat
  • Body bongsor
  • Indikator masih led
Nah itulah poin plus minusnya. Jika poin minus yang saya sebutkan bukan sebuah masalah, ya berarti power bank ini recommended. Tapi jika poin minus tersebut melanggar preferensi yang kalian anut, kamu bisa skip, dan nambah dana ga sampai 100 ribuan, sudah ada beberapa pilihan power bank yang poin minusnya lebih sedikit dari yang saya sebutkan tadi. Misal, sudah support protokol pengisian cepat, indikatornya sudah digital, atau kapasitasnya yang lebih kecil, dll. Untuk harga, sudah jelas sih, tunggu pas flash sale saja kalo mau beli.

Demikian review Power Bank Uneed MultiBox B20. Semoga bisa menjadi referensi bagi kalian yang sedang mencari power bank berkapasitas besar. Jika ada pertanyaan, tanggapan, koreksi, maupun apresiasi, silahkan tuliskan di kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung ke blog imajineramatir.com.

Video Unboxing dan Review power bank Uneed MultiBox B20 dapat dilihat di video berikut ini.




Posting Komentar untuk "Review Power Bank Uneed MultiBox B20 Kapasitas 20.000 mAh"