Review Power Bank Uneed MosaicBox S 10 Kapasitas 10.000 mAh

Setelah beberapa waktu lalu saya mengulas power bank Uneed CompactBox 10, kali ini saya akan mengulas sebuah power bank dari brand Uneed lagi, yaitu Uneed MosaicBox S10 kapasitas 10.000 mAh. Power bank ini memiliki total power yang lebih tinggi dibanding power bank Uneed CompactBox 10. Lalu apakah performanya juga lebih baik? Oke, pada tulisan ini saya akan memaparkan ulasan mengenai power bank ini setelah memakainya beberapa hari.
 


Spesifikasi

Berikut ini adalah spesifikasi power bank Uneed MosaicBox S10.

Model
Kapasitas
Total Daya
Input 1
Input 2
Output 1
Output 2
Total Output
Ukuran
Berat
: UPB403
: 10.000 mAh
: 38 Wh/ 37Wh?
: DC 5V – 2A (Micro USB Port)
: DC 5V – 2A (USB Type C Port)
: DC 5V – 2.1A (USB A Port 1)
: DC 5V – 2.4A (USB A Port 2)
: 5V – 2.4A (Maksimal)
: 142x73x2.8 mm
: 215 g


Power bank Uneed MosaicBox S10 memiliki body yang terbuat dari bahan plastik. Pada sisi depan dan belakang power bank, permukaannya bercorak titik-titik yang timbul. Body-nya tipis tapi luas berbentuk persegi panjang seperti body smartphone. 

Uneed MosaicBox S10 ini memiliki beberapa fitur, yaitu: 
  • Menggunakan baterai jenis Li-Polymer 
  • Kapasitas murni 
  • Memiliki teknologi perlindungan IC yang beragam 
  • Memiliki dual input: micro USB dan USB Type C 
  • Memiliki dual output dengan output maksimal sampai 2.4 A 
  • Desain kompak 
Di bawah ini adalah gambar dari power bank Uneed MosaicBox S10 kapasitas 10.000 mAh. 

Kelengkapan Box Power Bank Uneed MosaicBox S10



Pemakaian Power Bank: self-charging dan mengisi daya Xiaomi Mi A2

Power bank Uneed MosaicBox S10 ini telah saya pakai selama beberapa minggu. Smartphone yang diisi dayanya oleh power bank ini adalah Xiaomi Mi A2 yang memiliki kapasitas baterai 3010 mAh. Pada bagian ini saya akan menyajikan data yang telah saya himpun, baik data self-charging maupun data pengisian daya perangkat lain dengan menggunakan power bank ini.

Port input dan output Uneed MosaicBox S10


Self-charging

Power bank ini memiliki dua buah port input, yaitu micro USB port dan type C port. Untuk melakukan self charging, saya menggunakan adapter dan kabel charger sebagai berikut: 
  • Adapter: Uneed Wallcharger dengan maksimal output 2.4 A
  • Kabel charger micro USB bawaan power bank
  • Kabel Uneed nylon Type C

Berikut ini adalah data self charging power bank Uneed Mosaicbox S10 baik port input Micro USB maupun Type C.
  1. Self-charging menggunakan port input USB Type C:  5 jam 20 menit 
  2. Self-charging menggunakan port input micro USB: sekitar 5 jam 30 menit
Dari data di atas, bisa disimpulkan bahwa pada power bank Uneed MosaicBox S10 port Micro USB dan USB type C -nya memiliki spek input yang sama sesuai dengan yang dicantumkan pada bagian spesifikasi power bank.

Baca juga: Earphone yang bass dan treble-nya mantap: SoundMagic E10 in Ear Earphone

Charging xiaomi Mi A2

Power bank Uneed MosaicBox S10 memiliki kapasitas 10.000 mAh. Namun seperti power bank lain yang saya ulas, kapasitas 10.000 mAh tersebut tidak akan bisa seluruhnya disalurkan ke perangkat smartphone yang diisi dayanya. Untuk mengetahui seberapa besar kapasitas yang mampu disalurkan oleh power bank ini untuk mengisi perangkat lain, saya menggunakan power bank ini untuk mengisi daya smartphone, mulai dari kondisi power bank terisi penuh sampai daya power bank habis. 

Berikut ini adalah perlengkapan dan aplikasi yang digunakan untuk menghimpun data.

Power Bank
Kapasitas
Smartphone
Kapasitas
Status
Kabel Charger
: Uneed MosaicBox S10
: 10.000 mAh
: Xiaomi Mi A2
: 3010 mAh
: Mode Pesawat
: Uneed Nylon Cable Type C

Pada pengisian daya ke smartphone, yang menjadi acuan daya power bank adalah lampu indikatornya. Sedangkan untuk daya smartphone, yang menjadi acuan adalah presentase baterainya.

a. Pengisian Daya 1
 
Power Bank
Smartphone
: Lampu indikator menyala 4
: Baterai tersisa 15 %

Pada pengisian daya 1, untuk mengisi daya smartphone sampai penuh diperlukan waktu selama 1 jam 33 menit. Pada saat pengisian mencapai 100%, lampu indikator power bank yang menyala tersisa 3 lampu.

b. Pengisian Daya 2
 
Power Bank
Smartphone
: Lampu indikator menyala 3
: Baterai tersisa 15 %

Pada pengisian daya 2, untuk mengisi daya smartphone sampai penuh diperlukan waktu selama 1 jam 32 menit. Pada saat pengisian mencapai 100%, lampu indikator power bank yang menyala tersisa 2 lampu.

c. Pengisian Daya 3
 
Power Bank
Smartphone
: Lampu indikator menyala 2
: Baterai tersisa 15 %

Pada pengisian daya 3, power bank hanya bisa mengisi daya baterai smartphone sampai 90% saja. Setelah itu power bank kehabisan daya. Adapun waktu yang dibutuhkan adalah 1 jam 3 menit.

Dari data pengisian daya 1, 2, dan 3 diperoleh angka total daya yang bisa dialirkan oleh power bank ke perangkat lain adalah sebesar:

2.558,5 mAh + 2.558,5 mAh + 2.257,5 mAh = 7.374,5 mAh



Ulasan Performa Power Bank untuk Pengisian Daya


Uneed MosaicBox dalam angka


Dari data di atas diperoleh beberapa informasi mengenai performa power bank Uneed MosaicBox S10, yaitu: 
  1. Self charging menggunakan port micro maupun type C membutuhkan waktu yang relatif sama. Jadi, adanya dua jenis port bertujuan untuk memudahkan pengguna untuk hanya membawa 1 jenis kabel charger, micro USB ataupun USB type C sesuai dengan spesifikasi smartphone yang dipakai. 
  2. Angka total daya yang diperoleh bisa berbeda-beda, tergantung beberapa faktor lain: status smartphone saat diisi dayanya, kecepatan pengisian daya (semakin cepat, suhu semakin tinggi, artinya daya yang hilang juga lebih besar), dsb.
  3. Pola pengisian power bank ini sama dengan power bank maupun charger smartphone pada umumnya, saat presentase isi baterai smartphone masih rendah arus yang masuk lebih besar, dan akan mengecil seiring naiknya presentase isi baterai smartphone.
  4. Berdasarkan data dan ulasan di atas saya mengambil kesimpulan bahwa besaran angka total daya yang tertera pada spesifikasi power bank memang menunjukkan kemampuan power bank dalam mengalirkan daya ke perangkat lain yang diisi. Data menunjukkan power bank ini mampu mengalirkan daya lebih besar dibandingkan power bank Uneed lain yang memiliki kapasitas sama 10.000 mAh tetapi memiliki total daya lebih kecil dari power bank ini, yaitu 36 Wh. (total daya Uneed MosaicBox 37 Wh)

Bagaimana Kecepatan Port Output 1 dan 2?


Pengisian daya mengunakan port output 1 atau 2 kecepatan akan sama jika memang input maksimal smartphone hanya 2A. Namun, jika input maksimal smartphone lebih dari 2A, maka port output 2 memiliki kecepatan yang lebih karena outputnya mencapai 2.4A. 

Akan tetapi, selain dipengaruhi oleh spesifikasi port output power bank dan port input smartphone, spesifikasi kabel charger juga menentukan. Spesifikasi kabel charger Uneed Nylon yang dipakai di sini mampu mengalirkan arus sampai 2.4A. Jadi di atas kertas seharusnya kabel tersebut mampu mengoptimalkan performa power bank. 

Nah, itu adalah pemahaman saya setelah membaca spesifikasi power bank Uneed MosaicBox S10. Namun, saya belum bisa membuktikan apa yang saya tuliskan mengenai kecepatan maksimal output 1 dan 2 berapa. Karena saat mencoba mengisi daya smartphone dengan power bank ini, arus yang masuk tidak mencapai 2A. 

Sedangkan untuk pengaruh kabel terhadap performa power bank, memang benar demikian. Saya punya 2 kabel USB Type C, merk Uneed dan Baseus. Setelah saya coba, kabel Baseus yang saya pakai bisa mengalirkan daya ke smartphone dengan lebih baik.

Baca juga: Fotografi Makro menggunakan Smartphone + Lensbong

Kesimpulan


Berdasarkan uraian di atas, ada beberapa kesimpulan yang bisa diambil. 
  • Power bank ini memiliki kapasitas real 
  • Bahkan berdasarkan data, power bank Uneed MosaicBox S10 ini memiliki kapasitas yang mampu dialirkan ke perangkat yang dicharge terbesar untuk kapasitas 10.000 mAh yang pernah saya coba (7.374 mAh) 
  • Adanya dua jenis port input, power bank ini cocok untuk pengguna smartphone yang menggunakan port Micro USB maupun USB type C 
  • Body slimnya asik untuk dipegang bersamaan dengan smartphone yang dicharge 
  • Cocok untuk pengisian daya santai (jika ingin yang ngebut, bisa memilih tipe lain yang support QC) 

Nah, demikian ulasan saya mengenai power bank Uneed MosaicBox S10. Silahkan tuliskan di kolom komentar jika ada pertanyaan, tanggapan, koreksi, maupun aprsiasi. Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih.
Review Power Bank Uneed MosaicBox S 10 Kapasitas 10.000 mAh Review Power Bank Uneed MosaicBox S 10 Kapasitas 10.000 mAh Reviewed by Imajiner Amatir on Agustus 24, 2019 Rating: 5

2 komentar:

  1. Jadi lebih bagus mana min, PB Uneed Compactbox 10 atau Mosaicbox 10?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo desain preferensi masing2. performa charging mirip2 lah. tapi kalo kapasitas power bank yang bisa disalurkan ke perangkat yang dicharge, masih unggul mosaicbox.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.