Cara Mengatasi Wifi tidak berfungsi di Windows 7: Acer One 14

Salah satu kendala yang sering saya jumpai saat menginstall ulang laptop adalah wifi tidak berfungsi. Beberapa kali saya mengalami kendala ini saat menginstall sistem operasi Windows 7 pada laptop yang sebelumnya menggunakan sistem operasi Windows 8.1 atau Windows 10. Namun, karena kendala wifi tidak berfungsi, akhirnya laptop-laptop tersebut urung menggunakan sistem operasi Windows 7. 

Nah, kali ini saya kembali mengalami kendala ini saat menginstall Windows 7 pada laptop Acer One 14. Dikarenakan permintaan dari yang punya laptop yang menghendaki sistem operasi Windows 7, jadi mau tak mau saya kudu mencari solusi supaya wifi Acer One 14 berfungsi di sistem operasi Windows 7.



Pada saat mencari informasi mengenai masalah ini, saya menemukan beberapa informasi seputar tidak berfungsinya wifi Acer One 14 ini. Kendala ini hanya terjadi pada sistem operasi Windows 7. Jadi, saat Acer One 14 ini diinstall Windows 8.1 atau Windows 10, kendala ini tidak terjadi. Apa penyebabnya, saya tidak menelusuri lebih lanjut. Hanya sebatas perkiraan bahwa laptop Acer One 14 atau laptop sejenisnya memang ditujukan untuk menggunakan Windows 8.1 ke atas. 

Baik pada kesempatan ini, saya akan berbagi informasi mengenai cara mengatasi wifi Acer One 14 tidak berfungsi di sistem operasi Windows 7. 

Install Driver Wifi untuk Windows 7 


Langkah-langkah berikut ini berlaku bagi laptop yang belum diinstal driver sama sekali, baik itu driver bawaan laptop maupun driver yang berasal dari driverpack
  1. Download driver wifi untuk Acer One 14 dengan sistem operasi Windows 7 melalui tautan berikut ini. Driver Wifi Acer One 14 untuk Windows 7
  2. Install driver yang sudah didownload, ikuti instruksi instalasi. Saat instalasi selesai, cek ikon wifi sudah berubah atau belum. Jika belum, tekan Fn + F4.
  3. Wifi belum terdeteksi/belum aktif
  4. Jika sudah, proses instalasi selesai. Lompat ke Langkah nomor 9. Jika instalasi stuck pada bagian akhir, ikuti langkah nomor 4.
    Wifi aktif
  5. Jika proses instalasi stuck dibagian akhir, cek apakah ikon wifi sudah muncul atau masih tanda silang. Jika sudah muncul berarti proses instalasi telah selesai. 
  6. Buka task manager, akhiri proses instalasi secara paksa. 
  7. Kemudian cek, apakah laptop sudah bisa mendeteksi hotspot yang ada atau belum. 
  8. Kalau sudah, berarti instalasi berhasil. 
  9. Kalau belum, coba tekan Fn + F4 dua kali, maka hotspot akan terdeteksi oleh laptop. 
  10. Selanjutnya, instal driver laptop tetapi driver network adapter (wifi dan bluetooth jangan diinstal). 
  11. Selesai, laptop siap dipakai. 
Baca juga: Cara mematikan Auto Update pada Windows 10

Sudah Terlanjur Menginstal Driver 


Bagaimana jika driver laptop sudah terlanjur terinstal? Nah saya mengalami hal ini. Setelah selesai menginstal Windows 7 pada laptop Acer One 14, driver pack langsung saya instal. Setelah selesai menginstal driver pack, ternyata wifi tidak berfungsi. Saya juga melakukan troubleshooting mengikuti instruksi sistem. Hasilnya, sistem tidak mendateksi adanya wifi adapter pada laptop. Padahal Acer One 14 memiliki adapter wifi bawaan. Bahkan pada windows 8 dan 10 bisa digunakan. 

Nah, jika sudah terlanjur menginstal driver laptop, pada kasus yang saya alami, driver pack sudah terinstal, ada dua cara yang bisa ditempuh: 

  1. Instal Ulang Lagi Laptopnya lalu mengikuti langkah yang telah dijelaskan di atas. 
  2. Melakukan recovery sistem dengan menggunakan System Restore yang ada pada Windows 7. 

Untuk cara 1 tak perlu dibahas ya. Sudah cukup jelas. Saya akan membahas cara 2, dimana cara tersebutlah yang saya tempuh. 

Untuk melakukan System Restore, ikuti langkah-langkah berikut ini. 
  1. Klik kanan pada ikon wifi.
    Klik kanan ikon wifi yang silang
  2. Pilih troubleshoot problems
    Pilih Troubleshoot problems
     
  3. Pilih Next 
    Menuju proses Troubleshoot
  4. Pilih Explore additional options
    Masalah teridentifikasi, belum terselesaikan. Pilih explore additional options
  5. Pilih Recovery
    pilih opsi recovery
  6. Pilih Open System Restore 
    buka System Restore
  7. Pilih Choose a different restore point, klik Next
    Pilih restore point lain
  8. Cari restore point sebelum Driverpack diinstal. Klik Next.
    pilih Restore Point sebelum driverpack terinstall
  9. Ikuti langkah-langkah recovery sampai selesai 
  10. Restart laptop 
  11. Selesai, kondisi laptop telah kembali sebagaimana saat belum diinstal Driverpack. 
  12. Selanjutnya ikuti langkah-langkah menginstal driver wifi untuk Acer One 14 di atas. 

Analisis Masalah 


Dari penjelasan di atas, penyebab wifi Acer One tidak terdeteksi/ tidak berfungsi pada sistem operasi Windows 7 adalah karena driver wifi bawaan laptop ataupun driver wifi dari driverpack tidak cocok untuk Windows 7. Jadi, walaupun driver terinstal, buetooth berfungsi, hardware wifi adapter tidak diakui oleh sistem. Akibatnya wifi Acer One 14 tidak berfungsi saat laptop berjalan di sistem operasi Windows 7. 

Untuk mengatasi masalah Wifi Acer One 14 tidak berfungsi pada sistem operasi Windows 7, bisa menggunakan cara yang telah dijelaskan di atas. 

Demikian sedikit informasi mengenai solusi wifi tidak berfungsi pada laptop Acer One 14 yang menggunakan Windows 7. Silahkan jika ada pertanyaan, tanggapan, koreksi, ataupun apresiasi, tuliskan di kolom komentar. Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung. 

Cara Mengatasi Wifi tidak berfungsi di Windows 7: Acer One 14 Cara Mengatasi Wifi tidak berfungsi di Windows 7: Acer One 14 Reviewed by Imajiner Amatir on Oktober 01, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.