Review SoundMagic E10 In Ear Earphone: Elegan, Nyaman, Nikmatnya Pas di Telinga

SoundMagic, kalau dari arti katanya sudah jelas berkaitan dengan audio atau suara. Ya, soundMagic adalah sebuah produsen perangkat audio yang memproduksi headphone. SoundMagic merupakan pemain lama, sudah berdiri sebagai produsen audio device semenjak tahun 2005. Brand ini pun telah mendapat awards sebagai headphones terbaik di kelas harganya berkali-kali. Beberapa produk yang telah beredar dipasaran dan mendapat respon positif dari pecandu audio antara lain SoundMagic E10, E10c, E11, dan E11c.

Nah, pada kesempatan ini saya akan mengulas salah satu produk dari brand ini, yaitu SoundMagic E10 in-ear earphone. Pada tulisan ini saya akan menceritakan pengalaman saya menggunakan earphone SoundMagic E10 dari perspektif pengguna umum (bukan musisi ataupun audiophile).

Review SoundMagic E10 In Ear Headphone

Spesifikasi Earphone SoundMagic E10


SoundMagic mengeluarkan earphone 2 seri E10, yaitu SoundMagic E10 dan SoundMagic E10c. Seri E10 tanpa microphone sedangkan seri E10c dlengkapi dengan microphone. Nah, yang akan dibahas dalam tulisan ini adalah yang seri E10. Berikut ini adalah spesifikasi dari Earphone Soundmagic E10.

Transducers
Frequency Range
DC Resistence
Sensitivity
Maximum input power
Cable lenght
Connector
Weight
: Dynamics, 10 mm, Neodymium
: 15Hz-22KHz
: 46+ 10% Ohms
: 100+ 2dB
: 20 mW
: 1,2 m
: Stereo 3.5, style plug gold-plated
: 10 g

Deskripsi Produk


Earphone SoundMagic E10 memiliki desain yang elegan. Mulai dari housing, kabel, sampai colokan audio dibalut lapisan yang glossy, mengkilap. Unit earphone yang saya ulas berwarna kombinasi merah-hitam. Warna mengkilap membuat sebuah benda menjadi nampak kokoh. Namun, earphone ini memang memiliki built quality yang bagus. housing, Y-piece, dan dudukan colokan berbahan logam. Kabelnya yang dipilin dibalut lapisan luar yang berwarna merah mengkilap. Lapisan pembungkus kabel seperti berurat mengikuti bentuk pilinan kabel.

Berikut SoundMagic mendeskripsikan earphone E10 buatannya.
  • Unik, memiliki desain yang khas SoundMagic
  • Nyaman dan pas
  • Terbuat dari bahan logam
  • Kokoh dan tahan lama
  • Tak mudah bengkok dan kusut
  • Bass yang powerful dan keseimbangan detail musik

Review SoundMagic E10 In Ear Headphone
Earphone Kanan


Review SoundMagic E10 In Ear Headphone
Earphone Kiri



Review SoundMagic E10 In Ear Headphone
Y Piece

Review SoundMagic E10 In Ear Headphone
Colokan Audio


Kemasan dan Isinya


Earphone SoundMagic E10 dikemas dalam sebuah box/kardus yang panjang dengan kombinasi warna putih-hitam. Dibagian belakang kemasan terdapat bagian transparan yang memperlihatkan unit earphonenya. Ini yang akan didapatkan di dalam box:
  • 1 unit SoundMagic E10 Headphones
  • 3 pasang dome shaped silicone eartips (S/M/L)
  • 3 pasang flat silicone eartips (S/M/L)
  • 1 pasang Double Flange silicone eartips (M)
  • 1 buah Klip/jepitan kabel
  • 1 buah Hard case/wadah earphone

Review SoundMagic E10 In Ear Headphone
Isi Box Kemasan Earphone SoundMagic E10

Pengalaman Memakai Earphone SoundMagic E10


Saat memakai earphone, tentu ada hal-hal yang membuat seseorang merasa puas dan tidak puas. Begitu pula dengan saya. Setidaknya ada 3 hal yang menjadi pertimbangan bagi saya untuk menyatakan puas atau tidak. Pertama tentu saja kualitas suara yang dihasilkan oleh earphone, kenyamanan saat pemakaian, dan kepraktisan saat akan dan telah memakai earphone tersebut. Oke, pembahasan akan dimulai dari hal terakhir.

SoundMagic E10 praktis, mudah dipasang, mudah disimpan, anti kusut


SoundMagic E10 memiliki kabel earphone yang agak kaku, tapi tidak mudah bengkok. Dan yang terpenting kabelnya juga anti kusut. Saat hendak memakai kita cukup memegang bagian atas kabel lalu diangkat, maka kabel akan mengurai sendiri. Kabelnya juga mudah digulung saat ingin kita simpan. Bahkan saat kita menyimpan dengan asal (tak sempat menggulung), kabel akan tetap mudah diurai.

Review SoundMagic E10 In Ear Headphone
Kabelnya anti kusut


SoundMagic E10 nyaman dipakai berlama-lama, tapi untuk gamers ada yang kurang...


SoundMagic E10 merupakan earphones bertipe in ear eraphones, sehingga earphone ini benar-benar bisa mengisolasi suara dari luar. Housingnya yang berukuran sedang terasa pas dipakai berlama-lama dan mudah dipasang/lepas dari kuping. Apalagi dalam paket penjualan terdapat beberapa pasang eartips dengan ukuran yang bervariasi. Jadi, kita bisa memilih eartips sesuai ukuran dan selera.

Review SoundMagic E10 In Ear Headphone
Earphone SoundMagic E10: nyaman di telinga

Review SoundMagic E10 In Ear Headphone
Earphone SoundMagic E10: punya pilihan eartips sesuai ukuran telinga


Namun, jika kita memakai earphone ini untuk tujuan gaming, mungkin bentuk colokan audio yang lurus sedikit menganggu. Biasanya para gamers lebih suka colokan yang berbentuk L. Nah, kalo untuk bermaian game di smartphone, kita bisa menggunakan sodaranya E10, yaitu SoundMagic E10C. Colokan audionya berbentuk letter L. Ada mic-nya pula.

Review SoundMagic E10 In Ear Headphone
Earphone SoundMagic E10: colokan audio lurus


Suara yang dihasilkan memuaskan, high-low okelah


Setelah mencoba menggunakan SoundMagic E10 untuk beberapa waktu, saya bisa menikmati musik berbagai genre dan menonton video baik itu video konser musik maupun film. 

Review SoundMagic E10 In Ear Headphone
Earphone SoundMagic E10: mendengarkan musik berbagai genre

Baca juga: Cara Belanja Online yang Aman

Suara yang dihasilkan oleh earphone ini mampu memenuhi ekspektasi saya. Karakter suaranya hampir seimbang antara high (treble) dan low (bass). Meski pada deskripsi menggambarkan powerful bass, namun ternyata saya masih bisa menikmati detailnya dengan baik. Namun bass-nya deep-nya masih masuk.

Earphone ini mampu menyajikan detail suara vokal, dan instrumen baik yang low dan high dengan baik. Jadi, SoundMagic E10 ini terasa pas untuk mendengarkan lagu dari berbagai genre musik. Cocok untuk pendengar musik yang suka detail, akustik, dan penikmat vokal. Namun juga tidak mengecewakan untuk menikmati musik yang dominan bass-nya.

Earphone SoundMagic E10: Plus - Minus


(+)

  • Desain elegan
  • Built quality bagus
  • Bobotnya tak terlalu berat, enak-enak saja nyantol di telinga
  • Kabel tak mudah kusut
  • Cocok untuk mendengarkan berbagai genre musik
  • Tipenya IEM,mengisolasi suara dari luar
  • Paket lengkap, ada pilihan eartips yang berbeda tipe dan ukuran

(-)

  • Kabel permanen, tidak bisa dicopot dari housing
  • Bagi gamers, colokan audio yang lurus tidak favorit

Harganya berapa?


Berapa harga SoundMagic E10 ini? Di official shop-nya di Shopee, SoundMagic Indonesia, earphone ini dibanderol dengan harga 400 ribuan. Setelah menyimpulkan plus-minus dari earphone ini, apakah worth it untuk meminang earphone SoundMagic E10 ini? Jika kamu adalah penikmat musik yang teramat ekstrim ke suara treble ataupun bass, earphone ini worth it. Di setiap aspek bisa dikatakan earphone ini "pas". Detail musik, vokal, serta bass dan treble bisa dinikmati pada porsinya.

Demikian sekilas ulasan mengenai earphone SoundMagic E10. Semoga bermanfaat. Silahkan jika ada koreksi, tanggapan, apresiasi ataupun pertanyaan. Tuliskan di kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung.
Review SoundMagic E10 In Ear Earphone: Elegan, Nyaman, Nikmatnya Pas di Telinga Review SoundMagic E10 In Ear Earphone: Elegan, Nyaman, Nikmatnya Pas di Telinga Reviewed by Imajiner Amatir on Juli 16, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.