Hands On Monitor LG 24MK430: Harga Terjangkau, sudah Panel IPS dan FHD

Saya baru saja membeli sebuah monitor merk LG. Tipenya adalah LG 24MK430. Dari nama tipenya, bisa diketahui bahwa monitor ini memiliki ukuran 24 inch. Pertimbangan utama saya membeli monitor ini tentunya adalah fitur-fitur yang dimiliki monitor ini dibandingkan dengan harganya. 

Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai monitor LG 24MK430 ini. mulai dari pengalaman membelinya secara online via JD.id, unboxing box kemasan, sampai hands on monitor ini.




Spesifikasi Monitor 24MK430 


Untuk mengawali pembahasan, berikut saya sajikan spesifikasi monitor LG 24MK430.

Merk Monitor

LG

Tipe

24MK430

Ukuran (inci/cm)

23,8” / 60,4 cm

Gamut Warna (CIE1931)

72%

Pola piksel (mm)

0,24795 x 0,24795

Resolusi

1920 x 1080

Rasio Kontras

1000:1

Waktu Respons (GTG)

5 ms (Lebih cepat)

Perlakuan Permukaan

Anti silau, 3H

Jenis Panel

IPS

Kedalaman Warna

16,7 juta warna

Rasio Aspek

16:9

Kecerahan

250cd/m2 (Umum) 200cd/m2 (Min.)

(DFC)

Mega

Sudut Menonton

178/178

Jack input/output

D-SUB in, HDMI in, Audio out



Pada box kemasan terdapat kelengkapan sebagai berikut:
  • Monitor
  • Body dan Dasar Penyangga
  • Kabel Power + adapter
  • Kabel HDMI male to male
  • Lainnya (CD, Panduan, ESG)

Supaya ada gambaran tentang wujud monitor LG 24MK430 ini, berikut adalah deskripsi bagian per bagian dari monitor ini.

Untuk bagian depan, monitor ini tidak ada yang istimewa dari desainnya ya. Bezel layar masih tebal. Dan di di dagunya ada logo dan tulisan LG. Seperti layaknya monitor-monitor saat ini, tak ada tombol fisik yang diletakkan di sisi depan layar.

Monitor LG 24MK430 nampak depan



Entah pertimbangan estetika atau meminimalisir tombol tertekan tidak sengaja, tombol fisik monitor ini letaknya tersembunyi di sisi bawah layar masuk agak ke belakang. Tombol fisik monitor ini hanya ada satu buah. Meski hanya satu, tombol ini juga merangkap sebagai analog empat arah. Dengan begitu, kita bisa mengakses menu sistem monitor dengan tombol ini.

Tombol power + analog Monitor LG 24MK430



Kemudian, untuk sisi belakang, monitor ini menyediakan port input dan output berjajar tepat di bagaian tengah dengan didesain menjorok ke dalam. Ada empat buah port yang terdiri dari port power in, HDMI, dan VGA, serta satu buah port audio out 3,5 mm. Monitor ini tidak memiliki built in speaker. Tapi kita bisa menggunakan headphone ataupun speaker eksternal untuk mendengarkan audio dari monitor ini.

Port IN OUT Monitor LG 24MK430



Untuk penyangga, monitor ini menggunakan penyangga yang berbahan plastik yang padat dan kokoh, dengan dudukan monitor berbentuk persegi. Kemudian untuk bagian penyangga yang terhubung ke monitor, ada mekanisme untuk mengatur sudut monitor menunduk atau mendongak. opsinya dua arah saja.Oh iya, di sekeliling port input dan output tadi juga ada 4 buah lubang sekrup yang bisa digunakan untuk memasang wall mount. Namun, mount-nya tidak termasuk dalam paket yang didapatkan saat membeli monitor ini.

Tilt function Monitor LG 24MK430



Proses Pembelian dan Harga Monitor


Seperti saya katakan di atas, monitor LG 24MK430 ini saya beli secara online di JD.id. Karena volume barang ini besar, tentunya yang menjadi pertimbangan salah satunya adalah ongkir yang harus dibayarkan. Kalo menggunakan ekspedisi karga/trucking paling tidak ongkir di atas 50 ribu, bisa sampai 100 ribu. Itu mengapa saya memutuskan membeli di JD.id. Dan ini kali pertama saya membeli barang di e-commerce ini. Untuk barang-barang elektronik ongkirnya gratis. Full gratis ya, nol rupiah, bukan potongan ongkir. Ini bisa menjadi opsi jika kita membeli barang elektronik yang volumenya besar, seperti monitor ini, bahkan kulkas atau mesin cuci juga gratis ongkir. 

Untuk harga pembelian monitor ini, harga normalnya tidak jauh beda dengan harga di e-commerce lain. Kebetulan kemarin itu pas ada flash sale, yang harganya Rp. 1.499.000, -, turun jadi Rp. 1.439.000,-. Lalu ada voucher LG juga, diskon 50 ribu. Jadi harga yang harus saya bayarkan adalah Rp. 1.389.000, -

Namun, perlu diketahui, gratis ongkir tidak berlaku di semua toko ya, kita harus mengecek terlebih dahulu, apakah ongkir gratis atau bayar. Biasanya toko official memberikan servis gratis ongkir.


Fitur-fitur Monitor LG 24MK430


Dengan harga tersebut di atas, apa yang ditawarkan oleh monitor ini? Monitor LG24MK430 memiliki beragam fitur yang bisa dikatakan unggul di kelas harganya. Berikut adalah fitur-fitur Monitor LG 24MK430.
  
1. Monitor dengan Panel IPS FHD 

Yang pertama adalah jenis panel dari layarnya. Monitor LG 24MK430H-B menggunakan panel IPS dengan kedalaman warna 16,7 juta warna. Saya jujur awam mengenai ini. Tapi yang jelas saya merasakan perbedaannya saat saya menggunakan monitor ini sebagai extended monitor. Warna yang dihasilkan oleh monitor ini lebih vivid dibandingkan monitor laptop yang saya pakai.

2. Menjaga Mata dengan Fitur Flicker Safe 

Kemudian, layar monitor ini juga sudah memiliki fitur flicker safe. Dengan fitur ini mata kita tidak akan terganggu oleh kedipan monitor. Karena sudah diminimalisir flicker-nya seminimal mungkin. Salah satu cara untuk mengetahui layar memiliki fitur flicker safe atau tidak, bisa pake kamera HP. Coba ambil gambar atau video, nanti akan terlihat, layarnya flicker atau tidak. 
3. Memberi Preferensi Set up dengan Pilihan Wall Mount 

Untuk Wall Mount, sepertinya biasa saja ya. Apalagi wall mount nya juga engga include.

4. Efisiensi Pengaturan Monitor dengan On Screen Control (OSC) 

Nah, yang menarik adalah fitur OSC yang disediakan oleh LG. OSC atau OnScreen Control merupakan fitur pengaturan layar monitor melalui system operasi baik Windows maupun Mac. Kita tinggal menginstall aplikasinya saja. Lalu kita bisa mengatur monitor ini lewat laptop/computer seperti mengatur layar laptop.

5. Menaikkan Level Pengalaman Bermain Game dengan Teknologi AMD Freesync dan Frame Rate 75HZ 

Lalu ada lagi, ini fitur bagi yang tujuan membeli monitor untuk upgrade Gear untuk gaming. Monitor ini sudah support AMD FreeSync dan refresh rate screen 75Hz 

Nah, itulah beberapa fitur yang dimiliki oleh monitor LG 24MK430. Dari sekian fitur tersebut, fitur manakah yang benar-benar bisa dirasakan oleh penggunanya? 

Review Singkat 


Fitur-fitur yang ditawarkan oleh LG dengan monitor LG 24MK430 tentunya memiliki segmentasi umum dan spesifik ya. Misalnya, pengguna yang menggunakan monitor ini untuk orientasi bermain game tentunya akan lebih menyoroti fitur yang berpengaruh terhadap pengalaman bermain game yang mereka lakukan. Misalnya fitur AMD Freesync dan frame rate screen 75 hz. Sedangkan saya termasuk pengguna yang berada pada kelompok segmentasi umum. Tentunya fitur-fitur yang benar-benar saya rasakan kegunaannya akan berbeda dengan pengguna yang masuk segmentasi spesifik. 

Saya menggunakan monitor LG24MK430 ini sebagai extended monitor bagi laptop. Yang paling pertama saya rasakan tentunya perbedaan ukuran layarnya. Karena memang itu salah satu tujuan utamanya, bisa menikmati layar yang lebih besar tanpa harus ganti laptop atau rakit PC. Saya menjadikan monitor ini sebagai monitor utama. Bahkan kadang-kadang saya hanya mengaktifkan mode second screen only. Tapi lebih seringnya saya menggunakan mode Extend. 


Adapun fitur dari monitor LG 24MK430 yang benar-benar terasa bagi saya antara lain adalah Panel IPS, Flicker safe, dan On screen control (OSC). Untuk panel IPS, saya bisa langsung melihat perbedaannya dengan menyandingkan monitor ini dengan laptop yang saya pakai. Lalu untuk fitur Flicker safe, setelah berlama-lama memantengi monitor ini. Dan untuk OSC, dengan layar yang lega ini, 24 inch, saya bisa multi tasking, atau membuka beberapa dokumen sekaligus dan bisa tampil semua dengan bantuan fitur OSC ini.

Demikian sedikit informasi yang bisa saya sampaiak di blog imajineramatir.com ini tentang Monitor LG 24MK430. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan, atau ada informasi yang ingin ditambahkan, boleh juga koreksinya atau apresiasinya, silahkan tuliskan di kolom komentar. Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.

Unboxing video untuk monitor ini bisa dilihat di sini.



Hands On Monitor LG 24MK430: Harga Terjangkau, sudah Panel IPS dan FHD Hands On Monitor LG 24MK430: Harga Terjangkau, sudah Panel IPS dan FHD Reviewed by Imajiner Amatir on November 05, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.