Lensbong Makro: Fotografi Makro dengan Smartphone

Pada dua tulisan sebelumnya, saya telah membahas tentang Lensbong. Lensbong termasuk lensa portable yang bisa dipasangkan ke smartphone. Sebagaimana lensa kamera, lensbong pun bermacam-macam, berdasarkan fungsinya. Ada lensbong makro, fix, dan tele. Namun, pada awalnya, lensbong ya hanya lensbong makro. Lalu seiring berkembangnya fotografi smartphone, munculah kreasi lensbong fix dan lensbong tele.

Pada tulisan ini, saya hendak mengulas sedikit tentang lensbong makro. Ulasan tersebut masih bersifat umum.

Lensbong Makro 

Lensbong makro adalah lensbong yang berfungsi untuk membantu kamera smartphone mengambil objek foto yang kecil. Dari beberapa sumber informasi yang saya baca, pada awal kemunculannya, lensbong makro dibuat dengan lensa bekas yang diambil dari bongkaran kamera prosummer. Kemudian, seiring berkembangnya peminat lensbong, adapula lensbong yang dimodifikasi dari lensa kamera lainnya, termasuk lensa kamera DSLR.

Lensbong Makro: Fotografi Makro dengan Smartphone
Lensbong Makro -- Sumber foto: Fb Rouf Herm

Lensbong makro memang dibuat khusus untuk fotografi makro dengan menggunakan kamera smartphone. Jadi, penggunaan lensa ini hanya untuk mengambil foto objek yang kecil dengan jarak yang sangat dekat. Objek foto yang diambil dengan lensbong makro biasanya adalah serangga, bagian tanaman, bulir air, benda-benda kecil, dll. Tak berbeda dengan fotografi makro dengan menggunakan kamera berlensa makro.

Jika jarak objek terlalu jauh, maka yang akan terlihat pada hasil foto hanyalah gambar blur.

Untuk mengambil foto makro dengan lensbong, jarak lensa dan objek harus dekat, sehingga objek tertangkap oleh fokus dari lensbong. Jika jarak objek terlalu jauh, maka yang akan terlihat pada hasil foto hanyalah gambar blur.

Diameter lensbong makro bervariasi. Lensbong makro prosummer biasanya berdiameter 3,5; 4; atau 4.5 mm. Diameter lensa mempengaruhi luas area fokus yang dihasilkan. Semakin besar diameter lensbong, maka area fokusnya pun semakin luas 

Cara Menggunakan Lensbong Makro 

Ada 2 cara yang biasanya digunakan untuk memasang lensbong makro ke smartphone, yaitu dengan tali elastis, bagi smartphone yang kameranya ada di tengah dan klip atau penjepit bagi smartphone yang kameranya di pojok. 

Berikut ini sekilas langkah-langkah memasangkan lensbong makro ke smartphone: 
  1. Pasangkan lensbong ke smartphone, letakkan lensbong di depan kamera smartphone. 
  2. Buka aplikasi kamera untuk menyesuaikan letak lensbong dengan kamera. 
  3. Lakukan zoom digital untuk menghilangkan vignette atau lingkaran hitam di tepian hasil tangkapan kamera. 
  4. Setelah lensbong terpasang dengan benar, nonaktifkan fitur auto focus aplikasi kamera (jika ada fitur auto focus-nya). 
  5. Lensbong siap digunakan.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, tangan yang digunakan untuk memegang smartphone harus stabil.
Setelah lensbong makro terpasang dengan benar ke smartphone, kita bisa mulai untuk mengambil foto dengan objek foto yang berukuran kecil. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, tangan yang digunakan untuk memegang smartphone harus stabil. Jika kita kesulitan untuk menstabilkan tangan, gunakan fitur penghitung mundur pada aplikasi kamera. Bisa juga dengan dibantu oleh tripod.

Kelebihan dan Kekurangan Lensbong Makro 

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan lensbong makro. 

Kelebihan 

  • Hasil foto jernih 
  • Lensa bisa digunakan pada semua jenis smartphone
  • Hasil foto tidak terbalik 

Kekurangan 

  • Ada vignette jika tidak dizoom digital
  • Body lensbong besar
  • Bagi smartphone yang memiliki kamera resolusi kecil, hasil foto akan jelek karena adanya zoom digital 
Contoh hasil foto yang diambil dengan kamera smartphone yang dipasangi lensbong makro.

Lensbong Makro: Fotografi Makro dengan Smartphone
Pucuk dan semut -- Sumber foto IG imajineramatir

Lensbong Makro: Fotografi Makro dengan Smartphone
Bulir air -- Sumber foto: IG jasnubadi

Lensbong Makro: Fotografi Makro dengan Smartphone
Serangga -- Sumber foto: Fb Rouf Herm

Nah, demikian sedikit ulasan tentang fotografi makro menggunakan smartphone yang dipasangi lensbong makro. Silahkan, jika ada, tuliskan tanggapan ataupun pertanyaan di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga: Membuat video yang stabil dengan Smartphone
Lensbong Makro: Fotografi Makro dengan Smartphone Lensbong Makro: Fotografi Makro dengan Smartphone Reviewed by Imajiner Amatir on September 29, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.