Cara Mengganti Tombol Navigasi Virtual dengan Navigasi Gestur pada Sony Xperia X Compact tanpa Root

Salah satu ciri khas smartphone rilisan Sony adalah adanya tombol Navigasi Bar atau navigasi virtual dalam layar. Sedangkan smartphone keluaran terbaru sudah memiliki pilihan navigasi selain navigasi virtual. Yaitu Navigasi Gestur. Dimana, saat kita menggunakan Navigasi Gestur, maka tombol navigasi virtual akan tersembunyi. Dengan begitu, layar smartphone akan menjadi penuh.



Nah, pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi informasi tentang cara mengaplikasikan Navigasi Gestur di smartphone Sony Xperia X Compact di blog imajineramatir.com ini. Smartphone ini update OS-nya mentok di Android 8 ya. Sedangkan Navigasi Gestur itu mulai ada pada Android 9 dan disempurnakan di Android 10. Jadi, untuk dapat mengaplikasikan Navigasi Gestur di Sony Xperia X Compact, kita harus menggunakan aplikasi yang kita download di playstore. Nama aplikasinya adalah FNG, Fluid Navigation Gesture.

Aplikasi FNG ini sendiri mudah pemasangannya. Yang memerlukan langkah ekstra adalah saat kita hendak menikmati fitur Navigasi Gestur sepenuhnya. Kalo kita menggunakan Navigasi Gestur, inginnya tidak setengah-setengah tentunya. Yaitu dengan menghilangkan atau lebih tepatnya menyembunyiak tiga tombol Navigasi Virtualnya.

Bagaimana langkah ekstra tersebut?

Baik, sebelum membahas sampai sejauh itu, sekarang saya sajikan secara runtut saja informasinya. Mulai dari pemasangan dan pengaktifan aplikasi, fitur-fitur yang ditawarkan, kemudian baru langkah ekstra untuk menyembunyikan tombol navigasi virtual, dan terakhir adalah beberapa catatan yang perlu diperhatikan tentang aplikasi FNG ini.

Aplikasi FNG, Pemasangan dan Pengaktifan Aplikasi

Aplikasi FNG adalah sebuah aplikasi navigasi gestur yang bisa digunakan pada smartphone android, baik yang sudah memiliki fitur navigasi gestur bawaan maupun yang belum. Smartphone dengan sistem operasi sebelum Android 9 itu belum memiliki fitur navigasi gestur bawaan Android. Nah, dengan aplikasi FNG ini kita bisa menikmati pengalaman navigasi gestur dengan smartphone yang sudah mentok update OS nya di Android 8. Untuk pengguna smartphone yang masih mendapat update sampai Android terbaru pun, aplikasi ini menawarkan pengalaman penggunaan navigasi gestur dengan banyak opsi custom.

Aplikasi FNG bisa didownload di playstore. Aplikasi ini gratis. Tapi ada beberapa fitur yang berbayar dan harus di unlock dengan meng-upgrade aplikasi ke versi PRO. Meskipun begitu, dengan versi gratisnya kita sudah bisa menikmati banyak fitur navigasi gestur yang biasa digunakan pada navigasi gestur bawaan Android versi terbaru.

Berikut adalah langkah-langkah pemasangan dan pengaktifan aplikasi FNG.

  1. Download dan pasang aplikasi
  2. Buka aplikasi FNG
  3. Enable aplikasi dengan mengetuk toggle Enabled.
  4. Akan ada dua permintaan izin: Draw over Other Apps dan Accessibility Service. Izinkan keduanya.
  5. Setelah proses perizinan dilakukan, kembali ketuk toggle Enable.
  6. Aplikasi FNG siap digunakan.

Tampilan Antarmuka Aplikasi FNG


Aplikasi FNG, sebagai sebuah navigasi gestur, menggunakan dua gestur untuk navigasinya, yaitu: swipe dan swipe & hold. Sama seperti pada navigasi gestur bawaan Android, aplikasi ini juga meletakkan trigger gesturnya pada tepi layar bagian samping kanan, kiri, dan bawah. Dimana untuk trigger bagian samping juga ada di bagian samping bawah, tidak menyeluruh di tepi samping ayar dari bawah sampai atas. Salah satu pertimbangannya mungkin adalah kecenderungan pengguna yang akan menggunakan ibu jari untuk melakukan navigasi gestur. Dengan peletakkan trigger seperti itu, pengguna jadi bisa mengaktifkan side menu atau aplikasi lain yang juga menggunakan trigger yang terletak di tepi samping layar.

Saat kita pertama kali meng-enable aplikasi ini, sudah ada Aksi yang aktif dan bisa digunakan, yaitu Back (swipe tepi kanan dan kiri layar dan tepi bawah kiri), Back to previous App (swipe & hold tepi kanan dan kiri layar), Home (swipe tepi bawah tengah), Recent apps (swipe & hold tepi bawah tengah), dan Open notifications (swipe tepi bawah kanan).

Baca juga: Cara Menggunakan Lensbong Fix dengan Aplikasi Kamera Bawaan Sony X Compact


Fitur-fitur Aplikasi FNG

Navigasi gestur mempunyai banyak opsi aksi yang bisa diatur sesuai keinginan pengguna. Berikut ini adalah pilihan aksi yang dapat diaplikasikan ke navigasi gestur pada aplikasi FNG.

  • Back
  • Home
  • Recent apps
  • Toggle split screen
  • Open notifications
  • Open power dialog
  • Open quick settings
  • Launch Google search overlay
  • Open keyboard selector
  • Voice Search
  • Launch assistant
  • Launch app
  • Launch shortcut

Selain fitur aksi, yang memang menjadi fungsi utama dari sebuah navigasi gestur, aplikasi FNG ini juga menawarkan fitur untuk mengatur supaya aplikasi sesuai preferensi kita. Pengaturan yang bisa dilakukan adalah personalisasi tampilan, triggers, advance, dan Hide Navigation.

Menu Aplikasi FNG


Nah, kali ini saya hanya akan membahas yang Hide Navigation. Jadi, aplikasi FNG juga memberikan opsi menyembunyikan tombol navigasi virtual atau navigasi bar bawaan smartphone. Ini tentunya opsional ya. Namun, jika kita ingin menikmati pengalaman menggunakan navigasi gestur yang mengalir, sesuai nama aplikasi ini Fluid Navigation Gesture, tentunya harus dengan layar penuh. Fitur Hide Navigation Bar inilah yang akan digunakan untuk menyembunyikan tombol navigasi virtual bawaan Sony Xperia X Compact ini.

Karena untuk mengaktifkan fitur Hide Navigation Bar dengan aplikasi ini memerlukan izin khusus melalui Root atau ADB, maka saya memilih untuk membahas ini. Dan disini yang akan saya bahas adalah langkah-langkah mengaktifkan Hide Navigation Bar dengan perizinan menggunakan ADB. Untuk opsi perizinan dengan Root telah tertutup kemungkinannya untuk smartphone ini, karena Sony Xperia X Compact yang Docomo memang UBL-nya NO. Jadi tidak bisa di Root.


Cara Mengaktifkan Fitur Hidden Navigation Bar

Untuk mengaktifkan fitur Hide Navigation Bar dengan ADB, kita harus menyiapkan laptop dan kabel data.

Setelah alat-alat siap, sekarang kita mulai langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur Hide navigation Bar. Oh iya, langkah-langkah ini sebenarnya sudah disediakan juga informasinya di aplikasi FNG. Tapi saya akan menyajikannya kembali dengan beberapa tambahan penjelasan dan keterangan gambar.

1. Pertama adalah meng-enable Developer Mode atau Opsi Pengembang.

Developer Mode bisa di enable dengan masuk ke about phone. Pada HP Sony X Compact ini, about phone bisa ditemukan di Setting/System/About Phone. Kemudian scroll ke bawah, cari Build Number atau Nomer Bentukan. Ketuk Build number sebanyak 7 kali untuk mengaktifkan Developer Mode. Setelah Developer Mode aktif, kita bisa menemukan menu Developer Mode di atas menu About Phone.

Build Number Sony Xperia X Compact


Developer Mode Sony Xperia X Compact




2. Setelah Developer Mode aktif, selanjutnya enable USB Debugging

USB Debugging ada di dalam Menu Developer Mode yang tadi di-enable. Jadi, kita masuk ke menu Developer Mode, atau Opsi Pengembang kalo pada HP ini, scroll ke bawah, temukan USB Debugging. Kita Enable. Muncul Jendela konfirmasi, pilih OK untuk mengizinkan.

USB Debugging Sony Xperia X Compact

Konfirmasi USB Debugging Sony Xperia X Compact


Nah, sampai disini, HP sudah siap. Selanjutnya kita siapkan PC atau laptopnya.

3. Install ADB Tool di PC/Laptop.

Sekarang kita berpindah ke laptop untuk men set up laptop supaya bisa menjalankan ADB. Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstall ADB ke laptop.

  1. Pertama, Siapkan file ADB. Jika belum punya, bisa download disini.
  2. Setelah selesai, kita akan mendapatkan file zip dengan nama Platform Tools. Extract file tersebut.
  3. Kemudian copy folder Platform Tools yang sudah diekstrak ke partisi C dengan direktori C:\platform-tools
Directory folder Platform-tools



Sampai disini laptop sudah siap untuk menggunakan ADB Tool.

4. Menggunakan ADB Tool untuk Granting Permission fitur Hide Navigation Bar aplikasi FNG.

Sekarang kita masuk langkah terakhir untuk mengaktifkan fitur Hide Navigation Bar dari aplikasi FNG.

  1. Pertama, buka Command Prompt atau CMD.
  2. Caranya, tekan tombol Windows + R, lalu ketik cmd. Tekan enter.
  3. Nah, saat jendela CMD terbuka, ketik command line berikut ini tanpa tanda petik, lalu tekan enter.
    cd C:\platform-tools 
  4. Kemudian, kita hubungkan smartphone ke laptop dengan menggunakan kabel data.
  5. Akan muncul Opsi penggunaan. Pilih yang ini, Transfer File.
  6. Selanjutnya, kembali ke laptop. Pada jendela CMD ketik command line berikut ini tanpa tanda petik, lalu tekan enter.
     adb devices
  7. Cek smartphone, akan ada permintaan izin untuk USB Debugging Access. Izinkan.
  8. Kembali ke layar laptop, HP sudah terdeteksi.
  9. Selanjutnya, ketik command line berikut ini tanpa tanda petik, lalu tekan enter.
    adb shell pm grant com.fb.fluid android.permission.WRITE_SECURE_SETTINGS
  10. Cek smartphone, buka aplikasi FNG. Maka akan ada pemberitahuan Permission Granted. Itu artinya, kita sudah bisa mengaktifkan fitur Hide Navigation Bar dari aplikasi FNG.
  11. Selanjutnya, kita aktifkan fitur Hide Navigation Bar-nya, maka Tombol Navigasi Virtual akan hilang.
Command Prompt untuk Granting Permission via ADB



Nah, sampai disini kita sudah berhasil mengganti Tombol Navigasi Virtual pada HP Sony Xperia X Compact dengan Navigasi Gestur.


Hal-hal yang Perlu Menjadi Perhatian

Untuk smartphone yang menggunakan aplikasi FNG sebagai navigasinya, ada beberapa catatan yang perlu diketahui, berkaitan dengan kelancaran jalannya aplikasi dan tatacara meng-unisntall aplikasi.

  1. Aplikasi FNG mungkin tidak berfungsi saat Battery Optimization aktif. Jika itu terjadi, buka Battery Settings, dan masukkan aplikasi FNG untuk dikecualikan, supaya tetap bisa berjalan saat Battery Optimization aktif.
  2. Kemudian, bagi yang menginstall aplikasi FNG ini di SD Card, izin accessibility yang pada saat instalasi diaktifkan bisa kembali tidak aktif saat HP di restart. Jadi, lebih baik install aplikasi ini di internal storage saja.
  3. Terakhir, jika kita ingin force stop, clear data atau meng-uninstall aplikasi ini, disable dulu aplikasi FNG-nya untuk merestore Navigasi Virtual bawaan HP.
Demikian pembahasan Cara Mengganti Tombol Navigasi Virtual dengan Navigasi Gestur pada Sony Xperia X Compact tanpa Root di blog imajineramatir.com. Jika ada yang memiliki pertanyaan, tambahan informasi, koreksi maupun apresiasi, silahkan tuliskan di kolom komentar. Semoga tulisan ini bermanfaat.


Untuk versi video dari tutorial ini, bisa cek video berikut ini.





Cara Mengganti Tombol Navigasi Virtual dengan Navigasi Gestur pada Sony Xperia X Compact tanpa Root Cara Mengganti Tombol Navigasi Virtual dengan Navigasi Gestur pada Sony Xperia X Compact tanpa Root Reviewed by Imajiner Amatir on Oktober 29, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.