Cara Menggunakan Lensbong Fix dan Tele pada Aplikasi Kamera Bawaan Sony Xperia X Compact

Sebagaimana kita tahu, lensbong jenis Fix dan Tele hasil foto dan videonya terbalik. Bahkan tampilan di kamera saat pengambilan foto atau video juga terbalik. Untuk mengakali supaya kita bisa mengambil gambar dengan tampilan normal, biasanya disarankan menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga atau bukan aplikasi kamera bawaan dari smartphone yang kita pakai. Misalnya adalah aplikasi Open Camera, Camera FV-5, dll. Ini dikarenakan kamera bawaan smartphone kebanyakan tidak memiliki fitur Rotate Preview.

Padahal, beberapa fitur yang biasanya ada pada kamera bawaan, misalnya fitur slowmo, tidak ada pada aplikasi-aplikasi tersebut. Jadi, jika kita ingin menggunakan fitur yang ada pada kamera bawaan, biasanya kita akan menggunakan dengan tampilan preview yang terbalik. Dan itu sangat menyulitkan.

Nah, kali ini saya akan berbagi informasi di blog imajineramatir.com ini mengenai cara menggunakan Lensbong menggunakan aplikasi kamera bawaan smartphone dengan tampilan normal/tidak terbalik. Smartphone yang akan saya gunakan adalah Sony Xperia X Compact. Dimana aplikasi kamera bawaan smartphone ini memiliki beberapa fitur bawaan yang tidak ada pada aplikasi kamera pihak ketiga.

Cara_Menggunakan_Lensbong_Fix_dan_Tele_pada_Aplikasi_Kamera_Bawaan_Sony Xperia X Compact


Aplikasi kamera bawaan Sony Xperia X Compact tidak memiliki fitur Rotate Preview. Tidak hanya smartphone ini, saya juga belum menemui aplikasi kamera bawaan smartphone yang mempunyai fitur ini. Jadi, biasanya pengguna Lensbong Fix dan Tele akan menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga seperti yang saya sebut tadi. Untuk mengakali ketiadaan fitur tersebut pada aplikasi kamera bawaan smartphone, saya menggunakan sebuah aplikasi pengatur rotasi layar smartphone yang bernama Rotation Control.

Baca juga:

Aplikasi Rotation Control

Nama aplikasinya adalah Rotation Control. Kita bisa mendapatkan aplikasi ini dengan gratis di Google Playstore. Ukuran aplikasinya pun kecil, tidak sampai 1 MB.

Aplikasi_Rotation_Control
Aplikasi Rotation Control

Aplikasi Rotation Control adalah aplikasi yang memungkinkan kita untuk mengatur rotasi layar smartphone dengan mudah melalui Notification Area di sisi atas layar. Kita tinggal swipe layar ke bawah seperti saat melihat notifikasi. Kemudian kita tinggal memilih mode rotasi yang kita kehendaki.

Aplikasi_Rotation_Control_Swipe_Notification_Area_keBawah
Aplikasi Rotation Control Swipe Notification Area ke Bawah
Pada dasarnya fungsi normal dari aplikasi ini mirip dengan fitur rotation bawaan HP. Namun, pada aplikasi ini terdapat fitur tambahan, yaitu mode rotasi bisa diatur untuk otomatis maupun manual. Berikut ini adalah mode rotasi yang dimiliki oleh aplikasi Rotate Control.
  1. Guard
  2. Auto Rotation
  3. Portrait
  4. Portrait (Reverse)
  5. Portrait (Sensor)
  6. Landscape
  7. Landscape Reverse
  8. Landscape (Sensor)
Mode_Rotasi_Aplikasi_Rotation_Control
Mode Rotasi


Nah, dari beberapa fitur rotasi di atas, ada fitur yang bisa dimanfaatkan saat kita menggunakan lensbong Fix dan Tele dengan aplikasi kamera bawaan smartphone. Yaitu Mode Rotasi Landscape (Reverse). Dengan menggunakan fitur tersebut, kita bisa menggunakan aplikasi kamera bawaan smartphone menjadi terbalik seperti fitur Rotate Preview pada aplikasi Open Camera.

Mode_Rotasi_Landscape_Reverse
Mode Rotasi Landscape (Reverse)


Aplikasi_Kamera_Bawaan_Sony_XCompact_Mode_Rotasi_Landscape_Reverse
Aplikasi Kamera Sony X Compact Mode Rotasi Landscape (Reverse)

Namun, ada perbedaan yang mungkin bisa membuat kita tidak nyaman. Yaitu, yang terbalik tidak hanya preview kameranya saja, interface aplikasi kamera, bahkan tampilan layar HP pun ikut terbalik. Meski begitu kita bisa mengakalinya. Karena aplikasi tersebut memiliki tombol navigasi yang aktif di Notification Area, jadinya kita bisa mengaktifkan fitur tersebut saat membuka kamera dan hendak menggunakan Lensbong Tele/Fix saja.

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Aplikasi Rotate Control
  1. Download dan Instal aplikasi Rotation Control di Google Playstore
  2. Buka Aplikasi Rotation Control
  3. Aktifkan “Start Controlling Rotation” untuk memulai aplikasi (jika sudah, swipe Notification Area, aplikasi sudah aktif)
  4. Aktifkan “Start on boot” untuk mengatur aplikasi otomatis mulai saat HP dihidupkan
  5. Pasang Lensbong Fix/Tele
  6. Buka Aplikasi Kamera Bawaan
  7. Atifkan fitur Tap to Focus & Shoot atau Tap to Shoot aplikasi kamera bawaan (jika ada)
  8. Swipe Notification Area ke bawah, untuk mengakses tombol Navigasi aplikasi
  9. Pilih mode Landscape (Reverse)
  10. Lensbong Tele/Fix dengan aplikasi kamera bawaan siap dipakai.
Nah, demikian cara menggunakan aplikasi kamera bawaan untuk Lensbong Tele/Fix dengan Rotation Control.

Tips menggunakan Rotation Preview pada Sony Xperia X Compact

Seperti yang saya nyatakan di atas, kali ini saya akan menggunakan aplikasi kamera bawaan smartphone Sony Xperia X Compact untuk dipasangi Lensbong Fix / Tele. Untuk praktik saya menggunakan lensbong Fix saja.

Baca juga:


Mode_Sentuh_untuk_Capture_Sony_XCompact
Mode Sentuh untuk Capture Sony X Compact

Berikut adalah beberapa tips supaya penggunaan bisa maksimal.
  1. [Foto dan Video] Gunakan mode rotasi Landscape (Reverse) untuk pengambilan foto dan video
  2. [Foto] Gunakan fitur Sentuh Layar untuk Mengambil Gambar untuk supaya kita bisa men-shot dengan tangan kanan
  3. [Foto] Untuk pengambilan foto, gunakan mode manual. Supaya kita bisa mengatur fokusnya ke mode infinity dan hanya menggunakan focus manual lensbong.
  4. [Video] Gunakan resolusi Full HD 30 FPS supaya EIS berfungsi
Catatan: Fitur AR pada aplikasi kamera Sony tidak terpengaruh oleh aplikasi Rotation Control.

Aplikasi Rotasi Layar Selain Rotation Control

Aplikasi_Rotasi_Layar_diGooglePlaystore
Aplikasi Rotasi Layar di Google Playstore

Sebenarnya ada banyak aplikasi sejenis yang juga bisa digunakan. Bahkan ada tambahan fitur lainnya seperti pengaturan Rotasi Layar per aplikasi. Jadi Rotasi Layar tertentu aktif saat membuka aplikasi tersebut. Jika hendak mencoba bisa download langsung di Google Playstore. Kata kuncinya “Rotate” atau “Rotate Screen”. Tinggal pilih yang paling cocok. Saya menggunakan aplikasi Rotation Control karena ini yang filenya paling kecil dan fungsinya paling dasar.

Oke, sekian saja dulu untuk pembahasan Cara Menggunakan Lensbong dengan Aplikasi Kamera Bawaan. Jika ada pertanyaan, tanggapan, koreksi, maupun apresiasi silahkan tuliskan di kolom komentar. Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung ke blog imajineramatir.com.

Versi videonya di channel YouTube Nyicip Gadget:




Cara Menggunakan Lensbong Fix dan Tele pada Aplikasi Kamera Bawaan Sony Xperia X Compact Cara Menggunakan Lensbong Fix dan Tele pada Aplikasi Kamera Bawaan Sony Xperia X Compact Reviewed by Imajiner Amatir on Februari 17, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.