CARA MENGATUR MONITOR TAMBAHAN UNTUK LAPTOP DI WINDOWS 10

Menggunakan extended atau tambahan monitor sudah bukan hal baru lagi, baik bagi pengguna komputer maupun laptop. Tujuannya juga bermacam-macam. Ada yang menggunakannya untuk bermain game, editing gafis maupun video, memperbesar layar laptop yang kecil, dsb. Saya termasuk pengguna baru untuk extended monitor bagi layar laptop. Rencananya sih dengan adanya extended monitor, saya bisa menikmati layar yang lebih besar dan bisa melakukan multi-tasking dengan nyaman. 

Beberapa waktu lalu saya membeli sebuah layar monitor, merknya LG, tipenya LG 24MK430. Monitor ini memiliki ukuran 24 inch. Saya menjadikannya extended bagi laptop yang layarnya 14 inch. Untuk penerapan monitor ini sebagai extended monitor sebenarnya mudah. Kita tinggal menghubungkan monitor ini ke sumber daya, kemudian menyambungkannya ke port VGA atau HDMI sebagaimana kita aplikasikan ke CPU Komputer. 

Namun, ternyata saya menemui beberapa kendala. Seperti yang saya katakan di depan, ini kali pertama saya menggunakan monitor kedua sebagai extended monitor. Jadi, saya menemui beberapa kendala dalam pengaturannya. Misalnya, saat saya menggunakan monitor ini sebagai extended monitor laptop, saya harus meletakkan monitor ini di samping kanan laptop supaya saat saya menggeser kursor ke kanan, kursor akan muncul dari tepi kiri layar monitor. Padahal saya menginginkan set up yang sebaliknya. Monitor ada di sebelah kiri laptop. Dengan begitu saya bisa menggunakannya sebagai main display atau monitor utama. Selain kendala tersebut, ada beberapa hal lain yang kiranya perlu juga diketahui bagi kalian yang juga baru pertama kali menggunakan dual monitor.




Nah, kali ini, di blog imajineramatir.com ini, saya akan berbagi informasi tentang hal-hal yang perlu diketahui untuk mempersiapkan set up untuk extended monitor bagi laptop yang kita gunakan. Ada tiga hal pokok yang akan saya bahas, yaitu macam-macam Mode untuk monitor tambahan, cara menukar posisi monitor di kanan atau kiri laptop, dan terakhir cara menjadikan monitor kedua sebagai monitor utama. 

Spesifikasi Laptop dan Monitor yang digunakan 


Pembahasan kali ini khusus tentang extended monitor untuk laptop ya. Saya akan memulai dari hal paling awal, yaitu saat kita hendak membeli monitor tambahan untuk laptop kita. Karena untuk menghubungkan laptop ke monitor itu menggunakan port display, baik VGA maupun HDMI, tentunya pertimbangan pertama saat membeli monitor adalah spesifikasi laptop yang kita pakai. Port display out apa yang dimiliki oleh laptop tersebut. Port display pada laptop biasanya adalah VGA, HDMI, dan ada juga yang mini HDMI. Jadi, saat membeli monitor, pilihlah monitor yang memiliki port display IN yang sesuai dengan laptop kita. Ya sebenarnya kita juga bisa menggunakan converter sih, semisal port display out di laptop tidak sesuai dengan port display IN di monitor. Untuk pertimbangan pemilihan monitor itu saja sih. 

Laptop yang saya gunakan di sini adalah laptop Acer E5-476g. Laptop ini memiliki layar 14 inch. Untuk port display, laptop ini memiliki dua jenis, yaitu port VGA dab HDMI. Sistem operasi yang berjalan pada laptop ini adalah Windows 10. Sedangkan monitor yang akan saya jadikan sebagai monitor kedua adalah monitor LG 24MK430. Monitor ini memiliki bentang layar 24 inch. Untuk port display-nya, monior LG LG 24MK430 juga memiliki dua buah port, VGA dan HDMI. Tapi, dalam paket pembelian hanya disertakan kabel HDMI male. Tidak jadi masalah sih, karena saya memang berniat menggunakan port HDMI-nya saja. 

Jadi, saya akan melakukan set up extended monitor untuk laptop dengan monitor dan laptop yang memiliki spesifikasi display yang demikian.


Mode Monitor Tambahan untuk Laptop 


Ada 4 mode yang bisa dipilih saat kita menggunakan dual monitor baik itu pada PC maupun laptop. Mode-mode tersebut juga akan kita jumpai saat kita menggunakan proyektor. Untuk mengakses pengaturan mode tersebut, pada keyboard laptop biasanya sudah disediakan function key-nya. Namun, karena antara laptop satu dengan yang lain tidak sama, silahkan cek di keyboard laptop yang kalian pakai, function key yang memiliki icon monitor dan layar proyektor. Atau bisa menggunakan kombinasi tombol Windows + P. Atau bisa juga dengan masuk ke pengaturan display, klik kanan di layar desktop, pilih Display Settings. 

Berikut adalah 4 mode yang dimaksud. 

  • PC Screen only 
  • Duplicate 
  • Extend 
  • Second Screen only 

Cara Mengubah Posisi Monitor di Kanan/Kiri Laptop 


Di awal pembahasan tadi, saya telah sedikit menyinggung tentang posisi laptop dan monitor. Jadi, saat kita menggunakan mode extended monitor, layar monitor merupakan extended dari layar laptop yang bertambahnya ke sisi kanan. Jadi kalo kita menggeser kursor ke sisi kanan layar laptop, sampai mentok, kursor tersebut akan muncul di sisi kiri layar monitor. Itu adalah pengaturan default-nya. 

Lalu bagaimana jika kita ingin meletakkan monitor di sisi kiri laptop? Untuk melakukannya, kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

  1. Klik kanan pada layar desktop 

  2. Pilih Display Settings, maka kita akan masuk ke halaman pengaturan display 
  3. Di bagian paling atas akan ada gambar dua display, display 1 dan 2, untuk mengubah letak monitor, kita bisa klik dan tahan display 2, lalu tarik ke sisi kiri monitor 1. 

  4. Kemudian klik Apply untuk mengaplikasikannya. 

Selesai, monitor 2 sudah menjadi extended monitor bagi layar laptop (monitor 1) yang bertambahnya ke sisi kiri layar laptop. 

Cara Mengubah Monitor Kedua Sebagai Main Display 


Pada saat kita menggunakan dual monitor pada laptop, secara default main display atau monitor utamanya adalah monitor laptop. Untuk mengubah monitor kedua sebagai main display, kita bisa menggunakan langkah berikut ini. 

  1. Klik kanan pada layar desktop 
  2. Pilih Display Setting, maka kita akan masuk ke halaman Display Settings 
  3. Akan ada gambar 2 display, pilih gambar display angka 2. 

  4. Kemudian scroll ke bawah, temukan checkbox "Make this my main display" lalu centang checkbox tersebut. 

  5. Selesai, sekarang main display-nya adalah monitor kedua. 


Nah, sampai di sini kita sudah selesai melakukan set up extended monitor untuk laptop. Dimana monitor kedua dijadikan main display dan diletakkan di sebelah kiri laptop. Alasan saya melakukan set up seperti ini adalah karena memang meja kerja yang saya pakai adalah meja computer, dimana di sisi kanan adalah tempat untuk CPU yang saya jadikan tempat speaker aktif. Sedangkan saya menghendaki main display nya adalah monitor kedua dan untuk bekerja saya menggunakan eksternal mouse dan keyboard. Jadi, monitor harus ada di sebelah kiri laptop. Supaya saya bisa duduk tanpa terganggu tempat CPU yang berisi speaker aktif.

Oke, saya rasa cukup ya, informasi tentang cara mengatur extended monitor untuk laptop versi imajiner amatir. Silahkan, bagi yang ingin menambahkan informasi, mengajukan pertanyaan, memberi koreksi ataupun apresiasi, bisa dituangkan di kolom komentar. Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih sudah singgah di blog imajineramatir.com.

Video Unboxing Monitor LG 24MK430



CARA MENGATUR MONITOR TAMBAHAN UNTUK LAPTOP DI WINDOWS 10 CARA MENGATUR MONITOR TAMBAHAN UNTUK LAPTOP DI WINDOWS 10 Reviewed by Imajiner Amatir on November 27, 2020 Rating: 5

2 komentar:

  1. kalau extend nya monitor jadul .. monitor tabung bisa gak yah gan? daripada nganggur .. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan, biasanya port nya masih yang vga.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.