Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menampilkan Layar Smartphone pada Layar Laptop. Tanpa Root, Tanpa Instal Aplikasi Tambahan

Apakah laptopmu menggunakan sistem operasi Windows 10? Coba klik tombol Start (logo Windows) lalu ketik “connect”, nanti akan muncul aplikasi Connect, bawaan Windows 10. Untuk apa sih aplikasi tersebut? Seperti yang saya tuliskan pada judul artikel ini. Aplikasi Connect bisa digunakan untuk menampilkan atau memproyeksikan layar smartphone-mu pada layar laptop. Hah? Bagaimana caranya? Baik, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cerita mengenai bagaimana menampilkan layar smartphone ke layar laptop. Kali ini via Wi-Fi, bukan via Bluetooth.
Layar Smartphone Tampil pada Layar Laptop
Semua berawal dari keinginan saya untuk membeli alat yang bisa membantu saya menampilkan layar smartphone ke perangkat lain. Dan di toko online saya menemukannya. Lalu saya tanya ke penjualnya, apakah alat tersebut berfungsi untuk laptop juga? Karena pada iklannya alat tersebut diperuntukan bagi TV/ monitor HDMI. Jawaban penjualnya, di Windows 8 bisa. Tapi di Windows 10 katanya ga bisa (penjualnya telah mencobakan alat tersebut ke Windows 10). Sebenarnya, selain dengan alat tersebut ada cara lain, yaitu dengan aplikasi yang diinstal pada perangkat smartphone dan laptop. tetapi smartphone harus di-root.
Akhirnya saya berselancar di internet, dan menemukan informasi mengenai aplikasi Connect milik Windows 10. Update Windows 10 setelah Anniversary memiliki fitur yang serupa dengan alat yang tidak jadi saya beli tadi. Yaitu bisa menampilkan layar smartphone pada laptop.

Lalu caranya mana?

Begini, untuk bisa menampilkan layar smartphone-mu pada layar perangkat lain, smartphone-mu harus memiliki fitur cast/ cast screen/ sebutan lain tapi dengan fungsi sejenis. Tergantung merk smartphone-nya. Kalo di smartphone saya, fitur tersebut dinamai Cast. Sedang di tablet teman saya dinamai Cast Screen. Selanjutnya kita sebut saja fitur cast ya. Biar singkat. Hehe...
Fitur Cast pada smartphone ini berfungsi untuk memproyeksikan/ menampilkan layarnya pada layar perangkat lain seperti TV/ Monitor HDMI dan tentu saja laptop dengan sistem operasi Windows 10. Oke, kita langsung ke pokok pembahasan, eh cerita ding. Akhirnya, saya menemukan cara untuk menampilkan layar smartphone saya pada laptop.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  1. Klik start (logo Windows) di pojok kiri bawah layar laptop.
  2. Ketik “connect” tanpa tanda petik. Akan muncul seperti di gambar. Klik Connect.

    Aplikasi Connect
  3. Aplikasi Connect akan terbuka. Tampilannya seperti di bawah ini.
    Tampilan Aplikasi Connect
  4. Lalu berpindah ke smartphone. Swap bar notifikasi hingga muncul banyak ikon seperti di gambar. Pilih yang dilingkari merah.
    Fitur Cast pada Smartphone
  5. Kemudian keluar tampilan di layar seperti ini. Ketuk tulisan yang dilingkar merah.
    Setting Fitur Cast
  6. Muncul tampilan ini. Ketuk titik tiga pada pojok kanan atas.
    Setting Fitur Cast
  7. Akan muncul pilihan, ketuk “Enable Wireless Display”. Akan ada pemberitahuan bahwa fitur WI-Fi kita hidup. Biarkan, karena memang koneksi Wi-Fi dibutuhkan untuk ini.
    Enable Wireless Display
  8. Setelah itu smartphone akan memindai perangkat. Jika sudah ketemu akan muncul perangkat laptop yang sudah kita buka aplikasi Connect-nya. Ketuk.
    Ketuk untuk Menghubungkan Perangkat
  9. Akan ada pemberitahuan bahwa perangkat sedang menyambung. Tunggu sampai connected.
    Perangkat telah Terhubung
  10. Setelah itu, pada layar laptop akan ada pemberitahuan dari aplikasi connect bahwa perangkat laptop tidak support. Biarkan hingga pada aplikasi connect muncul tampilan layar smartphone.
    Layar Smartphone Telah Tampil di Layar Laptop
  11. Selesai. Layar smartphone telah tampil di layar laptop.

Menikmati Smartphone dari Layar Laptop

Ketika saya membuka beberapa aplikasi, di antaranya ada yang portrait dan ada yang landscape. Aplikasi kamera bawaan smartphone saya ketika landscape, di layar laptop saya tetap portrait. Itu artinya, tampilan pada layar laptop tidak mengikuti tampilan di layar smartphone. Tetapi, ketika saya membuka aplikasi kamera yang saya instal (bukan bawaan smartphone), layar di laptop saya mengikuti tampilan di layar smartphone ketika landscape. Begitu pula ketika saya memutar video dari aplikasi youtube dengan mode fulscreen, tampilan di layar laptop pun menyesuaikan. Sehingga saya bisa streaming youtube dari smartphone dengan tampilan segede layar laptop. Hehehe... Jadi, ketika saya menonton video dari smartphone di layar laptop, suara videonya pun bisa kita dengarkan lewat speaker laptop. Dan hanya sebatas itu, kita tidak bisa mengendalikan smartphone dari layar laptop. Hanya tampilan layar dan suara media yang kita mainkan yang berpindah ke laptop. Seperti LCD proyektor. 
Berikut beberapa hasil sceenshot di layar laptop ketika saya membuka aplikasi smartphone.
Tampilan Home Pada Layar Laptop

Tampilan Kamera Video Pada Layar Laptop (Landscape)
Tampilan Browsing Pada Layar Laptop

Tampilan Aplikasi YouTube Portrait Pada Layar Laptop

Tampilan Aplikasi YouTube Fullscreen Mode Pada Layar Laptop
Sebagai catatan, dari beberapa kali saya mencoba melakukan langkah di atas, saya hanya dua kali berhasil. Mungkin kamu juga akan mengalami hal tersebut. Saya belum mencoba pada laptop lain sih. Yang pasti, saya sudah mencoba dengan dua smartphone. Jadi sepertinya masalah ada pada laptop saya. Entah itu hardware-nya atau memang Windows 10 di laptop saya. 
Setelah dua kali percobaan berhasil, pada percobaan berikutnya, beberapa kali kemudian juga berhasil. Dan setelahnya juga langsung berhasil. Alias, ketemu solusinya. Pada percobaan ketiga, pada setting saya atur seperti gambar di bawah ini.
Setting Projecting to this PC
Jadi langkah pertama sebelum memulai langkah di atas, berdasarkan kasus yang saya alami, setting dulu pengaturan pada bagian Projecting to PC seperti gambar di atas. Cara membuka setting tersebut, klik Start, ketik "Projecting to this PC", jika sudah ketemu klik. Kamu akan masuk ke halaman seperti gambar di atas. Atur sesuai gambar di atas.
Silahkan bagi yang telah mencoba, berhasil atau tidaknya bisa berbagi cerita di kolom komentar. Sekian. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

3 komentar untuk "Menampilkan Layar Smartphone pada Layar Laptop. Tanpa Root, Tanpa Instal Aplikasi Tambahan"

  1. terima kasih... lagi lagi saya dapat ilmu manfaat disini

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus