Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menampilkan Layar Smartphone Milik Teman di Layar Smartphone-mu

Setelah membahas tentang cara menampilkan/memproyeksikan layar smartphone di laptop dan sebaliknya, kini saya akan membahas cara menampilkan layar smartphone di layar smartphone yang lain. Jadi, misalnya nih, kamu sedang fakir kuota. Padahal mau streaming pertandingan sepakbola, big match lagi. Streamingnya lewat smartphone karena ga ada laptop. Lalu kamu ingin numpang nonton di smartphone temanmu yang tajir kuota. Tapi kan sempit, nontonnya berdua di satu layar smartphone. Nah, bisa tuh, pas temanmu streaming di smartphone-nya yang berkuota, lalu layar smartphone-nya diproyeksikan ke smartphone-mu. Jadi kalian bisa nonton dari smartphone masing-masing meski kamu sedang fakir kuota. Caranya bagaimana? Oke, kita mulai saja yak, mukadimahnya dicukupkan. Langsung masuk pokok pembahasan.

Langkah Menampilkan Layar Smartphone ke Layar Smartphone Lain


Layar Remdi 4X tampil di layar Infinix Zero 3

Sebelum memulai ritual, eh tutorial, kita cek terlebih dahulu apakah di smartphone yang akan berbagi layar memenuhi syarat atau tidak. Syaratnya Cuma satu sih, kedua smartphone tersebut kudu punya fitur Cast. Nah seperti yang sudah pernah saya bahas pada tulisan sebelumnya, fitur ini memiliki nama yang berbeda-beda, di smartphone saya, Infinix, namanya Cast (Transmisi). Di tablet lenovo teman saya namanya Cast Screen (Layar Transmisi). Di xiaomi teman saya bernama Cast (Proyeksi).
Bagaimana caranya untuk mengecek fitur tersebut? Biasanya fitur itu sudah ada di bar atas layar smartphone. Tinggal swap layar ke bawah 2 kali. Atau, cek di setting. Masuk ke setting (pengaturan) di bagian pengaturan wireless atau nirkabel. Atau tanya ke simbah google. Hehe...
Jika sudah dicek dan kedua smartphone kalian mempunyai fitur Cast/transmisi/proyeksi. Selanjutnya kita masuk ke acara inti, eh pembahasan inti. Yaitu menampilkan layar smartphone lain di layar smartphone milikmu.
Saya mencoba menampilkan layar smartphone teman saya. Smartphone saya Infinix Zero 3 dan milik teman saya adalah Redmi 4X. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  1. Pada kedua smartphone, buka aplikasi Cast.  
  2. Pada beberapa smartphone ada yang begitu dibuka langsung aktif, contohnya milik teman saya. Tetapi di smartphone saya, infinix, harus diaktifkan manual “Enable wireless display”-nya.
  3. Smartphone akan memindai perangkat smartphone di sekitarnya.
  4. Jika sudah muncul, pada smartphone yang layarnya akan ditampilkan, ketuk nama perangkat yang terpindai.
  5. Lalu, di layar smartphone yang akan menampilkan layar smartphone lain akan muncul opsi “accept” atau “decline”. Pilih accept.
  6. Setelah itu akan ada proses Building connection. Ditunggu saja.
  7. Done. Layar smartphone teman saya telah tampil di smartphone saya.

Kok tampilanya kecil gini?

Dikarenakan smartphone milik teman saya berada dalam mode portrait, jadi yang muncul di layar smartphone saya ya mode portrait. Jadi kecil karena layar portrait tampil di layar landscape. Tapi jangan khawatir, jika smartphone yang layarnya ditampilkan di smartphone lain digunakan untuk streaming atau play video dan masuk mode fullscreen, di layar smartphone lain tersebut pun akan tampil fullscreen.
Nah begitu caranya. Sudah mencoba? Berhasil atau tidak? Silahkan jika ingin berbagi atau bertanya, bisa tulis di kolom komentar. Sekian. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Menampilkan Layar Smartphone Milik Teman di Layar Smartphone-mu"