Gimbal untuk Smartphone, Membuat Videomu Lebih Halus Hasilnya

Gimbal? Rambut gimbal? Hehe.. bukan. Kali ini saya ingin membahas salah satu perlengkapan kamera untuk membuat video. Beberapa waktu yang lalu, saya telah menulis tentang perlengkapan kamera juga. Yaitu slider kamera, yang fungsinya untuk membuat pengambilan video menjadi stabil dan hasilnya halus, minim goyangan.
Gimbal juga berfungsi sebagai stabilizer kamera. Berbeda dengan slider kamera, yang berfungsi di rel/lintasan, gimbal digunakan dengan cara dipegang (handheld gimbal) atau dipasang pada perangkat drone. Yang akan saya bahas pada kesempatan ini adalah handheld gimbal. Dan lebih khusus lagi, gimbal untuk smartphone.
Sebagaimana kita tahu, dengan semakin berkembangnya teknologi kamera pada smartphone, banyak perlengkapan smartphone yang mengadaptasi perlengkapan kamera. Contohnya adalah monopod, tripod, slider kamera smartphone, dan juga gimbal.

Handheld Gimbal untuk Smartphone

Ilustrasi Gimbal Stabilizer untuk Smartphone
Handheld Gimbal adalah perlengkapan kamera yang digunakan untuk menjaga keseimbangan pada saat pengambilan video sehingga video yang dihasilkan stabil/ minim goncangan. Istilah handheld adalah untuk menjelaskan bahwa gimbal yang sedang dibahas adalah gimbal yang dipegang tangan. Bukan gimbal kamera yang terpasang di drone. Dan tentunya gimbal yang diperuntukkan bagi smartphone.
Gimbal untuk smartphone secara prinsip kerja sama seperti gimbal kamera pada umumnya. Diantaranya, ada gimbal 2 axis dan ada yang 3 axis. Yang membedakan, gimbal untuk smartphone itu menggunakan smartphone holder. Dan juga kemampuan gimbal dalam menanggung beban lebih rendah dari gimbal kamera. Dan lagi... yang utama, harganya pun berbeda. Baik, saya tidak akan berpanjang kata memperbandingkan gimbal smartphone dan gimbal kamera. Mari fokus pada gimbal smartphone.

Gimbal 2 Axis dan Gimbal 3 Axis


Axis X, Y, Z
Gimbal untul smartphone ada yang memiliki fitur 2 axis dan ada yang 3 axis. Gimbal 2 axis bisa diputar dua rotasi yaitu rotasi X dan Y. Sedangkan gimbal 3 axis bisa diputar ke rotasi X, Y, dan Z. Dari opsi axis-nya saja sudah bisa dilihat perbedaan antara Gimbal 2 dan 3 axis. Tetapi jika berbicara kelebihan dan kekurangan, saya tidak akan membahasnya pada kesempatan sekarang ini.

Macam-macam Gimbal Smartphone

Sebagaimana gimbal kamera, berdasarkan jenis penggeraknya gimbal smartphone bisa dikategorikan menjadi dua, yaitu gimbal manual dan bermotor. Gimbal manual adalah gimbal yang menggunakan pemberat untuk meng-counter beban smartphone. Dengan begitu terjadi keseimbangan sehingga smartphone akan terjaga dan artinya untuk pengambilan video akan mendapatkan hasil yang smooth. Sedangkan gimbal bermotor adalah gimbal yang menggunakan tenaga motor. Baik gimbal manual maupun gimbal bermotor, dua-duanya ada yang memiliki kemampuan bergerak 2 axis dan juga 3 axis. Saat ini sudah banyak beredar gimbal dengan beragam merk/brand. Dan kisaran harganya pun beragam, dari yang harganya bersahabat hingga yang membuat kita terjangkit kan-ker. Meski tak semahal gimbal untuk kamera DSLR sih.
Ilustrasi Gimbal Manual


Ilustrasi Gimbal Bermotor
Demikian ulasan singkat saya mengenai gimabal untuk smartphone. Nantikan ulasan saya selanjutnya mengenai salah satu produk gimbal 2 axis pada kesempatan yang lain. Sekarang barangnyamasih dalam pejalanan. Sekian. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Gimbal untuk Smartphone, Membuat Videomu Lebih Halus Hasilnya Gimbal untuk Smartphone, Membuat Videomu Lebih Halus Hasilnya Reviewed by Imajiner Amatir on November 11, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.