Review Backpack Zushi Torch 26 L

Backpack, sebutan untuk tas punggung, beberapa tahun yang lalu mungkin definisinya selain untuk tas keseharian untuk membawa barang-barang dalam perjalanan bertambah fungsi sebagai tas laptop juga. Artinya, backpack saat itu sudah menyertakan compartment laptop sebagai salah satu bagian wajib dari backpack. Bahkan backpack outdoor pun demikian.

Namun, seiring perkembangan teknologi perangkat elektronik, smartphone menjadi bagian yang harus ada hampir bagi semua orang. Dan tentunya mengikuti segala aksesoris pendukung seperti charger dan power bank. Dari trend tersebut, kini backpack pun kebanyakan menyediakan compartment atau paling tidak saku untuk tempat smartphone dan aksesorisnya. Bahkan kini banyak beredar di pasaran backpack yang menyediakan tempat khusus untuk power bank sehingga pengguna bisa memakai power bank tersebut tanpa perlu mengeluarkan power bank dari backpack.

Nah, kali ini saya akan berbagi informasi tentang salah satu backpack dari brand Torch, yaitu Backpack Zuchi Torh 26 L. Backpack Zushi Torch sudah memiliki beberapa hal yang saya sebutkan di atas. Kebetulan backpack tersebut sejak beberapa hari yang lalu menjadi daypack yang mengangkut segala bawaan saya sehari-hari.



Spesifikasi

Nama
Jenis
Volume
Compartment laptop
Ukuran Maksimal
Compartment Besar
Compartment gadget
Compartment Samping
Troley Strap
Varian Warna

: Zuchi Torch
: Backpack
: 26 L
: Iya
: 15,6 inch
: Iya
: Iya
: Iya
: Iya
: Hitam, Abu, Tosca

Yang didapatkan dalam paket: 
1 x backpack zushi Torch 
1 x raincover 

Deskripsi 


Backpack Zushi Torch merupakan jenis backpack untuk kegiatan outdoor. Dari desainnya saja kita akan bisa menyimpulkan hal tersebut. Backpack ini dirancang untuk membawa banyak barang bawaan mulai dari laptop, gadget, dokumen, pakaian, botol, payung, dll. 

Backpack Zushi Torch nampak belakang


Berikut deskripsi Backpack Zushi Torch bagian perbagian. 

Punggung Backpack 


Punggung backpack adalah salah satu bagian paling vital yang menentukan tingkat kenyamanan sebuah backpack. Punggung backpack Zushi Torch ini, permukaannya didesain sedemikian rupa sehingga posisi backpack terasa pas di punggung penggunanya. Bentuk punggung backpack pada Zushi Torch didesain seperti terlihat pada gambar. Ada bantalan yang empuk dengan posisi yang menyesuaikan bentuk punggung saat menggendong backpack. Pada bagian tersebut dilengkapi dengan teknologi yang disebut Air Bender Foam Back System. Dimana tekologi tersebut diklaim bisa mengatur sirkulasi udara pada bagian punggung penggunanya. Di punggung backpack juga ada troley strap yang berfungsi mengkaitkan backpack ke gagang troley/koper. 

Punggung Backpack


Strap/ Tali Backpack 


Backpack Zushi Torch memiliki beberapa strap, yaitu shoulder strap, sternum strap, dan side compression strap. Shoulder strap pada backpack ini ukurannya cukup lebar dan tebal dengan permukaan yang empuk sehingga nyaman digunakan. Strap ini dilengkapi juga dengan strap adjuster yang mudah disesuaikan. Selain itu, backpack ini juga dilengkapi dengan Troley Strap yang memudahkan pengguna saat membawa koper troli.

Compartment Backpack Zushi Torch 


Zushi Torch ini memiliki banyak compartment yang memiliki fungsi berbeda-beda. Berikut ini adalah compartment tersebut. 

Compartment laptop 
Compartment laptop terletak pada bagian paling belakang dari backpack ini. Compartment ini bisa untuk menampung laptop dengan ukuran maksimal 15,6 inch. Compartment ini dilengkapi dengan dinding yang tebal serta suspension system yang melindungi laptop dari goncangan.

Compartment Laptop Backpack Zushi Torch


Compartment Utama 
Compartment selanjutnya adalah compartment utama. Bagian ini memiliki ruang yang paling besar. Compartment ini didesain untuk bisa dibuka lebar-lebar. Mulut compartment ini memanjang ke bawah. Jadi, saat menata barang bawaan pada compartment ini, kita bisa membukanya sampai bawah.

Compartment Utama Backpack Zushi Torch


Compartment Gadget 
Compartment gadget ini berukuran sedang. Bagian dalam compartment ini memiliki inner compartment, saku besar seukuran buku tulis, dua saku kecil seukuran power bank/smartphone, dan bagian utama dari compartment ini yang memanjang ke bawah.

Compartment Gadget Backpack Zushi Torch

Compartment Gadget Backpack Zushi Torch


Compartment Samping 
Compartment samping terbuat dari bahan yang elastis. Ukurannya cukup dalam. Bagian ini bisa digunakan untuk membawa botol/payung.

Compartment Samping dan Depan Backpack Zushi Torch


Compartment Depan 
Compartment depan terletak dibagian paling depan dari backpack ini. Tidak dilengkapi dengan resleting. Elastis dan memanjang ke bawah seperti compartment samping.

Compartment Depan Backpack Zushi Torch


Compartment Bawah 
Compartment ini terletak pada sisi bawah dari backpack. Bagian ini berfungsi untuk menyimpan raincover. 

Compartment Bawah Backpack Zushi Torch


Baca juga: Fotografi Makro Menggunakan Kamera Smartphone

Pengalaman pemakaian 


Hingga saat tulisan ini terbit, saya telah beberapa hari menggunakan backpack ini sebagai dailypack. Kebetulan dalam beberapa hari tersebut saya membawa barang bawaan yang bisa dikatan berat. Untuk barang bawaan pokok yang selalu saya bawa adalah: 

  1. Laptop 15,6 inch + charger 
  2. Smartphone (6 inch dan 3,5 inch) 
  3. Hardcase yang berisi HDD Eksternal, flashdisk, kabel, dll. 
  4. Power bank 
  5. Mouse wireless 
  6. Earphone + case 
  7. Doskrip (tempat ATK) 
  8. Dokumen 
  9. Dompet 

Selain benda-benda tersebut, kadang akan ada barang bawaan lain, bisa dokumen, paketan, atau yang lebih besar laptop servisan. 

Dari kondisi di atas tentunya bisa diperkirakan beban yang saya bawa dengan menggunakan backpack Zushi Torch. Dan berikut ini adalah ulasan saya mengenai backpack Zushi Torch ini. 

Plus 


  • Desain bagian punggung backpack bagus, dengan beban seperti yang saya uraikan di atas, kedua pundak tidak merasakan beban tersebut, apalagi saat berkendara. Tekanan yang ditimbulkan oleh beban menyebar merata dipunggung, tidak tergantung di kedua pundak saja. 
  • Meski barang bawaan banyak, body backpack tetap terlihat kompak. 
  • Desain bodypack cenderung untuk kegiatan outdoor, tapi ya pantas-pantas saja untuk keseharian. 
  • Kompas kecil yang menjadi bandul resleting juga berfungsi dengan baik. 
  • Compartment laptop memiliki permukaan yang tebal di di dinding depan, belakang, dan dasarnya. Dimana bagian dasaran bisa diatur kedalamannya. Jadi, kalau laptop lebih kecil dari 15,6 inch, kita bisa menggeser dasaranya lebih ke atas. Yang jelas laptop terlindungi dari guncangan. 
  • Compartment utama memiliki ruang yang paling besar. Mulut compartment ini memanjang ke bawah sehingga bisa dibuka maksimal untuk memudahkan penataan barang bawaan. 
  • Pada compartment gadget, saku-saku dan inner compartment saya gunakan untuk menyimpan buku catatan, bolpoin, smartphone, dan power bank. 
  • Sedangkan compartment depan hanya saya gunakan untuk menyimpan kabel power bank dan earphone. 
  • Charger laptop dan barang seukurannya bisa disimpan di compartment samping, jika tak digunakan untuk membawa botol/payung. 
  • Ada compartment khusus untuk menyimpan raincover. 

Minus 


Saat membeli sebuah barang, sepuas apapun kita akan barang tersebut pastinya ada satu dua hal yang ternyata tidak sesuai ekspektasi atau mungkin meleset dari bayangan kita. Begitu pula dengan pembelian backpack Zushi Torch ini. 
  • Resleting compartment laptop agak seret di bagian atas karena terlalu mepet ke tepian punggung backpack yang keras. 
  • Mulut compartment utama bentuknya memanjang ke bawah, jadi saya agak kesulitan untuk memasukkan benda yang permukaannya luas kalau hanya membuka sebagian compartment besar ini. 
  • Saat compartment utama penuh, menggembung ke luar, compartment sedang terkena dampaknya, bentuknya ikut melengkung mengikuti bentuk compartment utama. Jika begitu maka akan sulit untuk menyimpan barang di compartment ini.
  • Untuk finishing jahitan agak kurang rapi, masih ada sisa-sisa benang yang menjulur ujungnya, belum dipotong.
  • Sayang pas saya beli backpack ini, minus raincover. Padahal kata sellernya raincover include. Beli terpisah bisa sih, tapi berat di ongkir... (UPDATE: Beberapa hari kemudian, datang kiriman raincover untuk backpack ini, joss seller-nya) --> link toko disini

Harga Backpack Zushi Torch 26 L


Backpack keluaran dari bran Torch memiliki varian volume yang bermacam-macam. Ada yang 19 L, 22 L, 26 L, dan ada juga yang di atas 30 L. Nah, untuk backpack Zushi Torch ini memiliki volume 26 L. Saya membeli backpack ini seharga Rp. 398.000,- secara online via Shopee. Untuk ongkir sendiri hanya kena 9 ribu (pake voucher gratis ongkir) dan ada cashback juga 20 ribu.

Nah, jika kalian ingin membeli backpack semacam ini untuk keseharian, yang bisa menjadi pertimbangan adalah apa saja yang akan dibawa dengan backpack tersebut. Kebetulan salah satu barang bawaan saya sehari-hari itu laptop 15,6 inch. Jadi saya memilih backpack Zushi Torch ini. Jika laptop bawaan hanya 14 inch atau lebih kecil, kalian bisa memilih varian volume yang 19 L saja. Harganya dibawah 300 ribuan.

Baca juga: Tips Belanja Online yang Wajib Kamu Ketahui

Sudah, itulah ulasan yang bisa saya bagikan tentang Backpack Zushi Torch 26 L. Semoga bermanfaat. Jika ada tanggapan, pertanyaan, koreksi maupun apresiasi silahkan tuliskan di kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung.
Review Backpack Zushi Torch 26 L Review Backpack Zushi Torch 26 L Reviewed by Imajiner Amatir on Juli 24, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.