Membeli Sony X Compact Docomo di Tahun 2019: Apakah Akan Terdampak Saat Peraturan Registrasi Imei Berlaku?

Smartphone seken eks pengguna luar negeri memang menjadi pilihan bagi banyak pengguna smartphone yang menginginkan spesifikasi mumpuni dengan harga terjangkau. Yang beberapa tahun menjamur di pasaran smartphone Indonesia adalah smartphone bekas dari negeri Matahari Terbit. Tentunya sebagian besar pengguna smartphone tak asing dengan label Docomo. Selain Docomo, ada AU dan Softbank. Tapi pada tulisan ini saya akan menggunakan Docomo sebagai representasi dari dua label lainnya.

Mungkin banyak orang yang masih mengira bahwa Docomo itu hanya smrtphone Sony saja. Kenyataannya Docomo itu melakukan kerjasama dengan berbagai brand smartphone lain seperti Iphone dan Samsung. Nah, karena smartphone dengan label Docomo yang harganya menggiurkan itu dari brand Sony, maka smartphone inilah yang paling diminati. Apalagi kini Sony divisi smartphone-nya sudah hengkang dari tanah air.



Saya baru saja meminang sebuah smartphone Sony yang berlabel Docomo. Yaitu Sony Xperia X Compact. Sebelumnya saya memakai smartphone Sony juga, Xperia Z5. Namun, karena keinginan memiliki smartphone yang ukurannya kecil tapi spesifikasinya memenuhi kebutuhan, akhirnya saya memutuskan beralih ke Sony Xperia X Compact. 

Baca juga: Menggunakan Sony Xperia Z5 untuk Fotografi Makro

Lho, bukannya sebentar lagi Peraturan Registrasi Imei akan berlaku? Tidak takut kena blokir? Nah, pada tulisan ini saya juga hendak membahas tentang Peraturan Registrasi Imei tersebut, apakah dampaknya terhadap pengguna smartphone merk Sony, terutama yang seken dari Jepang. Namun, selain membahas hal tersebut, tentunya smartphone yang menjadi objek pembahasan di tulisan ini pun akan sedikit dikupas. Setidaknya bagaimana impresi saya mengenai Sony Xperia X Compact ini. 

Spesifikasi Sony Xperia X Compact 


Berikut adalah spesifikasi singkat Sony Xperia X Compact.

Merk
Tipe
Ukuran Layar
RAM
Penyimpanan
Kamera Depan
Kamera Belakang
Baterai
: Sony
: X Compact SO-02J
: 4,6 inch
: 3 GB
: 32 GB
: 5 MP
: 23 MB
: 2.700 mAh


Deskripsi Unit Sony Xperia X Compact Docomo 


Unit Sony Xperia X Compact ini dibeli via marketplace online, Shopee. Pada deskripsi produk di toko tersebut ada dua varian produk. Yaitu kemulusan 80-85 dan 90-95. Sebenarnya saya ingin warna hitam. Tetapi yang varian 90-95 tak ada yang hitam. Akhirnya saya ambil yang warna putih. 




Begitu smartphone sampai, saya melakukan beberapa langkah pengecekan. Langkah-langkah tersebut pernah saya uraikan dalam tulisan tersendiri. Jika hendak membacanya silahkan klik tautan di bawah ini. 

Baca juga: Tips Membeli Smartphone Seken Baik Online Maupun Offline

1. Keadaan Fisik Smartphone 

Langkah pertama ini bisa dikatakan paling dasar. Tinggal diamati secara seksama body smartphone-nya. Secara fisik, tingkat kemulusan unit Sony Xperia X Compact yang saya peroleh sesuai dengan deskripsi produk. Tidak sepenuhnya mulus, ada beberapa lecet di pojokan body bagian atas. Selebihnya bisa dikatakan mulus.

2. Kecocokan Spesifikasi Smartphone dengan Informasi di Nomor Imei-nya 

Untuk melakukan langkah kedua, saya menginstal aplikasi cpu z dan Aida 64 untuk mengecek spesifikasi smartphone. Lalu untuk mengakses informasi yang terkandung di dalam nomor Imei, bisa dicek melalui web www.imei.info. Hasil pengecekan, spesifikasi unit yang saya dapatkan cocok dengan spesifikasi yang terekam di dalam nomor Imei.

3. Fungsi Komponen-komponen Smartphone 

Langkah terakhir adalah mengecek fungsi komponen-komponen smartphone. Pengecekan dilakukan melalui Menu Service yang dapat diakses melalui *#*#7378423#*#*. Dari hasil pengecekan, komponen unit X Compact yang saya peroleh berfungsi dengan baik. 

Tinggal dipakai, semoga tidak ada kendala dalam pemakaian. 

Impresi Awal Menggunakan Sony Xperia X Compact 


Sejak dulu sudah kepingin smartphone yang berukuran kecil tapi memiliki spesifikasi yang memenuhi kebutuhan. Sebelum ini pernah memakai Sony Xperia Z5 5,2 inch. Ternyata terlalu besar digenggaman. pernah juga nyicip Iphone seri lawas, Iphone 4s. Terlalu lawas. Ukuran dan desain bagus. tetapi spesifikasi memprihatinkan untuk saat ini. Nah, Sony Xperia X Compact nampaknya menjadi perwujudan keinginan saya. Ukuran layarnya hanya 4,5 inch. 

Impresi awal, smartphone ini pas saja mau digunakan dengan satu atau dua tangan. Layarnya sejuk dimata. Meski barang seken, baterai masih cukup irit. Untuk multitasking ringan (chat, sosmed, glaeri, dll.) lancar. Mungkin tinggal menambahkan memory eksternal, mengingat salah satu kebutuhan saya adalah kamera (foto dan video) membutuhkan ruang yang besar. Fitur “tap” untuk mematikan dan menyalakan layar bagi saya sangat membantu. Terutama untuk mengurangi intensitas memencet tombol power. Jadi tombol power cukup sebagai alat finger print untuk membuka kunci saja. Ulasan yang rinci mengenai smartphone ini akan saya paparkan dalam tulisan yang lain. 

Pertimbangan Memutuskan Membeli Smartphone Sony Docomo Padahal Regulasi Imei Segera Berlaku




Sebelum saya memutuskan membeli smartphone Sony Xperia X Compact Docomo ini, hal mengenai regulasi Imei smartphone yang tak resmi akan diblokir juga menjadi pertimbangan. Tak jarang saya menjumpai selorohan di grup FB kelak tak hanya tablet yang wifi only. Smartphone juga banyak yang spesifikasinya Wifi Only :D Apakah smartphone yang baru saya pegang ini akan menjadi salah satunya? 

Regulasi Imei Smartphone Indonesia menurut informasi yang beredar di media akan segera berlaku. Jadi, setelah peraturan ini berlaku, smartphone dengan nomor Imei yang tidak resmi akan diblokir jaringannya oleh Pihak Berwenang. Termasuk kedalam kelompok yang terdampak adalah smartphone yang tak resmi masuk ke Indonesia dan smartphone seken dari luar negeri seperti Sony Docomo yang baru saya beli ini. Nah, yang menjadi pertanyaan, apakah smartphone yang ada di tangan pengguna juga akan turut dikenai peraturan ini? 

Setelah menelusuri beberapa sumber informasi media online, ada dua informasi pokok yang saya peroleh, yaitu:
  1. Peraturan Registrasi Imei akan diterbitkan pada bulan Agustus 2019 ini (sumber berita
  2. Peraturan berlaku ke depan bukan surut ke belakang, artinya smartphone yang telah berada di tangan pengguna tidak akan terdampak (sumber berita)
Dari sumber informasi tersebut, pada bulan Agusutus Peraturan Registrasi Imei baru akan ditanda tangani. Sedangkan untuk pelaksanaan sendiri membutuhkan tahapan yang panjang, tidak serta merta berlaku sempurna.

Adapun tujuan diberlakukannya Peraturan Registrasi Imei tersebut, sebagaimana diterangkan dalam laman resmi Kominfo, antara lain:
  • menekan peredaran ponsel ilegal dan curian
  • membantu penanganan ponsel curian
  • mendorong perkembangan industri ponsel dan perangkat mobile dalam negeri

Kesimpulan 


Berdasarkan impresi awal, Sony Xperia X Compact ini sesuai ekspektasi saya.

Sedangkan mengenai regulasi nomor Imei, dalam waktu dekat sepertinya belum akan berdampak ke smartphone ini. Kalaupun terdampak, ya seperti selorohan di atas. Smartphone ini akan masuk golongan baru, Wifi Only :D 

Harapan saya pribadi, semoga industri smartphone dalam negeri semakin maju sehingga bisa memproduksi smartphone lokal dengan spesifikasi bagus dan harga terjangkau. Aamiin...

Oke, pembahasan mengenai Sony Xperia X Compact akan dilanjut pada tulisan berikutnya. Jika ada tanggapan, pertanyaan, koreksi, atau apresiasi, silahkan tuliskan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.
Membeli Sony X Compact Docomo di Tahun 2019: Apakah Akan Terdampak Saat Peraturan Registrasi Imei Berlaku? Membeli Sony X Compact Docomo di Tahun 2019: Apakah Akan Terdampak Saat Peraturan Registrasi Imei Berlaku? Reviewed by Imajiner Amatir on Juli 28, 2019 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.