Cara Mengatasi Eror "MBANK50" pada Oppo Reno 3 (dan Smartphone lain dengan OS Android 11)

Sekitar semingguan lalu saya menginstall aplikasi BNI Mobile Banking di Oppo Reno 3. Tadinya aplikasi ini saya pasang pada Sony X Compact, tapi karena smartphone ini sudah beralih kepemilikan, saya berniat memasang aplikasi ini di Oppo Reno 3. 

Namun, saya menemui kendala saat melakukan aktivasi aplikasi BNI Mobile Banking di smartphone ini. Kendala tersebut terjadi saat saya mengirim permintaan kode OTP via SMS. Permintaan kode OTP selalu gagal, padahal pulsa berkurang yang artinya SMS permintaan kode telah terkirim. Setelah SMS terkirim, balasan pesan yang berisi kode OTP tak kunjung masuk. Setiap saya kembali ke aplikasi Mobile Banking sembari menunggu kode OTP, muncul notifikasi eror “MBANK50”.

Eror MBANK50 Aplikasi BNI Mobile Banking

Notifikasi “MBANK50” muncul beserta keterangan yang menjelaskan bahwa transaksi tidak dapat diproses, pastikan bahwa nomor handphone anda adalah yang terdaftar di system. Kemudian ada anjuran untuk segera menghubungi BNI CALL 1500046. 

Dari keterangan tersebut kita bisa mengetahui bahwa system tidak mendeteksi nomor handphone yang ada pada smartphone Oppo Reno 3 ini, sehingga tidak bisa mengirimkan balasan yang berisi kode OTP yang saya minta. Awalnya saya mengira eror ini disebabkan oleh adanya dua slot kartu SIM pada smartphone ini, dan pemasangan kartu serta pengaturan kartu SIM untuk data internet dan call belum tepat. Karena memang ada kasus seperti itu. 

Beberapa contoh kasus yang berhasil saya himpun informasinya, ada perbedaan antara smartphone merk yang satu dengan yang lain untuk pengaturan kartu SIM supaya aplikasi BNI Mobile Banking tidak eror. Misalnya, smartphone merk OPPO, pada beberapa artikel yang membahas tentang eror aplikasi BNI Mobile Banking ada yang menjelaskan bahwa kartu SIM yang terdaftar di system aplikasi BNI Mobile Banking harus dipasang di slot SIM 2 sedangkan kartu SIM satunya yang digunakan untuk data internet dipasang di slot SIM 1. Namun cara ini juga gagal. Saya juga mencoba beberapa cara lain yang juga gagal. 

Lalu selanjutnya bagaimana? Nah, kali ini saya akan membahas hal ini di blog imajineramatir.com ini. Apa penyebabnya dan bagaimana solusi untuk eror “MBANK50” ini. 

Cara Mengatasi eror “MBANK50” Aplikasi BNI Mobile Banking


Karena tak kunjung menemukan solusi, saya mencoba mengecek ulasan aplikasi BNI Mobile Banking di Google Playstore. Siapa tahu ada yang mengalami kasus yang sama dan telah memberikan ulasan. Dan benar saja, ada salah satu ulasan yang berisi complain dengan bintang 1 tentang masalah eror “MBANK50” ini. Dan kebetulan dari pihak developer aplikasi juga sudah memberikan balasan untuk ulasan tersebut. 

Dari informasi tersebut saya akhirnya mengetahui penyebab eror “MBANK 50” pada aplikasi BNI Mobile Banking yang juga terjadi di smartphone yang saya pakai, Oppo Reno 3. Penyebabnya ternyata bukan karena saya salah memasang kartu SIM atau ada pengaturan di Menu Setting atau Permission yang belum benar. 

Eror “MBANK50” ternyata terjadi pada smartphone yang telah update system operasinya ke Android 11. Setidaknya, ini adalah salah satu penyebab eror “MBANK50” tersebut. Saya tidak tahu jika ada penyebab lainnya. 

Yang penting, saya mendapatkan solusi atas masalah eror “MBANK50” ini. Dari developer aplikasi BNI Mobile Banking ini menjelaskan bahwa untuk mengatasi eror “MBANK50” ini saya harus pergi ke kantor BNI untuk mereset SSN (Social Security Number).

Ulasan Eror MBANK50 dari User di Google Playstore




Reset SSN di Kantor Bank BNI terdekat 


Setelah mengetahui penyebab eror “MBANK50” dan solusinya, akhirnya saya mengikuti informasi yang saya peroleh tersebut. Saya pergi ke kantor Bank BNI yang terdekat dari tempat tinggal untuk melakukan reset SSN. 

Adapun dokumen yang perlu kita bawa saat melakukan reset SSN adalah E-KTP, Kartu ATM, dan Buku Rekening. Reset SSN ini dilayani oleh bagian Customer Service (CS). Di sana kita diminta untuk mengisi sebuah form dan tanda tangan. Setelah itu CS akan mereset SSN. Selesai. Kita tinggal melakukan langkah-langkah seperti biasanya untuk melakukan aktivasi aplikasi Mobile Banking dan meminta kode OTP tanpa mengalami eror “MBANK50” lagi. Tentunya nomor kartu SIM yang kita aktivasi Mobile Banking-nya harus sudah terisi pulsa ya.

Jenis Eror yang Bisa Terjadi di Aplikasi BNI Mobile Banking dan solusinya


Eror "MBANK50" adalah satu dari beberapa eror bisa terjadi saat kita menggunakan aplikasi BNI Mobile Banking. Berikut ini adalah daftar eror yang yang dimaksud dan solusinya.

EROR

SOLUSI

Root Device Detected

Melakukan Unroot Device

MBANK 51

Mengunjungi kantor Bank BNI untuk melakukan verifikasi data Nasabah

MBANK50

Mengunjungi kantor Bank BNI untuk melakukan reset SSN

MBANK18

Menggunakan menu Lupa MPIN/Password Transaksi (ada di halaman Log in)

MBANK36, 37

Mengunjungi kantor Bank BNI untuk melakukan buka blokir

MBANK ERROR, General Error

Update aplikasi BNI Mobile Banking ke yang terbaru

MBANK 1

Mengunjungi kantor Bank BNI terdekat

 


Kesimpulan 


Jadi, jika kita mengalami kendala eror “MBANK50” solusinya adalah mereset SSN ke kantor bank BNI. Untuk kasus saya, eror “MBANK50” pada aplikasi BNI terjadi pada saat proses permintaan kode OTP. Saya tidak tahu penyebab pastinya, tapi dari ulasan user aplikasi di google Playstore, kemungkinan karena update OS ke Android 11. Saya juga mengalami eror “MBANK50” pada Oppo Reno 3 yang juga berjalan di OS Android 11.

Demikian sedikit informasi yang bisa saya bagikan tentang eror “MBANK50” pada aplikasi BNI Mobile Banking. Jika ada yang memiliki tambahan informasi tentang hal ini boleh sharing. Atau jika ada pertanyaan, koreksi maupun apresiasi boleh dituangkan di kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung ke blog imajineramatir.com. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Cara Mengatasi Eror "MBANK50" pada Oppo Reno 3 (dan Smartphone lain dengan OS Android 11) Cara Mengatasi Eror "MBANK50" pada Oppo Reno 3 (dan Smartphone lain dengan OS Android 11) Reviewed by Imajiner Amatir on Desember 31, 2020 Rating: 5

6 komentar:

  1. barusan nyoba juga, kesimpulan saya juga sama krn berjalan di android 11, device xiaomi mi a2 lite, pakai custom rom android 11 :D. bersyukur nemu blog ini, tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. resiko terlalu uptodate gan, kadang ada aplikasi yang berkendala :D
      terima kasih tanggapannya gan..

      Hapus
  2. saya malah android 5 ..sebelumnya gak ada masalah apa2 di samsung note 3 untuk aplikasi mbanking BNI nya. setelah update versi terbaru MBNI eh saya dianggap telah mengaktifkan user saya di perangkat yang lain dan meminta proses lupa pin ..eh dapat respon Mbank50, padahal sebelumnya tidak ada update software atau aplikasi yg lain, UPDATE malah bikin TROUBLE!! BNI mesti berbenah di pengaturan setting HP dan system yang berjibun ini.. ribet dikala pandemi ini sedikit2 mesti riwa riwi ke Bank tidak bisa di reset secara BNI call apalagi BNI disini harus ambil antrian dari jam 5 pagi .behh.. eh jadi curcol disini hahaha.. makasih deh atas pencerahan untuk BERKUNJUNG KE BNI hueehehe.. salam sehat selalu .

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... iya gan,demi bisa transaksi lagi sekali-kali nengok bank gpp gan.

      Hapus
  3. barusan jg kena. tp g ganti hp gan, pass bener user bener tiba2 user sudah aktif di blablabla.. abis itu kucoba lg,,hasil tetep sama. lalu coba fitur lupa pass,,minta kirim sms konfirmasi. kukirim udah. jadinya malah MBANK50. lalu kucoba hapus data, ulang masuk dr awal. abis ngisi 3 kolom mau klik lanjut,,eh minta kirim verifikasi sms lg. ok kukirim lg. hasilnya.. koneksi anda terputus disuruh ulang proses lg. udah kucoba hampir 10x tetep gt. mau g mau y senin ke bank..besok puasa jajan dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, kalo sudah kena MBANK50, disuruh main ke bank :D

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.