Review Delcell Pact, Power Bank yang Mewah Desain Mewah Fitur

Power bank mungil dengan kapasitas besar kini agaknya sudah dikeluarkan oleh banyak produsen power bank. Beberapa sudah pernah saya ulas di blog imajineramatir.com ini, antara lain Uneed CompactBox 10, Delcell Ace, dan Anker PowerCore Select. Masing-masing memiliki aspek khusus yang membuat saya mereview power bank tersebut. Ada yang karena faktor harga, kapasitas, merk, ukuran dll.

Nah, kali ini saya akan mereview sebuah power bank lagi dari produsen power bank Delcell. Namanya power bank Delcell Pact. Sebagaimana saya ungkapkan di judul tulisan ini, Delcell Pact ini mewah desain dan mewah fitur untuk kelas harganya. Apa maksudnya? Temukan jawabannya disini.

imajineramatir.com_delcell_pact


Harga dan Spesifikasi Power Bank Delcell Pact


Power bank Delcell Pact ini saya beli dengan harga 125 ribu rupiah. Karena pembelian sudah beberapa minggu lalu, harga power bank ini mengalami beberapa kali perubahan harga. Dari 125 ribu ke 139 ribu lalu terakhir saya cek jadi 399 ribu. Hah? Tidak perlu kaget sih, memang harga produk di marketplace online itu polanya begitu. Ada harga Flash Sale/sedang diskon, harga biasa, dan suatu saat akan dinaikkan sampai 2x harga normal bahkan lebih. Tetapi beberapa waktu kemudian akan kembali ke harga Flash Sale ataupun harga biasa. Oke, jadi harga 125 ribu memang harga power bank Delcell Pact ini saat saya membelinya ya.

Saat kita membeli power bank Delcell Pack, kita akan mendapatkan unit power bank yang dikemas di dalam box kemasan khas Delcell, dengan ukuran menyesuaikan ukuran body power bank plus kelengkapannya, NGEPRES. Box kemasan power bank ini mungkin paling ekonomis dibandingkan beberapa produk dari brand lain. Di dalam box kemasan kita akan mendapatkan unit power bank, kabel charger, dan kartu garansi. Oh iya, kita dapat strap gantungan juga.

imajineramatircom_delcell_pact_kelengkapan
Packaging Delcell Pact


imajineramatircom_delcell_pact_isi_box
Isi Box Delcell Pact


Berikut ini adalah spesifikasi singkat dari power bank Delcell Pact.

Nama
Kapasitas
Input 1
Input 2


Output 1


Output 2, 3

Port Input

Port Output

Indikator
: Delcell Pact
: 10.500 mAh
: DC 5V=2.0A
: DC 5V=2.0A
  DC 9V=2A    
  DC 12V=1,5A (PD)
: DC 5V=2.0A
  DC 9V=2A    
  DC 12V=1,5A (PD)
: DC 3,6V-6,5V=3A
  DC 6,5V-9,5V=2A
: USB Type C 1 port
  Mikro USB 1 port
: USB Type C 1 port
  USB Type A 2 port
: 4 Lampu Led

Deskripsi Power Bank Delcell Pact 


imajineramatircom_delcell_pact_deskripsi
Deskripsi Unit Power Bank


Power bank ini memiliki body yang terbuat dari plastic. Ukurannya mungil, terasa kokoh saat digenggam. Permukaan depan dan belakangnya dibalut bahan kain yang halus dan empuk. Warnanya abu-abu elegan. Lampu indicator ada 4 buah, letaknya disamarkan di bidang garis yang mengkilap berdekatan dengan tulisan kapasitas power bank. 

imajineramatircom_delcell_pact
Ada gantungannya, bentuknya asimetris


Adanya gantungan yang disertakan dalam power bank ini mengingatkan saya dengan beberapa seri power bank dari merk lain. Agaknya desain dengan gantungan semacam itu memang sedang menjadi salah satu trend power bank saat ini. Bentuk asimetris karena kuping gantungan juga menjadi nilai positif tersendiri bagi desain power bank ini.

Baca juga: Review Power Bank Uneed MosaicBox S10

Fitur Unggulan: Quick Charge 3.0 dan Power Delivery 


imajineramatircom_delcell_pact_port power bank
Port Power Bank Delcell Pact


Di kelas harganya, power bank Delcell Pact memiliki fitur yang bisa dijadikan selling point selain desain mewahnya. Power bank Delcell Pact sudah mendukung pengisian cepat QC 3.0 dan Power Delivery, baik untuk input maupun outputnya.

1. Dual Input Port 
Power bank ini memiliki dua buah port input yang jenisnya berbeda, yaitu Micro USB dan USB Type C. Port input USB Type C sudah mendukung pengisian cepat QC 3.0 dan Power Delivery. Sedangkan Port input Micro USB belum mendukung.

2. Triple Output Port 
Port output power bank ini ada tiga, dan semuanya telah mendukung pengisian cepat. Untuk Port Output USB Type C mendukung baik QC 3.0 maupun Power Delivery. Sedngkan dua buah port output lainnya, yang berjenis USB Type A hanya mendukung QC 3.0. 

Seperti perangkat lain, untuk bisa menikmati fitur pengisian cepat power bank ini, perangkat yang diisi dan kabel yang digunakan untuk pengisian juga harus mendukung fitur pengisian cepat yang sama. 

Tanda bahwa fitur pengisian cepat aktif adalah menyalanya lampu indicator warna hijau. Normalnya lampu indicator power bank ini berwarna biru. Saat fitur pengisian cepat aktif maka lampu indicator yang keempat akan berubah menjadi hijau.

Mencoba Fitur Quick Charge 3.0 Power Bank Delcell Pact 


imajineramatircom_delcell_pact_pengisian_cepat
Pengisian Cepat Delcell Pact


Pada review ini saya hanya menguji fitur Quick Charge 3.0 saja. Untuk fitur Power Delivery belum bisa dicoba karena tak ada adapter dan perangkat smartphone yang support Power Delivery untuk dicoba. 

Power bank Delcell Pact memiliki fitur Quick Charge 3.0 baik input maupun outputnya. Jadi untuk self-charging dan charging smartphone, kita bisa menikmati fitur tersebut dengan syarat ada adapter charger dan smartphone kita support fitur tersebut juga. 

Untuk mengetahui fitur Quick Charge 3.0 berfungsi atau tidak, saya melakukan self-charging menggunakan adapter dan kabel charger merk Uneed yang sudah support fitur tersebut. Sedangkan untuk fitur Quick Charge 3.0 pada charging smartphone, saya menggunakan power bank ini untuk men-charge Xiaomi Mi A2. 

Self-charging Power Bank Delcell Pact 

Sebagaimana dijelaskan di atas, power bank Delcell Pact memiliki 2 buah port input, port micro USB dan USB Type C. Dan untuk port input USB Type C sendiri pun memiliki varian input 3 macam, DC 5V=2.0A, DC 9V=2A, dan DC 12V=1,5A (PD). 

imajineramatircom_delcell_pact_self_charging
Self-charging Delcell Pact


Jadi, untuk mengetahui apakah semua port input berfungsi sesuai spesifikasinya, self-charging harus dilakukan beberapa sesi. Namun pada review ini saya hanya melakukan dua sesi self-charging untuk diambil datanya. Tujuannya adalah mengecek kemampuan masing-masing port input milik power bank ini. 

Sebelum melakukan self-charging, saya benar-benar menguras daya yang ada dalam power bank. Dimana biasanya saat mengisi daya perangkat lain power bank akan berkedip-kedip saat daya mendekati habis dan kemudian akan mengakhiri proses pengisian daya secara otomatis. Namun, sebenarnya masih ada sisa daya, dan saat tombol power ditekan, power bank akan kembali mengisikan daya ke perangkat lain. Tapi tak lama. Setelah itu power bank hanya menyala lampu indikatornya saat ditekan tombol powernya tetapi tidak lagi mengisikan dayanya. Nah, setelah power bank pada kondisi demikian, saya mencoba untuk melakukan self-charging. 

Dan berikut ini adalah data yang diperoleh. 

1. Sesi 1 : Port Micro USB: Uneed QuickPlug + Kabel bawaan: 5 jam 26 menit (9 V == 2,2 A)
2. Sesi 2 : Port USB Type C: Uneed QuickPlug + Kabel USB Type C: 5 jam 26 menit  (9 V == 2,2 A)

Biasanya kalau mengambil data pengisian daya, akan ada selisih beberapa menit antara pengisian satu dan lainnya. Tapi kentah kebetulan atau memang spesifikasinya sama, waktu self-charging antara sesi 1 dan 2 sama. Lampu indikator menyala hijau baik pada sesi self-charging 1 maupun 2. Itu artinya baik pada port micro USB maupun USB Type C pengisian cepat aktif.

Charging Xiaomi Mi A2

Untuk charging perangkat lain, saya menggunakan perangkat smartphone Xiaomi Mi A2. Berikut adalah spesifikasi dan kondisi perangkat saat charging berlangsung.

Power Bank Delcell
Kapasitas
Kabel Charger   
: 10.500 mAh
: Kabel bawaan Xiaomi Mi A2

Smartphone
Name
Kapasitas Baterai
Status Jaringan
: Xiaomi Mi A2
: 3.010 mAh
: Mode Pesawat

Power bank Delcell Pact bisa digunakan untuk charging perangkat Xiaomi Mi A2 sebanyak 3 kali sesi charging dengan rincian sebagai berikut:
  
Charging 1
Status baterai smartphone
Daya smartphone terisi
Durasi Pengisian Daya   
Lampu Indikator Power Bank
: 15% - 100%
: 85%
: 1 jam 35 menit
: Led padam 1

Charging 2
Status baterai smartphone
Daya smartphone terisi
Durasi Pengisian Daya   
Lampu Indikator Power Bank
: 15% - 100%
: 85%
: 1 jam 32 menit
: Led padam 2

Charging 3
Status baterai smartphone
Daya smartphone terisi
Durasi Pengisian Daya   
Lampu Indikator Power Bank
: 15% - 100%
: 85%
: 1 jam 28 menit
: Led padam 3

Pada sesi charging ke-4, power bank hanya sempat beberapa menit mengisi daya lalu pengisian terputus, led indikator padam semua. Presentase baterai hanya bertambah 2% saja.

Untuk daya output power bank terpantau di kisaran 6,4 V == 2,1 A pada saat presentase batre smartphone di atas 30%. Pengisian akan berlangsung dengan output di kisaran angka tersebut dan pada presentase batre melewati 70% maka kecepatan akan menurun.

imajineramatircom_delcell_pact_output
Arus output

imajineramatircom_delcell_pact_output
tegangan output


Perlu diketahui, smartphone Xiaomi Mi A2 yang saya gunakan untuk sesi charging ini bukanlah smartphone baru. Jadi kondisi baterai pun sudah mengalami penurunan kapasitas. Yang bisa dijadikan acuan adalah bahwa smartphone ini sudah saya pakai sekitar 1 tahunan, tidak buat ngegame, jarang over charge, tapi sering untuk ngetes power bank. 

Nah, dengan kondisi smartphone seperti itu, power bank Delcell Pact bisa mengisi dayanya sebanyak 3 kali dari presentase baterai 15%-100%. Untuk yang ke-4 tidak masuk hitungan karena terlalu singkat.

Baca juga: Begini Cara Menghitung Kapasitas Real Sebuah Power Bank

Kelebihan dan Kekurangan Power Bank Delcell Pact 

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari power bank Delcell Pact:
  • Support Quick Charge 3.0 baik input maupun output. 
  • Support Power Delivery baik input maupun output. 
  • Praktis bagi pengguna HP dengan port USB Tipe C, karena port inputnya salah satunya berjenis USB Type C. 
  • Suhu tidak melonjak saat dipake charging. 
  • Desain mewah 
  • Ukuran mungil 
  • Ada gantungannya 

Namun, ada juga beberapa kekurangan yang saya temukan di power bank ini. Ya meski kekurangan tersebut mungkin sifatny subjektif sih.
  • Kabel bawaan berjenis micro USB (sebagai pengguna HP dengan port USB Type C ini termasuk kekurangan ya…) 
  • Kain pelapis body power bank bagi “sebagian pengguna” rawan terkelupas 
  • Kapasitas power bank yang bisa disalurkan lebih kecil daripada power bank yang tidak memiliki fitur pengisian cepat (Delcell Ace, Anker PowerCore Select, Uneed MosaicBox S10) 

Kesimpulan 

Tiba di penghujung tulisan. Bagaimana, apakah power bank ini recommended? Ya, tentu saja power bank ini recommended dengan beberapa catatan. 
  1. Fitur Quick Charge dan Power Delivery berfungsi jika perangkat yang kita charge memiliki fitur yang sama. Begitu juga dengan self-charge, fitur tersebut akan berfungsi jika kabel dan adapter yang dipaki juga memiliki fitur yang sama. Nah, jadi untuk menikmati fitur tersebut, kita harus memiliki perangkat dan aksesoris yang juga memiliki fitur tersebut. 
  2. Desain power bank sebagaimana dijelaskan di deskripsi, bagi saya bagus. Grip di tangan enak. Kekinian dengan body kecil dan tali gantungan. 
  3. Harga power bank ada di range harga termurah untuk power bank dengan spesifiksi dan fitur yang dimilikinya. 
  4. Power bank ini memiliki Kapasitas yang bisa disalurkan (Real capacity) yang wajar untuk kapasitas 10.500 mAh. 
Nah, jika memang hendak membeli power bank, power bank Delcell Pact ini bolehlah menjadi pertimbangan. Baik, sekian saja review power bank Delcell Pact ini. Silahkan tuliskan tanggapan, pertanyaan, koreksi maupun apresiasi di kolom komentar. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Review Delcell Pact, Power Bank yang Mewah Desain Mewah Fitur Review Delcell Pact, Power Bank yang Mewah Desain Mewah Fitur Reviewed by Imajiner Amatir on Januari 30, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.