Review Grip Ponsel untuk Lensbong, Beastgrip Lokal dari Tuban

Smartphone Grip adalah mount smartphone yang dilengkapi dengan tempat yang bisa dipasangi berbagai aksesoris fotografi dan videografi seperti lensa portabel, lighting, mic, dll. Pelopor smartphone grip semacam ini adalah Beastgrip. Ada beragam produk Beastgrip yang telah rilis dipasaran. Namun, karena faktor harga, banyak orang termasuk saya yang hanya menyimpan keinginan tanpa realisasi. Yak, harganya dua kali lipat lebih dari harga smartphone yang saya pakai. 

Selama ini saya juga mencari-cari di marketplace online, beastgrip-like yang harganya terjangkau. Ada sih. Tapi ya masih lumayan harganya. Sekitar 500-600 ribuan. Jadinya saya belum juga membelinya. Itu baru grip-nya. Belum lensa yang bisa dipasangkan ke grip. 

Dan akhirnya beberapa waktu lalu saya menemukan produk grip yang harganya cocok, dan lensa yang bisa dipasangkan ke grip sudah saya miliki. Ya, grip tersebut diproduksi oleh produsen yang sama dengan lensa yang sudah saya miliki. Lensa yang saya maksud adalah lensbong tele multi zoom. Reviewnya pernah saya tulis juga. 

Sama dengan lensbong tele, grip tersebut adalah produksi rumahan juga. Produsennya bernama Herm Lens. Nah pada kesempatan kali ini saya akan mereview smartphone grip produksi dari Herm Lens. Pada judul produk di lapaknya, smartphone grip ini dinamai Grip Ponsel. Jadi untuk memudahkan pembahasan, saya juga akan menggunakan nama Grip Ponsel saja.


Grip_Ponsel_by_Herm_Lens



Deskripsi Produk 


Pada judul tulisan ini saya menyebut Grip Ponsel ini sebagai Beast Grip Lokal. Sebutan ini merujuk dari desain Grip Ponsel ni yang memang mirip BeastGrip. Tentunya dengan material dan finishing yang berbeda. Namun, overall finishing body-nya bagus. kokoh juga. Tingkat presisi juga oke. Misalnya bagian handlenya, grip-nya pas di jari-jari tangan saya. 

Berikut adalah bagian-bagian dari Grip Ponsel beserta fungsinya. 

Grip Ponsel by Herm Lens


  • Grip 
Grip_Ponsel_by_Herm_Lens_1


  • Holder Smartphone
Grip_Ponsel_by_Herm_Lens_2

  • Slider Holder Smartphone
Grip_Ponsel_by_Herm_Lens_3

  • Baut Pengunci Slider
Grip_Ponsel_by_Herm_Lens_4

  • Dudukan lensa
Grip_Ponsel_by_Herm_Lens_5

  • Slider Dudukan Lensa
Grip_Ponsel_by_Herm_Lens_6

  • Baut Pengunci Slider 
Grip_Ponsel_by_Herm_Lens_7

  • Lubang baut ¼” Atas 
Grip_Ponsel_by_Herm_Lens_8

Grip_Ponsel_by_Herm_Lens_9

  • Lubang baut ¼” Bawah 
Grip_Ponsel_by_Herm_Lens_10


Lensa yang Kompatibel dengan Grip Ponsel 


Grip Ponsel ini merupakan produksi rumahan di bawah bendera Herm Lens. Sampai saat ini lensbong yang kompatibel dengan dudukan lensanya adalah lensbong yang juga diproduksi oleh Herm Lens juga atau lensbong yang dimodifkan oleh Herm Lens. 

Lensbong tersebut antara lain lensbong Tele Multizoom, lensbong Fix Mark II, dan lensbong Makro. Dalam pembelian lensbong-lensbong ini pun harus dituliskan pesan khusus, untuk dipasang di Grip Ponsel. Ini karena lensbong-lensbong tersebut defaultnya masih menggunakan desain lama, yaitu dengan holder dan gagang dudukan lensa. 

Selain lensbong, Herm Lens juga memproduksi Dof Adapter yang bisa digunakan untuk memasang lensa kamera untuk digunakan dengan smartphone seperti lensbong. Untuk Dof Adapter saya belum pernah mencoba, jadi belum memiliki informasi yang cukup.


Cara Menggunakan Grip Ponsel 


Cara penggunaan Grip Ponsel ini tergolong mudah, karena ini juga yang menjadi jawaban atas keluhan ribetnya memasang lensbong dengan dudukan lensa yang lama. Berikut instruksi singkat penggunaan Grip Ponsel. 

  1. Pasangkan smartphone ke holder-nya 
  2. Sesuaikan letak kamera smartphone supaya tepat di tengah ring dudukan lensa dengan menggeser holder ke kanan/kiri 
  3. Sesuaikan posisi dudukan lensa supaya posisi kamera smartphone tepat di tengah ring dengan menggeser dudukan lensa ke atas/bawah 
  4. Kunci holder dan dudukan lensa dengan mengencangkan baut pengunci slider 
  5. Pasang lensbong/dof adapter 
  6. Buka aplikasi kamera smartphone, periksa preview kamera untuk mengecek posisi kamera smartphone sudah tepat atau belum 
  7. Jika belum, sesuaikan kembali dengan melonggarkan baut pengunci slider 
  8. Jika sudah tepat, berarti proses pemasangan selesai. Siap digunakan. 

Grip_Ponsel_+_Lensbong_Fix_Mark_II
Grip Ponsel + Lensbong Fix Mark II


Jika dibandingkan dengan dudukan lensa yang menggunakan gagang, grip ponsel ini lebih mudah digunakan karena penyesuaian hanya horizontal dan vertikal saja. Sedangkan jika dudukan lensa yang bergagang harus melakukan penyesuaian dengan kemungkinan 8 arah. Selain itu, ring dudukan lensa berbentuk lingkaran yang diameternya besar sehingga sulit untuk memperkirakan titik tengahnya tanpa memasangkan lensanya. 

Smartphone Grip Universal untuk Lensa Produksi Herm Lens 


Sebagaimana saya tuliskan di atas, Grip Ponsel ini kompatibel untuk lensa dan dof adapter produksi Herm Lens. Itu artinya, dudukan lensa pada Grip Ponsel ini bersifat universal untuk lensa produk dari Herm Lens. Dengan begitu, Grip Ponsel berfungsi seperti kamera yang lensanya bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan. Apalagi kalau kita juga memiliki dof adapter, kita bisa gonta ganti lensa dengan dengan ukuran yang kompatibel.

Karena sekarang hanya pegang Lensbong Fix Lens Mark II yang telah dimodif, jadi saya hanya menampilkan penampakan Grip Ponsel saat dipasangi lensbong ini. Untuk penampakan Grip Ponsel dipasangi lensbong tele, makro, maupun Dof Adapter bisa diintip di facebooknya yang punya Herm Lens, nama akunnya Rouf Herm.

Harga Grip Ponsel 


Berapa harganya? Grip Ponsel dijual di harga 300.000 rupiah. Saat tulisan ini publish, Grip Ponsel merupakan smartphone grip dengan dudukan lensa termurah yang ada. Namun, jika kalian ingin membeli grip ponsel ini, paling tidak kalian harus punya/ membeli lensbong atau dof adapter produksi Herm Lens juga. Kenapa? Karena tujuan utama membeli Grip Ponsel ini adalah untuk menambah fungsi kamera smartphone dengan memasangkan lensbong maupun lensa tambahan dengan dof adapter. 

Saya sendiri saat membeli Grip Ponsel ini sekalian dengan Lensbong Fix (barter dengan lensbong tele multizoom yang pernah saya review) dan minta dimodifkan lensbong makro yang sudah saya punya. Jadi, saya menggunakan Grip Ponsel ini untuk memasang lensbong fix dan makro bergantian sesuai kebutuhan. 

Demikian review mengenai Grip Ponsel, Beastgrip lokal dari Tuban. Untuk review lensa fix akan saya tulis tersendiri. Jika ada tanggapan, pertanyaan, koreksi, maupun apresiasi silahkan tuliskan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.


Unbox dan Nyicip Grip Ponsel


Review Grip Ponsel untuk Lensbong, Beastgrip Lokal dari Tuban Review Grip Ponsel untuk Lensbong, Beastgrip Lokal dari Tuban Reviewed by Imajiner Amatir on November 06, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.