Jenis-jenis Lensa Portabel (Lensa Tambahan) Untuk Smartphone

Lensa portable untuk smartphone adalah lensa tambahan yang bisa dipasangkan ke kamera smartphone. Fungsi dari lensa portable adalah untuk menambahkan kemampuan kamera smartphone, pada aspek tertentu, dalam menangkap gambar maupun merekam video. Misalnya lensa wide angle, lensa ini akan membuat kamera smartphone bisa menangkap objek dengan angle atau sudut yang lebih luas. 

Jenis-jenis Lensa Portabel (Lensa Tambahan) Untuk Smartphone

Jenis-jenis Lensa Portabel untuk Smartphone 


Ada beberapa jenis Lensa portable berdasarkan fungsinya, yaitu lensa tele, makro, fish eye, dan wide angle.
  • Lensa Tele: Lensa tele berfungsi untuk menangkap objek jauh. 
  • Lensa Makro: Lensa makro berfungsi untuk menangkap objek kecil. 
  • Lensa Fish eye: Lensa fish eye berfungsi untuk memberikan efek fish eye pada objek yang ditangkap. 
  • Lensa Wide angle: Lensa wide-angle berfungsi memperlebar sudut atau angle yang bisa ditangkap oleh kamera. 
Sedangkan berdasarkan material yang dipakai untuk membuatnya, Lensa portable ada dua, yaitu lensa portable produksi pabrik dan lensa portable homemade. 

Lensa Portable Buatan Pabrik 

Lensa portable yang buatan pabrik materialnya baru dan di kemas dalam package yang khusus. Merk-nya bermacam-macam. Kisaran harganya pun beragam, dari ribuan sampai ratusan ribu. Berikut contoh lensa portable buatan pabrik. 

Jenis-jenis Lensa Portabel (Lensa Tambahan) Untuk Smartphone
Lensa Tele untuk Smartphone

Jenis-jenis Lensa Portabel (Lensa Tambahan) Untuk Smartphone
Lensa Fish Eye untuk Smartphone
Lensa portable fish eye, wide angle, macro


Harga lensa menentukan kualitas material lensa yang digunakan. Jadi, gambar yang dihasilkan pun beragam kualitasnya. berbanding lurus dengan kualitas lensa. Lensa portable pabrikan yang murah akan menghasilkan efek/fungsi yang sama dengan lensa sejenis yang mahal. Namun, kualitas foto yang dihasilkan akan berbeda.

Lensa portable buatan pabrik memang didesain untuk digunakan sebagai lensa tambahan bagi kamera smartphone. Jadi, lensa portable ini bisa menampilkan keseluruhan frame objek foto. Tidak seperti lensa portable homemade yang memiliki lingkar hitam (vignette) pada tepian frame-nya.

Di bawah ini adalah foto-foto yang diambil menggunakan kamera smartphone yang dipasangi lensa portable buatan pabrik.


Hasil foto diambil dengan kamera smartphone TANPA lensa tele portable


Hasil foto diambil dengan kamera smartphone dan lensa tele portable


Lensa Portable Makro untuk Smartphone
Lensa Portable Fish eye untuk Smartphone
Lensa Portable Wide angle untuk Smartphone




Lensbong 

Lensa portabel homemade yang ada di Indonesia biasa disebut Lensbong. Lensbong kepanjangannya adalah lensa bongkaran. Lensa portable ini adalah lensa untuk smartphone yang dibuat dari lensa yang berasal dari komponen lensa peralatan lain seperti kamera digital, mesin fotokopi, dll. 

Pada awal kemunculannya, lensbong ini dibuat sederhana, biasanya dipasangkan ke smartphone dengan tali elastis. Lensa yang digunakan pun tadinya hanya lensa untuk membuat lensbong makro. Seiring bertambahnya peminat lensa portable jenis ini, mulailah muncul pengrajin yang membuat lensbong. Yang tadinya hanya menggunakan tali elastis, dibuatlah dudukan lensa yang dipasang dengan cara dijepit seperti lensa portable pabrikan. Lalu ada juga yang menggunakan holder smartphone dan gagang dudukan lensa.

Untuk jenis lensbong yang diproduksi, pada awalnya adalah lensbong makro. Namun, kemudian muncul juga produk lensbong fix dan lensbong tele. 

Nah, jika pada lensa portable produksi pabrik, lensanya berupa lensa fix. Dan hanya lensa telezoom saja yang memiliki pengaturan fokus manual. Sedangkan lensbong, ada varian fokus dan zoom manualnya. Jadi, lensbong itu ada yang fix ada juga yang bisa memiliki pengaturan fokus dan zoom manual. Misalnya lensa tele multi zoom yang pernah saya ulas pada tulisan saya sebelumnya. 


Berikut ini contoh produk lensa portable jenis lensbong. 

Jenis-jenis Lensa Portabel (Lensa Tambahan) Untuk Smartphone
Lensbong Makro -- Sumber foto: Fb Rouf Herm

Jenis-jenis Lensa Portabel (Lensa Tambahan) Untuk Smartphone
Lensbong Fix -- Sumber foto: Fb Rouf Herm

Jenis-jenis Lensa Portabel (Lensa Tambahan) Untuk Smartphone
Lensbong Tele Multi Zoom

Material yang digunakan untuk membuat lensbong kebanyakan diambil dari kamera maupun peralatan/mesin yang memiliki lensa. Dan biasanya lensanya pun kualitasnya bagus. Hal ini mempengaruhi kualitas foto yang diambil dengan bantuan lensa jenis ini.

Kualitas foto yang dihasilkan oleh lensbong umumnya lebih bening. Namun, seperti yang saya sebutkan di atas, foto atau gambar yang ditangkap dengan bantuan lensbong memiliki vignette. Jadi, untuk memperoleh hasil yang full frame, kamera smartphone harus dizoom digital. Sehingga foto yang dihasilkan pun kualitasnya akan berkurang.

Selain itu, untuk lensbong jenis fix dan tele, foto yang dihasilkan akan terbalik. biasanya, para pengguna lensa portable lensbong ini mengakalinya dengan memakai aplikasi kamera yang punya opsi rotasi preview. Misalnya open camera. Dan hasil foto/video masih harus melalui tahap editing untuk merotasi foto/video supaya tegak.

Contoh foto yang diambil dengan menggunakan lensbong.

Jenis-jenis Lensa Portabel (Lensa Tambahan) Untuk Smartphone
Diambil dengan kamera smartphone dan Lensa (Lensbong) Makro 
Sumber foto: Fb Rouf Herm
Jenis-jenis Lensa Portabel (Lensa Tambahan) Untuk Smartphone
Diambil dengan kamera smartphone dan Lensa (Lensbong) Fix
Sumber foto: Fb Rouf Herm

Jenis-jenis Lensa Portabel (Lensa Tambahan) Untuk Smartphone
Diambil dengan kamera smartphone dan Lensa (Lensbong) Tele Multizoom

Demikian sedikit uraian tentang jenis-jenis lensa portable untuk smartphone. Jika ada tanggapan, koreksi, maupun pertanyaan, silahkan tuliskan di kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat. 

Jenis-jenis Lensa Portabel (Lensa Tambahan) Untuk Smartphone Jenis-jenis Lensa Portabel (Lensa Tambahan) Untuk Smartphone Reviewed by Imajiner Amatir on September 20, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.