Review Power Bank Anker PowerCore Select 10000

Salah satu merk power bank yang ingin saya coba adalah power bank merk Anker. Kenapa? Saya penasaran dengan kualitasnya. Apa yang membedakan power bank Anker dengan power bank merk lain sehingga harga power bank Anker bisa dua kali lipat bahkan lebih. Misalnya saja untuk harga power bank dengan spesifikasi basic dengan kapasitas yang sama, power bank anker dibanderol dengan harga di kisaran 300 ribuan ke atas. Bahkan di laman resminya, power bank dengan spesifikasi tersebut dibanderol dengan harga 500 ribu. Padahal power bank dari merk lain misal zola, delcell, acmic, uneed, dll. dibanderol dengan harga di bawah 200 ribu.



Nah, akhirnya beberapa waktu lalu saya kesampaian membeli power bank merk Anker. Ya meski yang varian dasar sih. Itupun saya peroleh dengan harga Flash Sale, 149 ribu. Tipe power bank tersebut adalah Anker PowerCore Select 10000. Dan pada tulisan ini, saya akan membagikan sedikit pengalaman saya menggunakan power bank Anker ini. Apakah rasa penasaran saya terjawab?

Spesifikasi


Berikut adalah spesifikasi power bank Anker PowerCore Select 10000.

Nama
Kapasitas
Total Daya
Input
Output 1 & 2
Dimensi
Berat
: Anker PowerCore Select 10000
: 10.000 mAh
: 37 Wh
: 5V – 2A
: 5V – 2,4A (Max)
: 10,4 x 6,4 x 2,5 cm
: 211 g


Deskripsi Produk


Anker PowerCore Select 10000 ini body-nya terbuat dari bahan plastik. Permukaan body power bank dibalut warna hitam dengan permukaan bodynya berpola garis-garis yang timbul untuk sisi depan dan bertekstur halus, hitam dove untuk sisi-sisi yang lain. Ukuran power bank ini cukup mungil meski tebal. Dengan permukaan yang kasar di satu sisi dan dimensi body yang kecil, power bank ini mudah digenggam dan gripnya tidak licin.

Berikut adalah gambar ilustrasi power bank Anker PowerCore Select 10000.


Review Power Bank Anker PowerCore Select 10000
Anker PowerCore Select 10000 nampak depan

Review Power Bank Anker PowerCore Select 10000
Anker PowerCore Select 10000 nampak belakang

Review Power Bank Anker PowerCore Select 10000
Anker PowerCore Select 10000 port in-out

Yang menarik perhatian dari segi desain, menurut saya adalah tulisan Anker di permukaan depan dan bentuk tombol power yang menyatu dengan lampu indikator. Tulisan Anker di power bank ini berwarna hitam senada dengan warna power bank. Namun saat tertimpa cahaya, tulisan akan mengkilap memantulkan cahaya. Kemudian untuk tombol power, tombol tersebut berbentuk lingkaran yang mencekung di bagian tengahnya. Bentuk mencekung tersebut meminimalisir tombol tertekan saat power bank terjepit di tempat penyimpangan. Untuk lampu indikator pun pas tata letaknya, melengkung mengikuti bentuk tombol power. Warna lampu indikator yang biru tua saat menyala, juga senada dengan kelamnya hitam warna power bank. Mungkin kekurangannya adalah saat kita hendak melihat lampu indikator dari sudut samping, kita akan kesulitan, karena letak lampu indikator ikut mencekung ke dalam.

Review Power Bank Anker PowerCore Select 10000
Anker PowerCore Select 10000: Kelengkapan


Dalam paket penjualan, power bank Anker PowerCore Select ini berisi unit power bank, kabel charger merk Anker, dan user manual yang dilengkap dengan keterangan garansi. Itu saja. Ya memang itu saja sih isi pokok dari box power bank.

Untuk garansi, Anker memberikan garansi untuk produknya selama 18 bulan. Tidak hanya itu, menurut keterangan yang ada di user manual, Anker juga memberikan dukungan teknis seumur hidup.

Power bank ini juga dilengkapi dengan QR Code pada box kemasannya yang berfungsi sebagai alat untuk memvalidasi keaslian produk yang ada di dalam box. Kita cukup menscan QR code yang ada di sisi kanan box kemasan, lalu memverifikasi kode keamanan yang muncul dari QR code di web Anker. Jadi, kita bisa mengetahui produk yang kita beli asli atau bukan.

Pengisian Daya (Charging)


Informasi yang ingin diketahui oleh orang yang hendak membeli sebuah power bank adalah kemampuan pengisian dayanya, baik self-charging maupun charging perangkat lain, berapa kecepatan charging-nya, dan berapa kali power bank bisa digunakan untuk mengisi daya sebuah perangkat. Berikut ini saya sajikan informasi tersebut.

Self-charging


Review Power Bank Anker PowerCore Select 10000
Anker PowerCore Select 10000: Self-charging

Anker PowerCore Select hanya memiliki sebuah port input berjenis Micro USB. Alat yang digunakan untuk self charging adalah adapter Uneed wallcharger dan kabel data bawaan Anker PowerCore Select yang berjenis Mikro USB. Untuk self charging, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya power bank ini dari lampu indikator power bank mati sampai keempat-empatnya hidup adalah sekitar 5 jam 5 menit.

Charging Xiaomi Mi A2


Review Power Bank Anker PowerCore Select 10000
Anker PowerCore Select 10000: Pengisian Daya
Untuk mengetahui kemampuan power bank dalam mengisi daya perangkat lain, maka pengisian daya/ charging perangkat lain dalam tulisan ini saya menggunakan perangkat yang sama dengan kondisi tertentu yang sama selama pengisian daya berlangsung.

Berikut ini adalah kondisi power bank dan perangkat yang diisi dayanya:

Power Bank : Anker PowerCore Select 10000
Status Power Bank : 4 lampu indikator menyala
Kabel Data : Kabel Uneed Nylon Type C 30 cm

Smartphone : Xiaomi Mi A2
Kapasitas Baterai : 3010 mAh
Status Baterai Tersisa : 15%
Status Jaringan : Airplane Mode
Koneksi Internet : No

Dengan kondisi seperti di atas, berikut data pengisian daya yang diperoleh: 

Charging 1
Waktu: 20.59 – 22.33
Baterai: 15% - 100%
Lampu Indikator: Led 4 – Led 3

Charging 2
Waktu: 07.36 – 09.00
Baterai: 15% - 100%
Lampu Indikator: Led 3 – Led 2

Charging 3
Waktu: 20.36 – 22.23
Baterai: 15% - 100%
Lampu Indikator: Led 2 – Led 1

Charging 4
Waktu: 15.32 – 15.50
Baterai: 15% - 37%
Lampu Indikator: Led 1 – padam

Dari data di atas, kita bisa mengetahui bahwa power bank ini bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone Xiaomi Mi A2 dari presentase 15% - 100% sebanyak 3 kali dan 1 kali dari 15% - 37%. Kecepatan pengisian daya dari 15% - 100% adalah 1,5 jam. Lalu berapa real capacity dari power bank ini?

Berapa Real Capacity Power Anker PowerCore Select 10000 ini?


Sebelum saya masuk ke pembahasan, saya akan menjelaskan definisi Real Capacity yang saya pakai. Pada tulisan ini, istilah Real Capacity sebuah power bank diartikan kapasitas power bank yang bisa disalurkan atau diisikan ke perangkat lain. Dulu saya pernah membahas mengenai cara menghitung kapasitas power bank. Di sana ada rumus perhitungan kapasitas power bank. Dengan rumus tersebut power bank kapasitas 10.000 mAh dengan total daya 37 Wh memiliki kapasitas 7.400 mAh dengan voltase output 5V. Nah, kapsitas real yang saya maksud adalah kapasitas power bank yang dapat disalurkan ke perangkat lain dari 7.400 mAh ini. Karena tidak sepenuhnya 7.400 mAh tersalurkan ke perangkat lain yang diisi dayanya.

Cara Memperkirakan Kapasitas Real Power Bank dengan Smartphone yang Tidak lagi Baru


Kalau pada review-review sebelumnya saya melakukan perhitungan menggunakan dasar kapasitas baterai smartphone sesuai spesifikasi pabrik, yaitu 3.010 mAh untuk Xiaomi Mi A2. Kali ini saya akan menggunakan aktual capacity dari baterai Xiaomi Mi A2 yang diukur menggunakan aplikasi AccuBattery. Kapasitas aktual sebuah baterai pertama kali saya temui pada Menu Service smartphone Sony Xperia seri X dan sebelumnya dengan men-dial *#*#7378423#*#*.

Nah, dengan menggunakan aplikasi AccuBattery kita bisa mengukur perkiraan kapasitas aktual sebuah baterai smartphone. Namun, tingkat keakuratannya saya belum bisa memastikan. Hanya saja, dengan aplikasi ini setidaknya saya bisa memperkirakan kapasitas aktual dari baterai Xiaomi Mi A2 yang telah setahun saya pakai. Berdasarkan data yang disajikan oleh aplikasi, kapasitas aktual dari baterai Xiaomi Mi A2 yang saya pakai adalah 90-93% dari kapasitas awal 3.010 mAh, di kisaran angka 2.900-an mAh.

Jadi, mempertimbangkan kondisi baterai smartphone, saya akan menentukan kapasitas power bank yang bisa disalurkan ke perangkat lain bukan dalam bentuk angka dengan satuan mAh seperti saat smartphone yang saya gunakan mengambil data masih tergolong baru. Saya akan mengatakannya dengan berapa kali sebuah power bank bisa digunakan untuk mengisi daya sebuah smartphone dengan umur dan kondisi tertentu dari 0% sampai penuh 100%. Dengan begitu, kita juga bisa memperkirakan kapasitas power bank yang bisa disalurkan ke perangkat lain.

Kapasitas Real Power Bank Anker PowerCore Select 10000 diukur dengan smartphone Xiaomi Mi A2


Sebagaimana disebutkan di atas, power bank ini bisa digunakan untuk mengisi daya baterai Xiaomi Mi A2 sebanyak 3 kali dari presentase baterai 15% - 100% dan 1 kali dari presentase baterai 15% - 37%. Untuk mengetahui berapa kali power bank ini bisa untuk mengisi daya Xiaomi Mi A2 dari 0% - 100% kita hitung seperti ini:

(85% + 85% + 85% + 22%)/100% = 2,77

Jadi Anker PowerCore Select bisa digunakan untuk mengisi daya baterai Xiaomi Mi A2 sebanyak 2 kali dari 0% - 100% dan 1 kali dari 0% - 77%.

Dari sini kita bisa memperkirakan kapasitas Real power bank dengan mempertimbangkan kondisi smartphone yang diisi dayanya. Pada tulisan ini adalah smartphone Xiaomi Mi A2 yang umurnya 1 tahunan pemakaian dan kapasitas aktual baterainya 90% - 93% berdasarkan aplikasi AccuBattery.

Kesimpulan


Untuk kesimpulan, power bank Anker PowerCore Select ini bagus. Real capacity-nya besar. Bahkan ini yang terbesar dari beberapa power bank kapasitas 10.000 mAh yang pernah saya review. Menyusul Uneed MosaictBox S10. Performa charging memuaskan untuk spesifikasinya yang basic saja di 5V – 2A. Stabil. Adem. Verifikasi keaslian produk, garansi, dan dukungan teknis bisa menjadi magnet tersendiri bagi pengguna yang memerlukan jaminan kepuasan produk. 

Tapi bagi saya, power bank ini tidak masuk radar pencarian saya, jika harus membeli dengan harga normal. Ini saja saya dapat melalui flash sale di harga 149.000 rupiah. Kalau harga normal yang mungkin 3 kali harga ini, saya tidak akan membelinya. Harganya hampir seperempat harga smartphone yang saya pakai dengan kondisi baru dan garansi resmi :D

Namun, apa yang saya tuliskan di atas bisa menjadi pertimbangan bagi kalian yang memang ada budget untuk membelinya dengan harga normal.

Demikian ulasan mengenai Power Bank Anker PowerCoreSelect 10000. Semoga bermanfaat. Jika ada tanggapan baik pertanyaan, koreksi, maupun apresiasi silahkan tuliskan di kolom komentar.


Video unboxing Power Bank Anker PowerCore Select 10000 di channel Nyicip Gadget.


Review Power Bank Anker PowerCore Select 10000 Review Power Bank Anker PowerCore Select 10000 Reviewed by Imajiner Amatir on Oktober 27, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.