Sulap Speakermu Menjadi Speaker Bluetooth!!

Sekarang adalah era-nya perangkat elektronik tanpa kabel, alias wireless. Dulu mungkin hanya remot TV yang tanpa kabel. Namun, kini perangkat elektronik di sekitar kita telah beralih ke teknologi wireless, seperti mouse, keyboard, bahkan speaker. Wireless speaker atau lebih dikenal dengan SPEAKER BLUETOOTH adalah speaker yang memiliki koneksi bluetooth dan bisa dipasangkan dengan pemutar musik yang juga memiliki fitur bluetooth, misal handphone, smartphone, tablet, laptop, dll.

Bagi orang yang memanfaatkan speaker hanya untuk perangkat audio bagi PC (Komputer), video player, atau TV, mungkin speaker bluetooth tidak dibutuhkan. Tapi, sekarang sebagian besar pengguna laptop bisa dipastikan juga menggunakan smartphone/tablet. Tak jarang mereka memutar musik dari smartphone mereka. Bisa dibayangkan kan, ah tidak, pastinya kita juga mengalaminya kan... repotnya mencabut jack audio dari laptop lalu menancapkannya ke smartphone/tablet atau sebaliknya. Ketika kita menggunakan speaker bluetooth, kita tak perlu mengalami kerepotan semacam itu. (repot, karena telah termanjakan oleh teknologi wireless, hehe...)

Apakah artikel ini akan mereview tentang speaker bluetooth?

Dari judulnya sudah ketahuan, BUKAN. Hehe... Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya menggunakan speaker lawas saya dengan “tanpa kabel” atau wireless, yaitu dengan menambahkan BLUETOOTH MUSIC RECEIVER ke speaker saya tersebut.

Bluetooth Music Receiver dalam kemasan
Bluetooth Music Receiver dalam kemasan
Dan bagi kamu yang ingin beralih ke speaker bluetooth tapi masih merasa “sayang” dengan speaker kabel yang sudah kamu miliki, atau belum ada budget untuk membeli speaker bluetooh, Bluetooth Music Receiver bisa menjadi solusinya.

Bluetooth Music Receiver

Bluetooth Music Receiver adalah alat yang membantu speaker menerima transmisi suara dari perangkat pemutar suara (musik) via bluetooth. Jadi, kita tidak perlu menancapkan kabel audio ke laptop, smartphone ataupun tablet untuk mendengarkan musik yang kita putar dari perangkat tersebut melalui speaker. Sederhananya, dengan Bluetooth Music Receiver speaker kita telah berubah menjadi speaker bluetooth.

Harga dan Spesifikasi Bluetooth Music Receiver

Mahal dong?
Enggak kok... Gak sampe 50 RIBU semua speaker yang ada di rumahmu bisa disulap menjadi speaker bluetooth. :D

Spesifikasi Bluetooth Music Receiver
Spesifikasi singkat yang tertera pada kemasan: 
  • Bluetooth versi 2.1 +EDR 
  • Mendukung A2DP v1.2 
  • Powered by 5V DC 
  • Transmission rate: 3 (Mbps) 
  • Jarak transmisi maksimal 10 meter 
  • Colokan mode USB 


Bagian-bagian Bluetooth Music Receiver


Bagian-bagian Bluetooth Music Receiver
Bagian-bagian Bluetooth Music Receiver

Keterangan Gambar: 
1. Colokan USB 
2. Lampu Led Indikator 
3. Lubang Audio 3.5 mm

Cara Kerja Bluetooth Music Receiver

Berikut ini langkah-langkah memasang Bluetooth music Receiver: 
1. Hidupkan speaker. 
2. Colokan kabel audio ke lubang audio Bluetooth Music Receiver. 
3. Colokan Bluetooth Music Receiver ke sumber listrik (adaptor/batok charger/port USB speaker jika ada). Setelah Led pada Bluetooth Music Receiver menyala, maka pada speaker akan terdengar bunyi yang menandakan bahwa Bletooth Music Receiver berfungsi dan siap dipasangkan dengan perangkat.

Bluetooth Music Receiver dicolok Adaptor
Bluetooth Music Receiver dicolok Adaptor

Bluetooth Music Receiver dicolok ke port USB Speaker
Bluetooth Music Receiver dicolok ke port USB Speaker

4. Selanjutnya, nyalakan fitur bluetooth pada perangkat yang akan dipasangkan. 
5. Carilah perangkat lain yang bernama BT-163 (ada beberapa versi, lihat nama perangkat di Kemasan, di sisi belakang pojok kiri atas).

Bluetooth Music Receiver terdeteksi Piandaian Laptop
Bluetooth Music Receiver terdeteksi Piandaian Laptop

6. Jika sudah ketemu, pasangkan. Pada perangkat smarphone/laptop bisa langsung terpasang. Tapi untuk Handphone yang ber-bluetooth biasanya akan dimintai kode. Kodenya adalah “0000” – nol 4x tanpa tanda petik.

Pada Handphone biasanya dimintai password
Pada Handphone biasanya dimintai password

7. Daaan... mainkan musiknya... tanpa terkekang kabel. Hahaha... 

Sekedar Perbandingan 

Kenapa Bluetooth Music Receiver harganya murah? Tak seperti alat sejenis, harganya di atas 100 RIBU. Bluetooth Music Receiver harganya lebih murah (sekali) – menurut saya – karena:
  • Tanpa sumber power bawaan, alias tidak ada baterenya. 
  • Jarak transmisinya hanya 10 meter. Beberapa produk sejenis yang lebih mahal jarak transmisinya ada yang 20-30 meter. 
  • Kualitas suara? Saya belum pernah mencoba produk yang lebih mahal tersebut, jadi saya tidak bisa membandingkan. Hehehe... 
Setelah berpanjang lebar, kesimpulannya, bagi saya yang menggunakannya di dalam ruangan, alat ini sudah cukup. Dan dengan harga tak sampe 50 RIBU speaker saya bisa disulap menjadi speaker bluetooth. Saya bisa berganti perangkat dengan speaker yang sama tanpa perlu mencopot-colok kabel audio. Praktis. SEKIAN. :D

Link Pembelian via Toped: Music Bluetooth Receiver
Sulap Speakermu Menjadi Speaker Bluetooth!! Sulap Speakermu Menjadi Speaker Bluetooth!! Reviewed by Imajiner Amatir on Oktober 31, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.