Cara Membuat Earphone Bluetooth dengan 4Connect MF Audio Receiver

Dulu saya pernah mengulas tentang perangkat yang bisa mengubah speaker kabel menjadi speaker bluetooth. Kali ini saya akan mengulas perangkat sejenis tetapi dengan beberapa kelebihan dibandingkan perangkat yang dulu. Yang dulu namanya Bluetooth Music Receiver. Yang akan saya bahas sekarang adalah bluetooth music receiver bernama 4Connect MF Audio Receiver.

4Connect MF Audio Receiver, Bisa Jadi Shutter Camera Smartphone Juga.
4Connect MF Audio Receiver

Apa saja kelebihannya? Baiklah, saya akan mengupasnya secara lengkap disini.

Spesifikasi Produk 

Berikut ini adalah spesifikasi perangkat 4Connect MF Audio Receiver: 
  • Bluetooth version: 4.2 + EDR 
  • Receiving distance: 5 + - meters 
  • Talking time: 4 hours 
  • Continuous music playback time: about 4 hours 
  • Charging time: about 50 minutes 
  • Microphone sensivity: + - 42db 
  • Output power: 30 mW 
  • Frequency range: 20 Hz - 20 KHz 
  • Device paired: bisa dipasangkan (paired) ke dua perangkat sekaligus. 

Isi dalam kemasan: 
1 x 4Connect MF Audio Receiver 
1 x Charging Cable 
1 x Jack Audio Male-male 
1 x Buku Manual 

Deskripsi Produk 

4Connect MF Audio Receiver ini memiliki 3 tombol navigasi yang multi fungsi sebuah 3,5 mm audio port dan sebuah micro usb port. Untuk mengetahui fungsi bagian perbagian, terlebih dahulu perhatikan gambar di bawah ini. 

4Connect MF Audio Receiver, Bisa Jadi Shutter Camera Smartphone Juga.
Bagian-bagian unit 4Connect MF Audio Receiver

Port Audio dan Jack Audio Male-male 

Port audio berfungsi untuk dipasangi jack audio milik earphone atau speaker yang menggunakan kabel aux. Sedangkan Jack audio male-male berfungsi untuk menghubungkan 4Connect MF Audio Receiver ke port input speaker.

Port Micro USB 

Port ini berfungsi untuk memasang kabel charger.

Tombol Navigasi 

4Connect MF Audio Receiver memiliki 3 tombol navigasi: 
(1) Tombol power 
Tombol ini berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan perangkat. Tekan tombol ini selama 3 detik untuk menggunakannya sebagai tombol power. Selain itu, tombol power ini juga memiliki fungsi lain, yaitu: 
  • Untuk play/pause music player 
  • Untuk accept/reject panggilan telepon 
(2) Tombol Volume Up 
Tombol ini berfungsi untuk menaikkan volume, yaitu dengan menekannya sekali (short press). Fungsi lain tombol ini adalah: 
  • Untuk berpindah ke lagu berikutnya (next song) dengan menekan tombol ini agak lama (long press). 
  • Untuk menjadi shutter kamera smartphone yang terkoneksi ke perangkat ini, yaitu dengan menekan tombol ini 2 kali. 
(3) Tombol Volume down 
Tombol ini berfungsi untuk menurunkan volume, yaitu dengan cara menekan tombol sekali (short press). Fungsi lain tombol ini adalah: 
  • Untuk berpindah ke lagu sebelumnya (previous song), yaitu dengan menekannya agak lama sekali (long press).

Lampu Indikator 

4Connect MF Audio Receiver memiliki lampu indikator yang nyalanya berwarna merah, biru dan hijau. Lampu indikator ini berfungsi mengindikasikan beberapa hal: 
  • Lampu indikator merah menyala, perangkat sedang di-charge. 
  • Lampu berkedip, bergantian kadang bersamaan warna biru dan hijau: perangkat hidup dan menunggu undangan pairing dari perangkat lain. 
  • Lampu biru berkedip dengan jarak kedipan yang agak lama: perangkat telah terkoneksi (paired) dengan perangkat lain.

Cara Mengkoneksikan 4Connect MF Audio Receiver ke Perangkat Lain 

Pada tulisan ini saya akan menggunakan smartphone sebagai contohnya. 
  1. Hidupkan perangkat 4Connect MF Audio Receiver. Lampu indikator berkedip biru dan hijau. 
  2. Aktifkan bluetooth smartphone. 
  3. Lakukan pemindaian perangkat lain. 
  4. Pilih perangkat bernama 4Connect MF Audio Receiver. Pair. 
  5. Perangkat terhubung, lampu indikator pada perangkat 4Connect MF Audio Receiver akan berkedip biru dengan intesitas jarang. 
  6. Fungsi shutter camera sudah bisa dicoba. 
  7. Pasangkan earphone ke port audio, jika ingin menggunakan earphone via bluetooth. 
  8. Pasangkan jack audio male-male ke port audio, jika ingin menggunakan 4Connect MF Audio Receiver pada speaker aktif atau speaker di mobil. 
  9. Selamat menikmati.

Pemakaian Perangkat 4Connect MF Audio Receiver 

Saya telah beberapa hari memakai perangkat ini untuk mendengarkan musik atau menonton video. Perangkat ini saya gunakan untuk mengubah earphone kabel menjadi earphone bluetooth. Lalu saya pair-kan ke smartphone atau laptop. Sebagaimana dituliskan pada bagian spesifikasi, pengisian daya perangkat ini membutuhkan waktu sekitar setengah jam-an. Kemudian, untuk pemakaian, saya belum mencobanya non-stop dari baterai full sampai habis. Tetapi, sudah tiga harian ini saya memakainya. Ya seperti layaknya memakai earphone bluetooth. Dan daya baterainya belum menandakan akan habis. Nanti akan saya update, jika sudah saya coba untuk pemakaian non-stop.

Selain daya tahan baterai, selama proses pemakaian saya juga mencoba memasangkan (pairing) 2 device ke perangkat 4Connect MF Audio Receiver. Saya menggunakan 2 smartphone untuk mencobanya. Hasilnya, salah satu smartphone akan kalah. Meskipun statusnya connected, tetapi smartphone yang pertama dipasangkan dengan 4Connect MF Audio Receiver tidak akan bisa menggunakan fungsi 4Connect MF Audio Receiver, tertumpuk oleh smartphone kedua. 

Sedangkan untuk radius koneksi bluetooth, sesuai denga spesifikasi, berada pada radius -+5 meter. Saya mencoba mendengarkan musik di laptop dengan earphone yang dihubungkan via bluetooth oleh 4Connect MF Audio Receiver, lalu berjalan menjauhi laptop. Keluar dari ruangan tempat laptop itu berada. Dan pada jarak 5 meteran suara musik di earphone mulai putus-putus, dan akhirnya hilang sama sekali. 

Selanjutnya, untuk pemakaian perangkat 4Connect MF Audio Receiver untuk telepon dan shutter camera. Saya sudah mencoba membuat fungsi calling, berfungsi. Untuk shutter camera, saya mencobanya di dua smartphone. Di smartphone pertama, hanya berfungsi pada mode kamera. Di smartphone kedua, berfungsi pada mode kamera dan video.

Update  

Indikator baterai

Setelah saya berganti smartphone Xiaomi Mi a2, perangkat 4Connect MF Audio Receiver ini menjadi salah satu solusi saat saya hendak menggunakan headphone. Saya lebih suka menggunakan 4Connect MF Audio Receiver daripada converter port audio bawaan smartphone. Ternyata, indikator baterai perangkat 4Connect MF Audio Receiver muncul di smartphone ini, tepatnya di bagian daftar perangkat wireless yang konek via bluetooth. Indikator baterai berkurang 10% setelah sekitar 1 jam penggunaan. Ya hemat lah, jika memakainya tidak nonstop, bisa tahan berhari-hari.

4Connect_Audio_Receiver_indikator baterai

bluetooth Mic

Selain mengenai baterai, ternyata mikrofon yang dimiliki 4Connect MF Audio Receiver ini juga berfungsi. Hanya saja, kita harus menggunakan aplikasi pihak ke-3 untuk dapat mengaktifkannya. Misalnya memakai aplikasi kamera Cinema fv-5. Dengan kata lain, 4Connect MF Audio Receiver adalah sebuah bluetooth mic yang harganya sangat terjangkau.

Cara Membuat Earphone Bluetooth dengan 4Connect MF Audio Receiver
4Connect MF Audio Receiver -- bluetooth mic

Kesimpulan 

Setelah menggunakan perangkat 4Connect MF Audio Receiver selama beberapa hari, saya menyimpulkan kelebihan dan kekurangan perangkat ini menurut pendapat pribadi sebagai pengguna.

Kelebihan: 

  • Memiliki sumber daya sendiri. 
  • Dilengkapi dengan jack aux male-male, sehingga kita bisa menggunakannya dengan fleksibel. 
  • Memiliki controller berupa 3 tombol multi fungsi, sehingga pengguna bisa mengontrol music player dari alat ini langsung. 
  • Bisa untuk menerima dan menolak panggilan telepon. 
  • Memiliki jepitan pada punggung alat 
  • Bentuknya kompak dan bobotnya ringan sehingga mudah dijepitkan dibaju.
  • Memiliki fungsi microphone yang bisa dipakai via bluetooth

Kekurangan: 

  • Tidak ada indikator baterai. 
  • Baterainya non-removable, jika sudah aus tidak bisa diganti. 
Untuk harga bagaimana? Masih dibawah 100 ribu. Harganya jauh di bawah produk sejenis keluaran xiaomi. Tapi saya belum pernah menjajal audio receiver-nya xiaomi.

Demikian ulasan saya mengenai perangkat 4Connect MF Audio Receiver. Apabila ada tanggapan, silahkan tuliskan tanggapan tersebut di kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.

Baca juga:
Sekarang Giliran Earphone-mu. Sulap Jadi Bluetooth Earphone.
Cara Membuat Earphone Bluetooth dengan 4Connect MF Audio Receiver Cara Membuat Earphone Bluetooth dengan 4Connect MF Audio Receiver Reviewed by Unknown on Februari 13, 2018 Rating: 5

6 komentar:

  1. Punya saya kok berkedip 3x biru dan 1x merah ya?
    Terjadi setelah dipake lalu batre mau abis, di hp ada indikator batre tinggal dikit.. lalu langsung cari charger lalu dicolok dech..

    Eh gatau keburu batrenya abis duluan apa gmn, soalnya sesaat sblm dicolok, kedipnya begitu, dan ga mau konek dan ga keluar suara..

    Diapain ya? 🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicolok charger nyala ga gan lampu indikatornya? Kalo nyala, coba dihidupkan sambil di charge. Mencet tombol powerya kudu agak lama.

      Hapus
  2. Untuk digunakan sebagai shutter kamera gimana cara nya Gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk shutter kamera smartphoneyang paired ke 4connect gan, buka aplikasi kamera, pencet saja tombol yang ada icon kameranya

      Hapus
  3. Kalo mau batrenya awet ada solusinya engga gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya ini sudah awet gan sebagai pengguna yang kadang-kadang saja pake headsetnya.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.