Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sekarang Giliran Earphone-mu. Sulap Jadi Bluetooth Earphone.

Setelah berbagi pengalaman tentang menyulap speaker kabel menjadi speaker bluetooth, kini saya ingin berbagi cara untuk menyulap earphone-mu menjadi bluetooth earphone.
Earphone atau headphone atau headset?
Ketiga-tiganya bisa. Hanya saja, dengan cara yang akan saya paparkan berikut ini, untuk headset mikrofonnya tidak akan berfungsi. Karena komponen yang saya gunakan hanya receiver saja, bukan transmitter. Jadi hanya bisa menerima transmisi saja tapi tak bisa mengirimkan transmisi.
Pada artikel ini saya akan berbagi cara membuat bluetooth earphone yang sederhana. Dan, pada dasarnya hampir sama dengan cara mengubah speaker kabel menjadi speaker bluetooth, yaitu dengan bantuan Bluetooth Music Receiver. Hanya saja, sebagaimana pemahaman secara umum, yang namanya bluetooth earphone itu adalah perangkat portable, alias bisa dibawa-bawa. Jadi yang berbeda di sini adalah sumber daya untuk Bluetooth Music Receivernya, yang bukan berupa adaptor.
Baik, langsung saja, saya akan memaparkan cara membuat blutooth earphone.
Bahan
  1. Earphone/headphone/headset (pada artikel ini saya akan menggunakan earphone)
  2. Power Bank (disarankan power bank yang kompak/kecil sehingga mudah dibawa-bawa)
  3. Bluetooth Music Receiver

Langkah

  1. Siapkan semua bahan yang diperlukan. 
    Bahan yang dibutuhkan
  2. Lalu, ambil earphone dan Bluetooth Music Receiver.
  3. Colokkan Jack Audio 3.5 mm ke lubang audio pada pangkal Bluetooth Music Receiver.
    Jack audio dicolok ke Bluetooth Music Receiver
  4. Kemudian, colokkan ujung Bluetooth Music Converter ke slot USB pada power Bank (seperti charging HP)
    Bluetooth Music Receiver dicolok ke Power Bank
  5. Maka lampu indikator akan menyala. Dan jika earphone sudah dipasangkan ke telinga, maka akan terdengar bunyi khas Bluetooth Music Receiver yang siap dipakai.
    Bluetooth Music Receiver Siap Dipasangkan ke earphone
  6. Supaya aman ketika dimasukkan ke saku, maka kita beri penampang pada satu sisi yang menyatukan power bank dan bluetooth music receiver.
    Penampang
  7. Langkah berikutnya sama seperti yang telah dipaparkan pada artikel mengenai bluetooth Music Receiver tentang memasangkan bluetooth Music Receiver dengan perangkat lain, dalam konteks ini adalah earphone. (Gambar ilustrasi tidak menggunakan smartphone, karena smartphone-nya dipake buat ambil gambar ini. hehehe...)
    Bluetooth Erphone telah terpasang dengan handphone
  8. Terakhir, bluetooth earphone siap dipakai.

Hal yang perlu diperhatikan adalah

  1. Ukuran badan power bank (seperti yang telah disebutkan di atas) Sebisa mungkin gunakan power bank dengan ukuran badan yang kecil sehingga mudah mengemasnya bersama perangkat Bluetooth Music Receiver. Kemasan power bank dan Bluetooth Music Receiver.
  2. Bluetoot earphone baterenya sudah embeded di dalam body perangkat. Jadi mudah untuk dipakai. Berhubung ini adalah bluetooth earphone jadi-jadian, supaya mendekati perangkat yang sebenarnya maka kita mengusahakan agar power bank dan Bluetooth Music Receiver enak disimpannya. Bisa dengan menselotip keduanya sedemikian rupa tetapi tidak menutupi lubang jack audio dan slot mikro USB.

Nah, demikian cara membuat earphone menjadi bluetooth earphone. Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Sekarang Giliran Earphone-mu. Sulap Jadi Bluetooth Earphone."