Bermain Game Android di Laptop dengan Joystick

JoyToKey kepanjangannya adalah Joystick to Keyboard. JoyToKey sebuah aplikasi komputer yang berfungsi untuk mengubah joystick menjadi keyboard/mouse. Game yang tadinya hanya bisa dikontrol dengan keyboard dan mouse saja, dengan bantuan JoyToKey bisa dikontrol dengan joystick. Kapanpun kita memencet tombol joystick, JoyToKey akan membuatnya terbaca sebagai keyboard atau mouse. Tergantung pemetaannya. Misalnya game-game android yang dimainkan dengan aplikasi bluestacks. Karena Bluestacks tidak mendukung fungsi joystick, maka kita hanya bisa menggunakan keyboard dan mouse saja. Nah, dengan menggunakan JoyToKey ini, kita bisa menggunakan joystick.


Menggunakan JoyToKey untuk Bermain Shadow Fight 3 di Laptop

Sebelum memulai penerapan aplikasi JoyToKey pada game, kita siapkan konfigurasi aplikasi JoyToKey-nya terlebih dahulu. Aplikasi ini adalah aplikasi portable.

Pertama, buka aplikasi JoyToKey. Jika kamu belum punya, kamu bisa menngunduh di web resminya: https://joytokey.net/en/. Setelah itu, kamu akan melihat tampilan di bawah ini.

JoyToKey
JoyToKey

Keterangan: 
  1. Profile 1 (Kamu bisa membuat profil lain untuk game yang berbeda)
  2. Joystick 1, 2, dst. (Jumlah joystick yang bisa digunakan, bisa diatur di tab Options)
  3. Options (di tab ini kamu bisa mengetahui jumlah joystick yang terdeteksi oleh JoyToStick, mengatur jumlah joystick, dll.)
  4. Button (Tombol-tombol yang merepresentasikan tombol joystick)
  5. Function (Tombol keyboard yang akan berfungsi ketika suatu tombol joystick dipencet)

Berikut saya berikan deskripsi tombol-tombol yang ada pada JoyToKey pada joystick.

JoyToKey dan Joystick
Buttons JoyToKey pada Joystick
Baik, setelah mengenali aplikasi JoyToKey, sekarang kita mulai untuk mencoba menggunakan aplikasi ini untuk mengfungsikan joystick pada game yang dimainkan dengan emulator android Bluestacks 3 di laptop. Karena JoyToKey itu terbaca sebagai keyboard oleh game yang kita mainkan, kita akan terlebih dahulu mengatur konfigurasi kontrol game dengan keyboard. Sebagai contoh, saya akan menggunakan game Shadow Fight 3 yang dimainkan di laptop dengan emulator android Bluestacks 3.

Key Mapping Game Shadow Fight 3

Kita buka dulu game Shadow Fight 3-nya untuk mengetahui detail game control dan pemetaan tombol keyboard yang digunakan. Caranya:
  • Buka aplikasi Bluestacks 3.
  • Buka game Shadow Fight 3. Masuk ke dalam mode Training supaya tombol-tombol yang ada dalam game terlihat semua. Pada Shadow Fight 3 ada 4 tombol arah, dan 3 tombol serangan.
  • Lalu buka pengaturan keyboard, dalam Bluestacks 3 namanya Keyboards Control UI. Nah, di bagian ini akan terlihat pemetaan tombol keyboard. Untuk Bluestacks 3 pemetaan tombol keyboards sudah bawaan dari developer-nya. Seperti yang tertera dalam gambar, masing-masing tombol sudah dipetakan ke tombol keyboard.
  • Catat tombol-tombol keyboard tersebut dan fungsinya.
Shadow Fight 3 di Bluestack 3
Shadow Fight 3 Key Mapping
Baca juga:
Cara Menggunakan Action Camera sebagai Webcam Laptop

Cara Menggunakan JoyToKey pada Game Shadow Fight 3

Berikut langkah-langkah untuk menggunakan JoyToKey pada game Shadow Fight 3.

1. Hubungkan joystick ke laptop.

2. Buka aplikasi JoyToKey.

3. Lalu klik tab Options, untuk mengecek apakah joystick-mu telah terdeteksi oleh aplikasi JoyToKey.

4. Setelah terdeteksi, silahkan dites. Pencet salah satu tombol joystick-mu. Maka Button yang merepresentasikan tombol tersebut di aplikasi JoyToKey akan menyala kuning.

5.  Nah, jika sudah, sekarang kita coba mengfungsikan satu tombol dulu. Misal tombol arah "kiri". Klik dua kali tombol arah "kiri" atau "Stick1 (simbol panah arah kiri)" pada aplikasi JoyToKey. Akan muncul kotak seperti gambar berikut.

Bermain Game Android di Komputer dengan Joystick
Mapping

6. Ketikkan huruf yang berfungsi sebagai arah "kiri" di game tadi. Pada game Shadow Fight 3, arah "kiri" diwakili oleh huruf A. Maka saya isikkan huruf A.

7. Selanjutnya lakukan hal serupa untuk tombol-tombol yang lainnya.

Bermain Game Android di Laptop dengan Joystick
JoyToKey Siap untuk Shadow Fight 3
8. Silahkan coba mainkan game-nya.

NB: Pada saat memainkan game, aplikasi JoyToKey harus tetap terbuka. Jika aplikasi ini tertutup, maka joystick tidak akan befungsi.

Penggunaan aplikasi JoyToKey di atas adalah penggunaan secara sederhana. Untuk penggunaan yang lebih rumit, silahkan mengeksplorasi sendiri. Atau cek langsung ke website resminya.

Demikian ulasan saya mengenai aplikasi JoyToKey. Jika kamu sudah mencoba atau ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tuliskan dikolom komentar. Sekian. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga: 
Bluestacks 3, Emulator Android untuk Para Gamers



Bermain Game Android di Laptop dengan Joystick Bermain Game Android di Laptop dengan Joystick Reviewed by Imajiner Amatir on Mei 15, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.