Update terbaru Oppo Reno 3, sekarang Ada Fitur RAM Expansion (Tambah RAM)

Oppo reno 3 adalah smartphone lini Reno series yang rilis di Indonesia sekitar bulan Maret tahun 2020 lalu. Semenjak rilis hingga saat ini,smartphone ini sudah mendapatkan beberapa kali update. Bahkan smartphone ini juga menjadi salah satu yang mendpatkan update untuk upgrade ke ColorOS 11 pada Oktober tahun lalu. Jadi, meski telah rilis seri Reno berikutnya, bahkan Oppo Reno 6 pun sudah rilis, Oppo Reno 3 ini masih memperoleh update yang di dalamnya disematkan fitur-fitur terkini yang dimiliki oleh seri Reno setelahnya.

Saya sendiri sudah setahunan menggunakan Oppo Reno 3. Smartphone ini saya gunakan untuk productivity. Mulai dari merekam footages foto, edit foto dan video untuk Instagram blog imajineramatir.com ini, sampai untuk merekam video untuk konten channel YouTube yang sedang saya rintis, yaitu Nyicip Gadget.

Sebenarnya adanya update yang masih diberikan untuk Opp Reno 3 tidak begitu membuat saya begitu antusias. Terakhir yang membuat saya antusias itu pas update ke colorOS 11. Nah, setelah mengetahui kabar bahwa Oppo Reno 3 ini termasuk device yang memperoleh update ColorOS 11, saya seringkali mengecek apakah update sudah available apa belum.



Setelah update ini, telah ada beberapa kali update yang termasuk major, file-nya besar. Tapi ya biasa saja. Nah, tapi berbeda dengan update yang baru saja didapatkan oleh Oppo Reno 3 ini. baru tadi scroll google feeds, nemu informasi bahwa Oppo Reno 3 akan mendapatkan update yang didalamnya disematkan fitur RAM expansion. Apa tiu RAM expansion? Bagaimana cara mengaktifkannya? Silahkan simak penjelasan berikut ini untuk memperoleh jawabannya.


Pengertian RAM Expansion


RAM Expansion merupakan sebuah fitur menambah besaran RAM pada sebuah smartphone. Lho, memang RAM smartphone bisa ditambah? Nah, untuk RAM Expansion yang dimaksud disini bukanlah menambah RAM secara hardware. Jadi, RAM Expansion itu penambahan RAM dengan cara mengalokasikan sebagian kapasitas internal smartphone atau ROM untuk dijadikan RAM tambahan. Besarnya RAM tambahan ini sudah ditentukan oleh pihak pengembang smartphone. Biasanya ada 3 opsi penambahan. Misalnya, untuk Oppo Reno 3 ini ada opsi 2GB, 3GB, dan 5GB.

Fitur ini sebenarnya bukan hal baru lagi di dunia smartphone. Apalagi bagi pengguna smartphone di era Samsung Galaxy Young. Dimana pada saat itu besaran spesifikasi RAM belum seperti saat ini. Dulu kita bisa menambahkan atau melakukan RAM Expansion dengan menggunakan kartu micro SD setelah smartphone diroot.

Nah, di tahun 2021 ini fitur RAM Expansion kembali naik daun. Kali ini fitur ini disematkan sebagai fitur bawaan, jadi kita tidak memerlukan granting permission melalui root.

Cara Mengaktifkan RAM Expansion di Oppo Reno 3


Lalu bagaimana cara untuk mengaktifkan RAM Expansion ini?

Untuk Oppo Reno 3, fitur RAM Expansion ini tersedia bagi device yang telah diupdate ke versi update CPH2043_11_C.19. Saya tidaktahu update ini rilis sejak kapan, yang jelas saya melakukan update tanggal 21 Juli 2021. Ukuran file update-nya sekitar 600 MB.

versi update CPH2043_11_C.19


Setelah update dan instalasinya selesai, fitur RAM Expansion ini otomatis aktif. Kita bisa mengeceknya di bagian About Phone. Di halaman About Phone ini, bagian spesifikasi RAM akan ada tambahan RAM 3 GB berwarna hijau menyala.

About Phone OppoReno 3


Untuk bisa melihat berapa saja opsi RAM Expansion-nya, tap saja spesifikasi RAM tersebut. Nanti akan muncul halaman pengaturan RAM Expansion. Untuk Oppo Reno 3, ada tiga opsi: 2G, 3GB, dan 5GB. Dan yang default aktif setelah update adalah yang 3 GB. Kita bisa mengubah opsi RAM Expansion-nya ke 2 GB atau ke 5 GB dengan menggeser slider ke kiri atau kanan. Dan untuk mendapatkan efek dari RAM Expansion ini kita harus merestart smartphone-nya.

RAM Expansion Oppo Reno 3


Lalu bagaimana rasanya? Apakah adaperbedaan signifikan yang terasa? Saya sendiri belum mencoba menggunakan smartphone ini sampai RAM-nya mentok. Yang sering saya alami paling smartphone-nya overheat karena penggunaan kamera untuk merekam video. Jadi saya belum bisa berbicara banyak untuk ini.


Oke, demikian sedikit informasi yang bisa saya bagikan tentang fitur RAM Expansion pada Oppo Reno 3. Jika kalian memiliki informasi tambahan boleh share di kolom komentar. Kemudian jika ada tanggapan, koreksi, maupun apresiasi, juga silahkan dituliskan di kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung ke blog imajineramatir.com.
Update terbaru Oppo Reno 3, sekarang Ada Fitur RAM Expansion (Tambah RAM) Update terbaru Oppo Reno 3, sekarang Ada Fitur RAM Expansion (Tambah RAM) Reviewed by Imajiner Amatir on Juli 22, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.