Membuat Meja Kerja yang (hampir) Wireless, serba Bluetooth

Semakin hari, teknologi canggih bisa dinikmati oleh siapa saja. Salah satunya adalah teknologi wireless. Wireless atau tanpa kabel. Bagi pengguna PC, wireless mungkin hanya berarti meja computer bersih dari kabel yang berseliweran. Namun, bagi pengguna laptop, wireless berarti lebih dari itu. Kita tidak perlu pasang cabut colokan mouse dari port usb. Bagi pengguna laptop dan smartphone tak perlu pasang cabut colokan headset maupun speaker. Tak beresiko mengalami arus pendek di port audio. Kemudian untuk mentransfer data dari laptop ke smartphone atau sebaliknya tak perlu lagi menggunakan kabel data atau card reader. 

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips untuk mewujudkan meja kerja yang bebas dari keribetan di atas.

Membuat Meja Kerja yang (hampir) Wireless, serba Bluetooth

Perangkat yang terlibat 


Di keseharian, saya menggunakan laptop dan smartphone. Sedangkan aksesoris pendukungnya adalah mouse, speaker, dan headphone. Karena koneksi wireless yang akan dipakai adalah koneksi wireless, tentunya semua perangkat di atas harus memiliki fitur bluetooth. Untuk smartphone, sudah jelas punya. Mouse yang saya pakai pun adalah wireless mouse yang dilengkapi dongle.

Nah, perangkat sisanya lah yang tak memiliki fitur bluetooth. Laptop yang saya pakai adalah Asus X555La ex-Japan yang seri I5, tak memiliki fitur bluetooth. Untuk speaker, saya masih speaker kabel, yaitu Simbadda seri N jadul. Begitu juga untuk headphone, headphone-nya adalah wired JBL C300si. 

Nah, untuk mewujudkan meja kerja yang (hampir) wireless, solusi praktisnya adalah dengan mengganti speaker dan headphone-nya, diganti dengan yang berteknologi wireless (bluetooth). Praktis bikin kantong saya melompong. :D 

Untuk menyiasati masalah dana, tentunya saya harus menggunakan alat-alat yang bisa membuat perangkat yang saya miliki menjadi perangkat wireless. Untuk mouse beres, sudah wireless dari sananya.

Bluetooth Adapter untuk Komputer dan Laptop

Ada seri laptop yang telah memiliki built-in bluetooth. Namun, bagi laptop yang tidak memiliki bluetooth dan komputer, kita bisa menggunakan bluetooth converter untuk laptop dan komputer yang bisa berjalan di sistem operasi Windows.

Untuk bluetooth converter, varian harganya beragam. Jika laptop atau komputer masih berjalanan di sistem operasi Windows 8 ke bawah, harga bluetooth converter-nya tak sampai 20 ribu (beli online). Sedangkan untuk laptop atau komputer yang berjalan di sistem operasi Windows 10, harga bluetooth converternya lebih mahal, tergantung merk. Ada di kisaran harga 50 ribuan.

Membuat Meja Kerja yang (hampir) Wireless, serba Bluetooth
Bluetooth Adapter yang compatible dengan Windows 10
Membuat Meja Kerja yang (hampir) Wireless, serba Bluetooth
Bluetooth Adapter Plug and Play

Mengubah speaker kabel menjadi wireless speaker 


Langkah pertama adalah mengubah speaker kabel menjadi wireless. Untuk mewujudkannya, saya memakai Bluetooth Music Receiver. Dengan menggunakan alat ini, speaker akan memiliki kemampuan menerima transmisi suara via koneksi Bluetooth. Bentuk alatnya mirip flashdisk, tetapi memiliki port audio di bagian belakang body. 

Ada beragam merk Bluetooth music receiver, tetapi berdasarkan sumber dayanya, Bluetooth music receiver dibagi menjadi 2: berbaterai dan tidak berbaterai. 

Saya memililih Bluetooth music receiver yang tak berbaterai. Alasannya adalah karena alat ini akan terpasang terus menerus ke speaker dan sumber daya bisa mengambil langsung dari speaker. Oh iya, speaker yang saya pakai memiliki port USB, sehingga Bluetooth music receiver saya tancapkan ke port tersebut. 

Membuat Meja Kerja yang (hampir) Wireless, serba Bluetooth
Bluetooth Music Receiver

Membuat Meja Kerja yang (hampir) Wireless, serba Bluetooth
Bluetooth Music Receiver terpasang di speaker kabel Simbadda



Setelah speakernya menjadi wireless, setting meja kerja pun lebih fleksibel. Speaker saya taruh di bagian lain, tidak di bagian meja kerja. 

Oh iya, harga Bluetooth Music Receiver yang saya pakai adalah yang harganya murmer. Di toko online, harganya kisaran 15 – 25 ribuan. 

Mengubah headphone kabel menjadi wireless headphone 


Selanjutnya adalah mengubah wired headphone menjadi wireless. Untuk mewujudkannya, saya tidak memakai alat yang sama dengan yang saya gunakan pada speaker. Alat yang saya pakai memiliki fungsi sama, tetapi bentuknya berbeda. Berbentuk seperti bagian headset yang memiliki mikrofon, power, dan volume control berbentuk tabung kecil. 

Audio receiver jenis ini kini beragam merk dan harganya. Dari yang bermerk Sony dengan harga jutaan, atau milik Xiaomi di angka ratusan ribu, sampai yang murmer under 100k bahkan ada yang under 50k. Kalo yang saya pakai itu bermerk 4connect. Harganya 60 ribuan. 

Membuat Meja Kerja yang (hampir) Wireless, serba Bluetooth
Bluetooth Audio Receiver

Membuat Meja Kerja yang (hampir) Wireless, serba Bluetooth
Bluetooth Audio Receive + Headphone JBL



Menginstal Aplikasi Shareit for PC 


Kemudian, untuk melakukan transfer data dari laptop ke smartphone atau sebaliknya saya melakukannya dengan 2 cara. Kalo file-nya berukuran kecil, saya memakai WhatsApp web. Kalo file-nya besar, saya memakai aplikasi Shareit for PC. Dengan begitu, transfer file tak perlu memakai kabel data lagi. 

Membuat Meja Kerja yang (hampir) Wireless, serba Bluetooth
Halaman Download Shareit for PC



Dengan speaker dan headphone yang wireless, saya bisa dengan mudah bergonta ganti dari speaker ke headphone atau sebaliknya dengan mudah tanpa perlu pasang cabut colokan. 

Nah, demikian sedikit tips untuk membuat meja kerja menjadi (hampir) wireless. Hampir, karena untuk urusan charging, saya masih setia menggunakan kabel. ^_^ Semoga tulisan ini bermanfaat. Jika ada, silahkan tuliskan tanggapan atau pertanyaan di kolom komentar. Terima kasih. 

Membuat Meja Kerja yang (hampir) Wireless, serba Bluetooth Membuat Meja Kerja yang (hampir) Wireless, serba Bluetooth Reviewed by Imajiner Amatir on Maret 26, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.