Review Xiaomi Mi A2 OREO Sebelum Update ke PIE

Xiaomi Mi A2 adalah smartphone xiaomi seri Mi ke 2, setelah Xiaomi Mi A1. Sama seperti Xiaomi Mi A1, smartphone ini juga termasuk dalam program Android One. Dimana smartphone yang masuk dalam program Android One dijamin akan memperoleh update security patch secara rutin dan dua kali update Sistem Operasi. Pada saat rilis, smartphone ini menggunakan Sistem Operasi Android Oreo. Berarti smartphone ini akan dijamin update Sistem Operasinya sampai Android Q.

Review Xiaomi Mi A2 OREO Sebelum Update ke PIE


Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan pengalaman saya selama memakai smartphone Xiaomi Mi A2 ini. Tulisan ini bisa dikatakan sebagai review singkat Xiaomi Mi A2. Meski pada judul tulisan saya memberi embel-embel OREO dan PIE, informasi yang saya sajikan tidak akan membahas kedua Sistem Operasi tersebut. Mungkin pembahasan mengenai kedua Sistem Operasi tersebut akan saya tuliskan di lain kesempatan setelah saya mengupdate smartphone ini ke Sistem Operasi Android P (PIE). Tulisan yang singkat ini menyajikan spesifikasi singkat Xiaomi Mi A2 dan review yang singkat juga mengenai Xiaomi Mi A2 sebelum update PIE rilis di Indonesia. 

Spesifikasi 

Review Xiaomi Mi A2 OREO Sebelum Update ke PIE
Spec Xiaomi Mi A2

Berikut ini adalah spesifikasi singkat Xiaomi Mi A2. 

Nama
Jenis kartu SIM
Jaringan
Layar
Processor
RAM/Internal Storage
Slot Micro SD
Sistem Operasi
Kapasitas Baterai
Sensor Finger Print
Sensor Infra Merah
Kamera  Belakang
Kamera Depan    
Port audio 3,5 mm
Port USB
Material
: Xiaomi Mi A2
: Slot 1 Nano SIM, Slot 2 Nano SIM
: Dual SIM 4G
: 5, 99 FHD+ rasio 18:9
: Qualcomm Snapdragon 660 AIE
: 3/32, 4/64, 6/18
:  -
:  Oreo 8.1
: 3010 mAh Non-removeable
: Ya
: Ya
: 12MP, SONY IMX486 + 20MP, SONY IMX376
: 20MP, SONY IMX376
: -
: USB Type C
: Full metal unibody

Spesifikasi lengkapnya bisa dibaca di tautan ini https://www.mi.com/global/mi-a2/specs/ 

Isi Box 


Xiaomi Mi A2 yang saya pakai adalah yang versi global. Selain garansi, yang membedakan versi resmi dan global adalah adanya earphone dalam paket penjualan unit versi resmi. Berikut ini adalah isi box dari paket penjualan Xiaomi Mi A2 versi global: 

1 x unit smartphone 
1 x adapter 
1 x kabel charger 
1 x dongle audio port to USB Type C 
1 x sim tray ejector 
1 x softcase 
1 x buku manual 
1 x kartu garansi 

Review Xiaomi Mi A2 OREO Sebelum Update ke PIE
Isi Box Xiaomi Mi A2 versi Global

Pengalaman Pemakaian Xiaomi Mi A2 


Pada bagian ini, saya akan menuliskan pengalaman saya selama dua bulanan memakai Xiaomi Mi A2 sebagai daily driver. Untuk aspek desain, ukuran dan kualitas layar, dan ketiadaan port audio tidak akan saya bahas tersendiri. Bagi saya aspek-aspek tersebut oke, sudah masuk dalam antisipasi saya saat memilih smartphone ini. Misalnya port audio yang absen pada Xiaomi Mi A2. Bagi saya tidak masalah, karena saya sudah beberapa waktu memakai bluetooth music converter untuk speaker dan headset. Saya juga telah mengulas device tersebut sebelumnya.

Baca juga: Menyulap Speaker kabel Menjadi Speaker Bluetooth (untuk speaker)
                  Membuat Earphone Bluetooth dengan 4Connect MF Audio Receiver (untuk earphone)

Aspek yang akan disajikan disini antara lain mengenai performa smartphone secara keseluruhan, pengisian daya dan performa baterai, dan terakhir adalah kamera, hasil foto, dan video.

Performa Xiaomi Mi A2 

Xiaomi Mi A2 menggunakan processor Snapdragon 660. Dan varian yang saya pakai adalah ram 4 GB dan internal storage 64 GB. Dengan spesifikasi tersebut, bagi saya performa smartphone ini memuaskan.  Dengan Ram 4 GB, kinerja Xiaomi Mi A2 bagi saya sudah cukup. Meski tidak saya pakai untuk bermain game, dalam pemakaian sehari-hari pun saya tidak sebatas memakai Xiaomi Mi A2 ini untuk bersosial media dan mengambil foto saja. Saya juga memakainya untuk mengambil video, editing foto, editing video, dan tentunya rendering video.

Mungkin bagian internal storage yang harus rajin-rajin dipilah isinya. Bukan karena besarnya ukuran aplikasi, tetapi karena file foto dan video yang seringkali saya ambil dengan kamera smartphone ini yang menyesakkan memori internal. Berhubung tidak ada slot memory eksternal, jadi internal storage 64 GB smartphone ini harus rajin dipilah isinya.

Sistem Operasi Orea Android One 

Sistem Operasi smartphone yang ikut dalam program Android One mmemiliki system operasi yang pure android. Jadi aplikasi bawaan smartphone-nya sangat mendasar. Sebelumnya saya telah mencicipi pure android Nougat nya Moto G5s Plus. Jadi ya tidak begitu kaget dengan minimnya aplikasi dan fitur tambahan yang tersemat pada smartphone yang system operasinya tidak pure android. 

Secara keseluruhan, aplikasi dan fitur yang terdapat pada Xiaomi Mi A2 Oreo ini berfungsi dengan baik. Namun, tetap saja ada beberapa hal yang menjadi keluhan. Tidak adanya gesture double tap to wake up screen bagi smartphone yang sensor finger printnya di punggung itu pada beberapa keadaan cukup merepotkan saat smartphone sedang tergeletak. 

Selain gesture, minimnya fungsi sensor fingerprint juga membuat saya kesulitan mematikan layar saat smartphone ini terpasang ke holder yang menutupi tombol power. Misalnya saat Xiaomi Mi A2 ini saya pasang ke X-Cam Sight 2. 

Pengisian Daya dan Performa Baterai 

Xiaomi Mi A2 memiliki baterai dengan kapasitas 3010 mAh. Baterainya adalah baterai tanam. Pada laman resminya, hanya tercantum pengisian daya maksimal dengan input 2V 5A. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya smartphone ini dengan charger bawaan adalah sekitar 2 jam. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya smartphone ini dari 15% hingga 100% adalah 1 jam 38 menit. Pada saat pengisian daya smartphone dalam setelan mode pesawat dan tidak terkoneksi ke internet. 


Pada awal-awal pemakaian, dengan kapasitas baterai 3010 mAh, smartphone ini SOT-ya hanya mentok di 3 jam. Terasa sekali borosnya. Terutama saat smartphone dalam keadaan standby, presentase baterai tetap berkurang dengan tak wajar.

Lalu muncul informasi dari beberapa sumber bahwa ada bug di sector sensor fingerprint. Solusi sementara finger print dimatikan dulu. Dan benar, setelah finger print dimatikan, smartphone ini bisa menyentuh angka 5 jam SOT nya. Jika saya pakai semenjak pagi hari, biasanya saya akan mengisi daya smartphone ini lagi di sore hari. Tentunya data ini berdasarkan preferensi pemakaian saya dimana Xiaomi MiA2 ini saya pakai sebagai daily driver tanpa game.

Selama pemakaian, Xiaomi Mi A2 ini sudah beberapa kali mendapatkan update. Dan permasalahan bug finger print agaknya sudah teratasi. SOT Xiaomi Mi A2 bisa mencapai 4 - 5 jam. Namun jika dipakai juga untuk tethering, SOT nya ada di kisaran 3 jam. Meski jika dibandingkan smartphone lain dengan kapasitas yang sama performa baterai Xiaomi Mi A2 ini kalah unggul, tapi sudah mendingan dibandingkan performa awal-awal saya menggunakan smartphone ini.

Review Xiaomi Mi A2 OREO Sebelum Update ke PIE
SOT Xiaomi Mi A2 pemakaian baterai 100% - 15%
Review Xiaomi Mi A2 OREO Sebelum Update ke PIE
Penggunaan Baterai Xiaomi Mi A2

Kamera 

Sektor kamera merupakan bagian yang dijadikan unggulan bagi smartphone Xiaomi seri Mi. begitu pula dengan Xiaomi Mi A2 ini. Smartphone ini disemati dua kamera belakang dan satu kamera depan yang menggunakan sensor Sony. Untuk desain, kamera Xiaomi Mi A2 tidak berbeda dengan Xiaomi Redmi Note 5 dan Redmi S2. Namun, pada smartphone ini modul kameranya sangat menonjol, sehingga rawan baret. jadi, saya menggunakan case yang ketebalannya cukup untuk melindungi modul kamera belakang.

Review Xiaomi Mi A2 OREO Sebelum Update ke PIE
Kamera Belakang Xiaomi Mi A2

Untuk sektor kamera, saya tidak akan membahas spesifikasinya secara mendalam. Alasan pertama adalah karena saya masih awam tentang istilah-istilah yang tersemat di belakang jenis sensor masing-masing kamera. Selain itu juga, pembahasan mendalam tentunya tidak cukup disajikan dalam beebrapa paragraf saja. Jadi disini saya hanya menyajikan spesifikasi masing-masing kamera beserta contoh foto yang diambil dengan kamera Xiaomi Mi A2 ini. 

Kamera Belakang 

Xiaomi Mi A2 disemati dua buah kamera dengan resolusi yang besar bersensor Sony, yaitu 12MP (SONY IMX486) dan 20MP (SONY IMX376). 

Di bawah ini adalah fitur-fitur yang dimiliki oleh kamera belakang Xiaomi Mi A2 (sumber Mi.com) 
  • AI Dual Camera 
  • Background blurring in portrait mode 
  • Single color temperature flash 
  • Light enhancement technology 
  • HDR imaging technology 
  • Panorama mode 
  • Burst mode 
  • Face recognition 
  • AI Beautify 4.0 
  • Group selfie 

Hasil Foto 

Berikut ini adalah hasil foto dari kamera belakang smartphone Xiaomi Mi A2 dalam beberapa kondisi.

Review Xiaomi Mi A2 OREO Sebelum Update ke PIE
Foto objek dengan jarak yang dekat

Review Xiaomi Mi A2 OREO Sebelum Update ke PIE
Foto objek saat langit mendung

Review Xiaomi Mi A2 OREO Sebelum Update ke PIE
Foto pemandangan saat langit mendung
Review Xiaomi Mi A2 OREO Sebelum Update ke PIE
Xiaomi Mi A2 Foto Dalam Ruangan
Review Xiaomi Mi A2 OREO Sebelum Update ke PIE
Xiaomi Mi A2 Portrait
Xiaomi Mi A2 Foto Malam Hari dengan ISO dan Shutter diatur manual


Kamera Depan 

Meski tidak diembel-embeli smartphone selfie, kamera depan Xiaomi Mi A2 memiliki resolusi dan sensor yang mumpuni untuk selfie, yaitu 20MP, SONY IMX376; 4-in-1 Super Pixel based on pixel binning, 2.0μm pixels; large f/2.2 aperture. Kamera depan smartphone ini ditanami fitur-fitur yang tentunya mengoptimalkan hasil yang diperoleh.

Di bawah ini adalah fitur-fitur yang dimiliki oleh kamera depan Xiaomi Mi A2 (sumber Mi.com) 
  • AI powered portrait mode 
  • AI-powered Beautify 4.0 
  • HDR 
  • 4500K soft-toned selfie light 
  • Selfie timer 
  • Face recognition 
  • Group selfie 
Review Xiaomi Mi A2 OREO Sebelum Update ke PIE
Kamera Depan Xiaomi Mi A2 Mode Auto
Kamera Depan Xiaomi Mi A2 Mode Portrait


Video 

Untuk perekaman video, kamera belakang Xiaomi Mi A2 mampu merekam video maksimal 4K video shooting 3840x2160 30fps. Selain itu, kamera belakang juga memiliki fitur slow motion yang mampu merekam video slow motion 720p 120fps. 

Sample video slowmo Xiaomi Mi A2



Sedangkan untuk kamera depan, kemampuan maksimal perekaman video adalah 1080p video shooting 1920x1080 30fps. 

Demikian review singkat Xiaomi Mi A2 setelah dua bulanan pemakaian. Jika ada tanggapan, saran, maupun pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar. Akhirnya, sampai jumpa di Android Pie. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.
Review Xiaomi Mi A2 OREO Sebelum Update ke PIE Review Xiaomi Mi A2 OREO Sebelum Update ke PIE Reviewed by Imajiner Amatir on November 30, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.