Review Honor Band 3, Smartband Hasil Berburu Flash Sale

Honor Band 3 merupakan salah satu varian produk dari brand Honor. Bulan lalu saya mendapatkan Honor Band 3 pada flash sale Brand Festival Honor di Shopee. Lumayan, dapat harga murah dan dipotong voucher pula. Harga akhir yang saya bayar sebesar 125.000,-. Lalu bagaimana kualitas Honor Band 3 ini, apakah semurah harganya? 

Baik, pada tulisan ini saya akan menceritakan pengalaman saya memakai Honor Band 3. Bagaimana kinerja fitur smartband ini. Seberapa lama daya tahan baterainya. Semua itu akan saya uraikan, tentunya menurut perspektif saya sebagai pengguna ya.

Review Honor Band 3, Smartband Hasil Berburu Flash Sale

Spesifikasi Honor Band 3 

Desain

Honor band 3 memiliki desain yang ergonomis. Nyaman dipakai di pergelangan tangan. Beratnya hanya 18 gram, ringan, tidak membebani tangan pemakainya. Smartband ini bentuknya memanjang, lebarnya sama dengan lebar strapnya. Bentuk layarnya memanjang dengan sudut-sudut yang menyiku. Di bawah layar terdapat Touch-sensitive button yang berfungsi sebagai tombol navigasi. Honor Band 3 memiliki 3 pilihan warna cerah: dyamic orange, classic navy blue, dan carbon black. Unit yang saya pakai memiliki warna carbon black.

Review Honor Band 3, Smartband Hasil Berburu Flash Sale
Honor Band 3
Review Honor Band 3, Smartband Hasil Berburu Flash Sale
Honor Band 3 Tampak Depan
Review Honor Band 3, Smartband Hasil Berburu Flash Sale
Honor Band 3 Tampak Belakang



Isi Box

Pada paket pembelian Honor Band 3 terdapat:
  • 1 unit honor band 3 
  • 1 charging dock 
  • 1 kabel charger 
  • 1 kartu garansi 
  • 1 user manual 


Review Honor Band 3, Smartband Hasil Berburu Flash Sale
Honor Band 3: box dan isinya

Fitur-fitur Honor Band 3 

Honor Band 3 memiliki beberapa fitur yang menawarkan kualitas dan kenyamanan bagi pemakainya. Mengutip dari laman resmi Honor, Honor Band 3 memiliki fitur unggulan sebagai berikut: 

Water Resistance 
Honor band 3 sudah water resistance dan bisa dibawa menyelam sampai kedalaman 50 meter 

Heart Rate Tracking 
Smartband ini bisa memantau heart rate terus menerus, 24 jam penuh.

Battery Durability 
Di laman resminya, Honor Band 3 diklaim memiliki baterai yang bisa bertahan sampai 30 hari penggunaan dalam satu kali pengisian daya. 

Sleep Monitoring 
Kondisi tubuh selama pengguna sedang tidur dimonitor oleh honor band 3. 

Notifications and Alerts 
Saat honor band 3 terhubung (paired) ke smartphone dan sedang dipakai oleh pengguna, smartband ini bisa menerima notifikasi dan peringatan yang diterima oleh aplikasi di smartphone.

Menu Utama Honor Band 3

Honor Band 3 memiliki beberapa menu yang bisa diakses langsung melalu layar smartband tersebut. Berikut ini adalah menu-menu tersebut.
  1. Jam Digital (layar utama): menampilkan jam, tanggal, hari, dan jumlah langkah.
  2. Steps Count: Menyajikan data jumlah langkah, durasi tidur, kalori terbakar, dan jarak tempuh.
  3. Heart Rate Measure: menyajikan data detak jantung.
  4. Outdoor Run: memproses dan menyajikan data olah raga lari di luar ruangan.
  5. Swim: memproses dan menyajikan data olah raga renang.
  6. Indoor Run: memproses dan menyajikan data olah raga lari di gym.
Review Honor Band 3, Smartband Hasil Berburu Flash Sale
Menu Honor Band 3

Selain menu di atas, masih ada fitur-fitur lain yang bisa diakses melalui aplikasi di smartphone yang terkoneksi ke smartband.

Baca juga: Jika Kamu Memakai Whatsapp Web di Laptop, Kamu Perlu Tahu Hal-hal ini

Aplikasi Huawei Health 

Review Honor Band 3, Smartband Hasil Berburu Flash Sale
Aplikasi Huawei Health

Sebagaimana layaknya smart wearable device, Honor Band 3 juga memiliki aplikasi smartphone, baik android maupun IOS. Nama aplikasinya adalah Huawei Health. Aplikasi Huawei Health ini memiliki banyak fungsi. Fungsi dari aplikasi ini bisa dibagi menjadi dua: fungsi pengaturan dan fungsi penyajian informasi. Aplikasi ini memungkinkan pengguna smartband untuk mengakses informasi yang dihimpun oleh smartband dengan lebih rinci. Beberapa fitur smartband juga ada yang hanya bisa digunakan jika smartband terkoneksi ke aplikasi. Aplikasi Huawei Health memiliki 3 menu utama, yaitu Home, Exercise, dan Me.

Home

Pada menu Home tersaji informasi mengenai ulasan data yang dihimpun oleh smartband. Baik itu data keseharian maupun data hasil exercise dan tentunya progress yang dicapai dari Goals yang ditentukan.

Review Honor Band 3, Smartband Hasil Berburu Flash Sale
Huawei Helath: Menu Home

Exercise

Menu ini merupakan versi lebih rinci dari menu-menu latihan yang ada bisa diakses melalui smartband. Menu Exercise memiliki 4 submenu: Running, Walking, Cycle, dan Trained.

Review Honor Band 3, Smartband Hasil Berburu Flash Sale
Huawei Helath: Menu Exercise

Me

Menu terakhir ini berisi profil pengguna smartband, goal atau target yang ingin dicapai, dan pengaturan smartband secara terperinci.

Review Honor Band 3, Smartband Hasil Berburu Flash Sale
Huawei Helath: Menu Me

Review Honor Band 3, Smartband Hasil Berburu Flash Sale
Huawei Health Submenu: Setting


Petunjuk Penggunaan Honor Band 3 

Di bawah ini adalah prosedur pengoperasian Honor Band 3 untuk pertama kali. 
  1. Letakkan honor band 3 pada charging dock yang terhubung adaptor untuk menyalakan smartband pertama kali. 
  2. Download aplikasi Huawei Health di playstore 
  3. Aktifkan Bluetooth smartphone 
  4. Buka aplikasi Huawei Health.
  5. Klik icon “+” pada pojok kanan atas aplikasi (pada device Iphone icon + ada di bagian bawah halaman aplikasi) 
  6. Setelah muncul daftar device, pilih Honor Band 3 
  7. Setelah proses pairing sukses, kita bisa mengatur smartband melalui aplikasi Huawei Health. 
Sedangkan untuk cara mengisi daya (charging) Honor band 3 tak jauh beda dengan smartband lain. Namun tak ada salahnya jika saya sajikan langkah-langkah yang disarankan oleh produsennya. Berikut langkah-langkahnya. 
  1. Sebelum mengisi daya pastikan charging port dan charging dock dalam keadaan kering dan bersih. 
  2. Hubungkan charging dock ke adaptor charger. Adaptor charger yang digunakan adalah yang memiliki output 5V/500mA, 5V/1A, 5V/1.5A, atau 5V/2A. 
  3. Setelah itu, pasangkan smartband ke charging dock. 
  4. Layar smartband akan menyala dan muncul gambar baterai, itu berarti pengisian daya sudah mulai. 
  5. Untuk mengetahui presentase baterai yang terisi, buka aplikasi Huawei Health lalu klik ikon smartband di pojok kanan atas. 
Honor Band 3 mengkombinasikan Touch-sensivity Button dan Gesture untuk pengoperasian smartband. 

Gesture: 
  • Raise your wrist: menyalakan layar 
  • Rotate your wrist: berpindah antar menu smartband 
  • Lower yor wrist: memadamkan layar 

Touch-sensive Button: 
  • Sentuh tombol untuk menyalakan layar atau berpindah antar menu 
  • Sentuh dan tahan untuk masuk ke menu yang dipilih 

Review Honor Band 3 Setelah Satu Bulan Pemakaian 

Data pemakaian yang saya sajikan disini adalah data yang saya himpun setelah pemakaian Honor Band 3 selama sebulanan. Pemakaian saya bagi menjadi 2 yang saya labeli dengan pemakaian 1 dan 2. Berikut ini adalah pemaparan yang lebih rinci tentang review Honor Band 3.

Fitur yang saya aktifkan selama pemakain smartband ini adalah: 
  • Jam digital (jam dan tanggal) 
  • Steps counting 
  • Activity reminder 
  • Gesture “raise wrist to wake screen” 
  • Terhubung ke aplikasi Huawei Health hanya waktu tertentu saja (pemakaian 1)
  • Terhubung ke aplikasi Huawei Health sepanjang waktu (pemakaian 2)

Pemakaian 1 

Setelah saya unbox, smartband ini langsung saya pakai. Presentase baterai pada saat itu masih diangka 90%. Honor Band 3 ini saya pakai selama beraktifitas. Tetapi saya lepas pada saat saya mandi dan tidur.  Dengan rincian pemakaian seperti di atas, Honor Band 3 ini baterainya tersisa 10% pada hari ke-12. Jadi, selama 12 hari baterai yang terpakai adalah sebanyak 80%. Secara perhitungan, jika pemakaian smartband konsisten seperti rincian di atas, maka baterai smartband bisa dipakai untuk 15 hari dari 100% sampai habis. 

Pengisian Daya  1

Setelah indikator baterai menunjukkan angka 10%, saya mengisi ulang daya baterai Honor Band 3 ini. Kabel yang dipakai adalah kabel charger bawaan. Sedangkan untuk adaptor, karena tidak disertakan oleh produsen, maka saya memakai Uneed wallcharger yang saya punya. Pada User Manual di aplikasi Health, adaptor charger yang disarankan adalah adaptor yang memiliki output 5V/500mA, 5V/1A, 5V/1.5A, atau 5V/2A. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya dari 10% sampai 100% adalah kurang lebih 1 seperempat jam. 

Pemakaian 2 

Baterai Honor Band 3 diklaim mampu bertahan selama 30 hari pemakaian. Namun, setiap pemakai memiliki preferensi berbeda-beda dalam memakai sebuah smartband. Begitu juga dengan saya. Pada sesi pemakaian 2 ini, honor band 3 selalu terkoneksi ke aplikasi Huawei Health di smartphone. Waktu pemakaian adalah sepanjang hari kecuali saat ke kamar mandi. Sedangkan fitur yang aktif masih sama seperti yang tertulis di atas. Dengan preferensi pemakaian tersebut, baterai honor band 3 ini mampu bertahan selama 17 hari dari prosentase baterai 100% - 0%. Ketika indikator baterai sudah 0%, smartband masih menyala, tidak langsung mati. Bahkan sampai 3 jam kemudian. Tetapi hanya tampilan screen utama (jam digital) dan tampilan ikon baterai kosong berkedip yang nampak secara bergantian.

Pengisian Daya 2

Untuk pengisian daya 2, pengisian dimulai dari baterai 0% sampai penuh 100%. Dengan menggunakan charger yang sama dengan pengisian daya 1, waktu yang dibutuhkan pada pengisian daya 2 ini adalah hampir 1 setengah jam.

Kesimpulan

Tiba di penghujung tulisan. Setelah memakai Honor Band 3 selama sebulanan, ada beberapa hal yang menjadi catatan. Secara keseluruhan saya puas memakai smartband ini. Dengan harga seratus ribuan (flash sale), smartband Honor Band 3 ini berfungsi layaknya perekam data fisik saya sepanjang hari. Fitur-fiturnya berfungsi dengan baik. Meski daya tahan baterai hanya belasan hari dengan preferensi penggunaan tersebut di atas, bagi saya sudah memuaskan.

Mungkin yang bagi saya mengganggu adalah Touch-sensitive button yang peka terhadap pergelangan lengan baju. Jadi kalau memakai baju berlengan panjang, pergelangan lengan tak boleh menutupi smartband, karena jika menutupi dan menggesek Touch sensitive button, maka smartband akan beroperasi. Selain itu juga notifikasi dari aplikasi smartphone. Saya mengaktifkan notifikasi aplikasi Whatsapp. Notifikasi akan masuk ke smartband. Kita bisa membaca pesan yang masuk. Namun, jika pesan yang masuk lebih dari satu pesan, notifikasi hanya menampilkan jumlah pengirim dan jumlah pesan yang masuk saja. Pesan-pesan tersebut tidak bisa diakses melalui smartband.

Untuk menu exercise, saya belum mencoba dengan rutin, baru beberapa kali saja. Jadi pada tulisan ini tidak saya ulas. Mungkin esok akan saya update jika fitur-fitur pada menu tersebut telah saya gunakan semua.

Oke, cukup sekian saja ulasan pemakaian Honor Band 3. Silahkan tuliskan di kolom komentar jika hendak memberikan tanggapan, koreksi, maupun pertanyaan. Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.
Review Honor Band 3, Smartband Hasil Berburu Flash Sale Review Honor Band 3, Smartband Hasil Berburu Flash Sale Reviewed by Imajiner Amatir on Oktober 22, 2018 Rating: 5

16 komentar:

  1. untuk yoga masuk sub menu apa yah,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk mengakses semua fitur, via smartphone saja gan. aplikasi health.

      Hapus
    2. Gan berarti bisa di hubungkan dengan iphone ya ?

      Hapus
    3. Iya gan. Pairing-nya lewat aplikasi Huawei Health. Kalo untuk Iphone bisa donlot di appstore. Langkah-langkahnya kurang lebih sama saja.

      Hapus
  2. mas bisa kasi guidance gak? band 3 saya gak ada nongol jam nya. ada keterangan petunjuk dilayar. udah download Huawei Healt ketika di pairing gagal dan ada notifikasi Association failed. kira2 kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pairing-nya lewat aplikasi atau via setting gan? Kalo langkah yang seharusnya pairing lewat aplikasi.

      Hapus
  3. Ada fitur stopwatch nya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya saya tidak menjumpai stopwatch selama memakai honor band 3.

      Hapus
  4. Alhamdulillah tulisannya sangat membantu, terima kasih.. untuk pengisian daya pertama kali alhamdulillah dari 60% bisa sampai 100%

    BalasHapus
  5. Cara masuk data berat badan bagaimana ya?
    Terus, 2 hari paket, data berapa ribu langkah, kalori, data jam tidur & bangun ada, detak jantung ada

    Tapi sekarang, langkah data Android lebih beberapa langkah dari jam honor band3, kalori ada, td data tidur, data detak jantung kosong, kenapa ya, apa pas hari ke-2 saya paket jam Febrian anak BPK SMA ibu my sekaligus hentikan ya, hd bingung jam nya hehe, mohon maaf kalo saya banyak bertanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. - untuk memasukkan data berat badan, masuk ke menu "Me" / profil

      - mungkin selisih jumlah langkah karena sinkron data lebih cepat daripada update informasi yg tampil pada display smartband-nya

      - supaya data detak jantung akurat, bisa diatur supaya secara terus menerus smartband memonitor detak jantung. imbasnya, baterai smartband jadi lebih boros terpakainya.

      Hapus
  6. Gan bagaimana cara setting whatsapp di honor band 3
    Punya ane gak terkoneksi dan telp. Masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake huawei Health. masuk sub menu Notifications and Alerts. pilih aplikasi yang notifikasinya mau di enable di honor band 3. ikuti langkah selanjutnya untuk perijinan oleh smartphone.

      Hapus
  7. Klau gak buka aplikasi blututnya g mau konek.
    Jadi aplikasinya harus on terus.
    Klau gak on aplikasinya notifikasi wa tlpn dll gak mau konect

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di pengaturan smartphone, cek perizinan aplikasi yang mulai otomatis dan berjalanan di belakang layar (background), jika aplikasi honor band belum aktif diaktifkan

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.