Menggunakan WhatsApp di Laptop/komputer? Kamu Perlu Tahu Beberapa Hal Ini. Penting.

Beberapa waktu yang lalu saya telah membahas tentang fitur terbaru aplikasi WhatsApp yaitu fitur "Delete for Everyone" dimana kita bisa menghapus pesan yang terlanjur dikirim. Kali ini, saya akan membahas tentang fitur lama aplikasi WhatsApp yaitu WhatsApp Web. Apakah kamu sudah mencoba menggunakan WhatsApp Web di laptop/komputer-mu? Jika belum mencoba, tak ada ruginya kamu mencoba memasang WhatsApp Web di laptop atau komputermu.
Dan jika kamu adalah pengguna WhatsApp Web, ada beberapa hal penting yang wajib kamu tahu, demi keamanan privasimu dan juga kelancaran urusanmu. Apalagi jika kamu termasuk orang yang menggunakan WhatsApp Web di laptop/komputer yang sering di akses oleh orang lain. Atau termasuk orang yang sering log in WhatsApp Web dari beberapa laptop/komputer yang berbeda. Hal-hal berikut ini wajib kamu tahu.

WhatsApp Web tidak Otomatis Log Out Saat laptop/komputer Dimatikan.

Checkbox
Ketika kamu akan log in WhatsApp Web dengan scan barcode, ada tawaran untuk tetap log in terus atau log in sementara. Tulisan di samping checkbox berbunyi “Keep me signed in”. 
  • Centang jika kamu ingin dalam keadaan log in terus, artinya besok-besok pas buka WhatsApp Web tidak perlu scan barcode lagi.
  • Jangan dicentang jika kamu ingin sebaliknya.
Baiknya bagaimana? Ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan.
  1. Jika kamu menggunakan laptop pribadimu, dan yakin orang lain takkan mengakses laptopmu tanpa seizinmu, checkbox dicentang saja. Supaya kamu tidak bolak balik scan barcode ketika ingin membuka WhatsApp Web.
  2. Namun, jika laptop/komputer tersebut digunakan oleh orang lain selain kamu, jangan mencentang atau jika sudah tercentang hilangkan tanda centang pada checkbox di samping tulisan “Keep me signed in”. Hal ini dilakukan untuk mencegah orang lain mengakses akun WhatsApp mu. Karena, jika checkbox itu tercentang, siapapun yang menggunakan komputer tersebut, bahkan setelah laptop/komputer dimatikan, bisa mengaksesnya dengan membuka halaman WhatsApp Web. Sebab pada saat WhatsApp Web terbuka, akun WhatsAppmu lah yang akan tampil. Jadi, untuk mencegah hal tersebut, kotaknya jangan dicentang. Dengan begitu WhatsApp Web akan otomatis log out ketika lama tidak digunakan atau tab browser ditutup.
  3. Dan jika kamu berencana menggunakan laptop/komputer dalam waktu lama, selama jam kerja misalnya, centang checkbox “Keep me signed in” sebelum scan barcode. Namun, pastikan kamu selalu log out ketika sudah selesai menggunakan laptop/komputer tersebut.
    Log out WhatsApp Web

Bagaimana jika kamu mencentang dan lupa/tidak sempat log out?

Jika kamu lupa atau tidak sempat log out sedangkan laptop atau komputer tertinggal di tempat kerja, kamu bisa log out WhatsApp Web dari smartphonemu langsung. Buka WhatsApp melalui smartphonemu. Lakukan langkah-langkah seperti pada saat akan melakukan scan barcode. Maka kamu akan masuk ke halaman seperti di gambar.

Log out WhatsApp Web via smartphone
Di sana akan ditampilkan data di perangkat mana saja WhatsApp Webmu aktif. Pilih perangkat mana yang ingin dilog out. Jika semuanya, pilih opsi terakhir “Log out from all computers”. Maka secara otomatis, perangkat yang kamu pilih untuk log out akan log out ketika WhatsApp Web-nya dibuka.

Download kiriman pesan gambar/foto di WhatsApp Web yang Ingin kamu simpan di laptop/komputer.

Gambar/video yang dibuka melalui WhatsApp Web tidak otomatis tersimpan ke laptop atau komputermu. Berbeda dengan di smartphone dimana ketika gambar sudah kita lihat itu artinya telah tersimpan di penyimpanan smartphone. Pada WhatsApp Web tidak demikian. Kita harus mendownloadnya.
Download Foto dari WhatsApp Web
Gambar/video/dokumen yang telah didownload bisa dibuka di folder Downloads. Biar praktis lakukan seperti yang tertera pada gambar.
Membuka folder hasil download foto dari WhatsApp Web

Menggunakan WhatsApp Web di Beberapa Laptop/komputer

Ada kalanya kita butuh membuka WhatsApp Web pada laptop/komputer padahal di laptop/komputer rumah kita tidak log out. Maka ketika kita akan membuka scan barcode pada smartphone kita, yang akan tampil adalah daftar laptop/komputer dimana akunmu masih log in dan pilihan log out semua perangkat. Halaman scan barcode ada dimana? Jika kita memilih log out semua perangkat, maka halaman scan barcode akan muncul. Tetapi, jika kita tidak ingin log out dari laptop/komputer di rumah, caranya dengan menekan tanda plus di pojok kanan atas. Maka halaman scan barcode akan muncul. Dan kita bisa masuk ke WhatsApp Web dengan laptop/komputer lain tanpa perlu log out semua perangkat.
Log in WhatsAppWeb di beberapa Laptop/komputer

Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika kamu menggunakan WhatsApp Web. Untuk informasi lainnya bisa langsung di akses pada halaman FAQ di websitenya WhatsApp. Semoga bermanfaat.
Menggunakan WhatsApp di Laptop/komputer? Kamu Perlu Tahu Beberapa Hal Ini. Penting. Menggunakan WhatsApp di Laptop/komputer? Kamu Perlu Tahu Beberapa Hal Ini. Penting. Reviewed by Imajiner Amatir on November 05, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.