Beli Smartphone Second? Begini Cara Mengecek Keaslian dan Mengetes Kondisinya

Smartphone second menjadi pilihan ketika budget yang kita punya terbatas sedangkan kita ingin membeli smartphone dengan spek bagus. Ya, bagi sebagian orang membeli smartphone second menjadi pilihannya. Kalo dulu kita akan datang ke konter, kini kita bisa mencari smartphone second secara online baik melalui medsos atau forum jual beli yang berujung COD maupun via toko online seperti bukalapak, shopee, tokopedia, dll.

Sekarang bahkan ada toko2 online yang menjadi spesialis menjual smartphone second. Smartphone second ada banyak jenis. Ada yang bekas pemakaian pribadi, barang bekas display, bekas dari provider luar negeri (docomo, Softbank, au, dll.) dsb. Smartphone second tersebut dijual di toko-toko online. Toko-toko online tersebut ada yang reputasinya bagus, ada pula yang ulasan dari pembeli berisi keluhan tidak puas atas produk yang dibelinya. Keluhannya beragam, misalnya pengiriman yang lama sampai pada produk yang tidak sesuai ekspektasi.

Beli Smartphone Second? Begini Cara Mengecek Keaslian dan Mengetes Kondisinya


Tips Membeli Smartphone Second secara Online


Nah, dari uraian di atas, kita bisa tahu bahwa membeli barang second secara online, dalam bahasan ini smartphone, harus mempertimbangkan banyak hal. Dari banyak pertimbangan tersebut, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan saat hendak membeli smartphone second secara online. Yaitu:

  1. Mengecek kondisi smartphone. Biasanya penjual akan menjelaskan kondisi smartphone pada bagian deskripsi produk. Bagaimana kondisi fisik smartphone. Apa saja minusnya (baik minus fisik maupun fungsi).
  2. Pahami aturan main yang diterapkan penjual. Biasanya informasi ini ada setelah deskripsi produk. Isinya antara lain mengenai garansi, prosedur klaim, prosedur retur barang, dll.
  3. Tanyakan hal yang belum jelas via diskusi atau chat. Kalo saya lebih prefer lewat fitur chat/pesan yang disediakan toko online. Dengan bertanya, akan terjadi kesepahaman mengenai informasi yang dituliskan penjual.
  4. Selalu bertransaksi via rekber yang disediakan, sesuai prosedur. Jangan transfer langsung ke rekening penjual. 

Cara Mengecek Keaslian Smartphone

Setelah mengamalkan tips di atas, kita setidaknya telah berusaha untuk membeli smartphone second yang harapannya sesuai dengan deskripsi produk. Ketika barang telah kita terima, tentunya kita harus melakukan beberapa langkah pengecekan untuk mengetahui keaslian produk dan kondisinya.

Pertama-tama, kita bisa mulai dengan mengecek keasliannya. Salah satu cara paling praktis bagi kita untuk mengecek keaslian sebuah smartphone adalah dengan mengecek kesesuaian merk/tipe smartphone dengan no. imei-nya.

Apakah no. imei itu? Kepanjangan imei adalah International Mobile Equipment Identity. Dari kepanjangannya tersebut, no. imei bisa didefinisikan sebagai nomor yang berisi informasi identitas sebuah smartphone. Informasi yang terekam di dalam no. imei adalah:
  • spesifikasi smartphone,
  • jenis jaringan dan operator jaringan
  • negara tempat smartphone diproduksi,
  • informasi garansi
  • tanggal pembelian

Beli Smartphone Second? Begini Cara Mengecek Keaslian dan Mengetes Kondisinya
Cek no imei


Lalu bagaimana cara mengecek kesesuaian antara smartphone dan no. imei-nya? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Cek no. imei yang ada di box smartphone, atau
  2. Masuk ke menu panggilan, ketik *#06# untuk mengecek no. imei smartphone
  3. Catat no. imei tersebut.
  4. Buka browser (bisa lewat laptop maupun smartphone)
  5. Masuk ke web dengan alamat www.imei.info
  6. Masukkan no. imei yang sudah dicatat tadi ke kolom yang tersedia
  7. Centang “I am not robot”
  8. Klik tombol “Check”
  9. Akan muncul halaman web yang berisi informasi mengenai smartphone. Jika smartphone yang kita beli sesuai dengan informasi yang ada di halaman web tersebut, berarti smartphone tersebut asli.
Apakah cukup sampai di sini? Tentu saja belum tuntas. Selain mengecek keaslian unit smartphone, kondisi fisik dan fungsi-fungsi komponen juga perlu dicek.

Cara Mengecek Kondisi Smartphone


Setiap produsen smartphone telah menyematkan fitur untuk mengecek kondisi smartphone yang diproduksinya. Biasanya fitur tersebut bisa diakses dengan mengunakan kode tertentu. Masuk ke menu panggilan, ketikkan kode-nya, maka akan tampil menu yang berisi pilihan-pilihan yang bisa dilakukan. Mulai dari pilihan mengakses informasi software dan hardware smartphone, sampai pilihan untuk mengetes fungsi hardware smartphone secara rinci dan runtut.

Disini saya akan menggunakan smartphone second yang baru saya beli sebagai contoh. Saya baru saja membeli Sony Xperia Z5 second yang sebatang kara. Alias batangan atau ketengan. Sebagaimana diuraikan di atas, saya telah mengecek kesesuaian smartphone dan no. ime-nya. Hasilnya sesuai. Smartphone yang saya beli sesuai dengan informasi yang terkandung dalam no. imei-nya.

Lalu saya juga melakukan pengecekan kondisi smartphone tersebut. Untuk smartphone Sony Xperia, kode panggilan yang digunakan adalah *#*#7378423#*#* . 

Beli Smartphone Second? Begini Cara Mengecek Keaslian dan Mengetes Kondisinya
kode masuk menu tes kondisi Sony Xperia


Setelah saya mengetikkan kode tersebut di menu panggilan, akan muncul menu baru di layar. Ada dua opsi, Service info dan Service tests. Service info berisi informasi mengenai software dan hardware smartphone Sony Xperia. Sedangkan menu Service tests berisi opsi pengetesan hardware smartphone Sony Xperia. Isi kedua menu utama di atas bisa dilihat di gambar berikut ini.

Beli Smartphone Second? Begini Cara Mengecek Keaslian dan Mengetes Kondisinya
Menu utama

Beli Smartphone Second? Begini Cara Mengecek Keaslian dan Mengetes Kondisinya
Menu Service Info
Beli Smartphone Second? Begini Cara Mengecek Keaslian dan Mengetes Kondisinya
Menu Service Test
Beli Smartphone Second? Begini Cara Mengecek Keaslian dan Mengetes Kondisinya
Tampilan Screen Test
Setelah melakukan pengecekan dan pengetesan, ternyata hasilnya smartphone berfungsi normal. Sampai disini bisa disimpulkan bahwa misi pembelian smartphone second berhasil. Barang sesuai dengan deskripsi yang dicantumkan pejual. Dan semoga memang normal tanpa penyakit. Hehe… garansi cuma 7 hari. (jika nanti timbul penyakit di smartphone ini yang terindikasi bawaan, tulisan ini akan saya update).

Demikian tips membeli smartphone second serta cara mengecek keaslian dan mengetes kondisinya. Jika ada pertanyaan maupun tanggapan silahkan tuliskan di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga:
Tips Belanja di Toko Online dan Klaim Garansi Barang

Update:
Berikut ini adalah versi video dari tulisan di atas.

Beli Smartphone Second? Begini Cara Mengecek Keaslian dan Mengetes Kondisinya Beli Smartphone Second? Begini Cara Mengecek Keaslian dan Mengetes Kondisinya Reviewed by Imajiner Amatir on Juli 28, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.