Solusi “Your device is not compatible with this version” pada Lenovo Vibe K5 / K5 Plus

Lenovo Vibe K5 Plus adalah smartphone dari produsen Lenovo yang telah beredar semenjak tahun 2016 di Indonesia. Untuk spesifikasi dan performa bisa googling ya. 

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman membeli smartphone ini di bulan Juli tahun 2018 ini. Tepat 2 tahun setelah rilis resmi di Indonesia. Kebetulan kemarin ada flash sale di Shopee. Saya membeli smartphone ini dengan tujuan sebagai smartphone kedua. Harganya saat flash sale 1.239.000. Ram nya 3 gb dan internalnya 16 gb dengan dedicated micro SD slot. Jadi saya ambilah smartphone ini. 

Singkat cerita, smartphone berhasil sampai ke tangan saya. Saya buka box nya, pasang tempered glas bonusan (dan gagal masangnya) hehe… tapi tak masalah, karena saat itu tempered glass dan hardcase yang saya beli dari toko lain sedang otewe. 

Nah, sudah basa basinya. Akhirnya saya hidupkan smartphone-nya. Pada saat saya setting, saya langsung mengkoneksikannya dengan internet via wifi. Normal semuanya. Saya update system-nya. Lancar. 

Lalu saya buka google playstore, update aplikasi-aplikasi bawaan Lenovo Vibe K5 plus ini. Semua terupdate. MASALAH mulai muncul. Semua aplikasi google memberi notifikasi bahwa mereka semua mogok. Eh, tak bisa dibuka sebelum google play service diupdate. Oke, saya turuti. Saya update. Daaan, sampai TKP, taka da tombol download. Katanya device saya ini tidak kompatibel dengan google play service versi bersangkutan. 

Sebenarnya tak begitu masalah, aplikasi lain berjalan lancar. Namun, notifikasi-notifikasi di atas terus bermunculan dan sangat menganggu. Akhirnya saya berselancar ke sana kemari. Konsultasi sama simbah google. Beberapa solusi saya temukan. Namun gagal di smartphone saya. 

Pusing, pusing, dan akhirnya ketemu cara terbaru. Tertanggal 20 Juli 2018. Artinya baru kemarin ditulis. Dan itu ada di thread Lenovo help. Jawaban pos tersebut ditulis oleh pihak Lenovo sendiri.

Cara Mengatasi “Your device is not compatible with this version” saat Update Google Play Services pada Lenovo Vibe K5 / K5 Plus


Cara Mengatasi “Your device is not compatible with this version” ketika Update Google Play Service 


Untuk mengatasi masalah Google Play Service di perangkat Lenovo Vibe K5 Plus (berlaku juga untuk Lenovo Vibe K5), ikuti langkah-langkah berikut. 

  1. Pertama, masuk ke pengaturan, ijinkan aplikasi pihak ketiga untuk diinstal 
  2. Lalu download aplikasi Play Service APK dari link ini. 
  3. Masuk ke Setting > Apps > All > Google play services 
  4. Lalu pilih Clear all data 
  5. Kemudian Force Stop dan Uninstall update (saya tidak melalui langkah ini, Force Stop tidak bisa dipencet. Tapi tetep berhasil) 
  6. Jika kamu telah login akun gmail, remove dulu akunnya. 
  7. Lalu instal APK yang sudah didownload. 
  8. Selesai. 
Cara Mengatasi “Your device is not compatible with this version” saat Update Google Play Services pada Lenovo Vibe K5 / K5 Plus
Link download ada di tulisan yang dilingkari


Dengan mengikuti langkah di atas, saya berhasil mengatasi masalah Google Play Service di smartphone Lenovo Vibe K5 plus. Menurut sumbernya, cara ini juga berlaku untuk Lenovo Vibe 5 TANPA Plus. 

Demikian pengalaman saya mengatasi masalah Google Play Services tidak bisa diupdate pada Lenovo Vibe K5 Plus. Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tuliskan tangga[an, komentar, maupun pertanyaan dik kolom komentar.

Baca juga:
Cara Menggunakan Banyak Akun Instagram dalam 1 Smartphone Android
Solusi “Your device is not compatible with this version” pada Lenovo Vibe K5 / K5 Plus Solusi “Your device is not compatible with this version” pada Lenovo Vibe K5 / K5 Plus Reviewed by Imajiner Amatir on Juli 21, 2018 Rating: 5

8 komentar:

  1. wah terimakasih banyak ya kak akhirnya hp saya bisa kembali normal lagi setelah ikutin cara yang diatas, padahal cara2 lain saya udah coba tapi ga mempan untuk vibek5, terimakasih banyaakk

    BalasHapus
  2. Setelah lama mencari solusi akhirnya pencarian saya dipertemukan disini...terima kasih atas solusinya...sangat sangat bermanfaat....semoga sukses selalu..

    BalasHapus
  3. munculnya apl tidak terpasang, solusinya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. google play service-nya ga bisa diinstal atau bagaimana mas?

      Hapus
  4. Balasan
    1. coba kunjungi link yang saya sertakan. disana ada juga yang posting solusi selain yang saya tulis di atas. mungkin bisa membantu.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.