USB OTG, Membuka Flashdisk dengan HP Android

USB OTG bukan lah teknologi baru. Teknologi ini sudah ada sejak lama. Sudah familiar kan dengan teknologi ini. Biasanya kamu gunakan untuk apa saja fitur OTG di smartphone-mu? Oke, kamu bisa menjawabnya di kolom komentar di bawah tulisan ini. Sekarang saya mencoba mengulas tentang apa itu OTG dan apa saja yang bisa dimanfaatkan dengan teknologi ini.
Kabel OTG
Kabel OTG


Apa itu USB OTG?


USB OTG itu singkatan dari USB On-The-Go. Secara sederhana, USB OTG adalah teknologi yang membuat sebuah perangkat yang memiliki port USB menjadi HOST sehingga dapat dipasangi flashdisk, mouse, keyboard,dll. Contohnya adalah perangkat smartphone. Perangkat smartphone yang ditanami teknologi USB OTG bisa memiliki kemampuan layaknya laptop. Kita bisa memasangkan flashdisk dan mengakses datanya dengan smartphone tersebut. Jadi, semisal kita ingin mengirimkan data via email sedangkan data ada di flashdisk dan kita tidak membawa laptop. Kita bisa mentransfer data dari flashdisk ke smartphone menggunakan USB OTG.

Bagaimana cara menggunakan USB OTG?

Cara Menggunakan USB OTG di Smartphone cukup mudah. Syarat wajibnya, smartphone-mu harus support USB OTG. Karena tidak semua smartphone support USB OTG. Syarat selanjutnya, kamu harus punya kabel OTG ataupun OTG converter. Bentuknya bermacam-macam. Dan biasanya konter-konter HP menjual aksesoris ini. Murah kok harganya. Atau lebih bagus lagi jika kamu punya Flashdisk yang dual-drive. Yaitu flashdisk yang memiliki dua colokan, USB dan mikro USB.
Jika kedua syarat di atas (support USB OTG dan punya kabel OTG) terpenuhi, kita mulai ke prosedur pemakaian USB OTG di smartphone. Pada tulisan saya ini, saya memakai smartphone android yang menggunakan port mikro USB. Dan perangkat yang akan saya pasangkan ke smartphone adalah USB Flashdisk. Berikut caranya:
  • Aktifkan fitur OTG pada Setelan smartphone (kebanyakan smartphone sudah otomatis, tapi karena ada yang harus menghidupkan manual, jadi langkah ini saya tuliskan).
  • Tancapkan kabel OTG ke port mikro USB-nya smartphone.
  • Lalu tancapkan flashdisk ke port USB pada kabel OTG.
  • Setelah itu lihat ke bar notifikasi, akan ada pemberitahuan ada perangkat yang terhubung ke smartphone.
  • Sekarang buka File Manager /File Explorer/File saya/ nama lain yang fungsinya membuka file di smartphone.
  • Di File Manager, yang biasanya hanya terdeteksi Internal Storage dan Eksternal/Portable Storage berupa micro SD, sekarang akan muncul satu lagi, yaitu nama Flashdisk kita.
  • Nah untuk mentransfer file dari flashdisk, buka folder flashdisk-nya lalu copy file-nya.
  • Kemudian paste-kan file pada folder di lokasi yang kamu inginkan, bisa di internal memory atau di micro SD. Yang penting lokasi tersebut mudah dicari.
  • Done.
    USB OTG, Smartphone Rasa Laptop
    File Manager (Klik untuk memperbesar)

Itu saja fungsinya? Tentu saja tidak...

Yang saya tulis di atas, itu baru fungsi teknologi USB OTG yang sudah umum dimanfaatkan. Berikut Beberapa fungsi USB OTG yang bisa membuat smartphone rasa laptop.

1. Mentransfer file dari flashdisk dan sebaliknya

Seperti yang sudah saya tuliskan di atas. Yaitu memasangkan USB Flashdisk ke smartphone seperti yang bisa kita lakukan di laptop/komputer.

2. Memasang mouse/keyboard ke smartphone

Kita bisa memasangkan mouse atau keyboard ke smartphone dengan bantuan kabel OTG. Tetapi karena port USB-nya Cuma satu, ya kita kudu memilih, salah satu, mouse atau keyboard.

3. Menggunakan joystick/gamepad untuk memainkan game di smartphone.

Selain itu, kita juga bisa memainkan game di smartphone dengangamepad. Cukup pasangkan colokan USB gamepad ke smartphone dengan bantuan kabel OTG.

4. Mengeprint dokumen/gambar dengan printer langsung dari smartphone

Dengan bantuan kabel OTG, kita bisa mencetak dokumen/gambar menggunakan printer dari smartphone. Prosedur pemasangan sama saja. 

5. Menyalakan kipas angin OTG dengan smartphone

Nah yang ini sudah pernah saya ulas. Menyalakan kipas angin OTG dengan smartphone. Bisa dibaca disini.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan smartphone-mu dibantu USB OTG. Serasa laptop kan smartphone-mu?

Tapi... karena baterai smartphone tidak sebesar baterai laptop, itu semua akan sangat menguras baterai smartphone-mu. Jika kamu ingin memanfaatkan teknologi USB OTG untuk hal-hal di atas, terutama memasang mouse, keyboard, dan gamepad ke samrtphone, lebih baik kamu menggunakan yang wireless. Untuk mouse dan keyboard, gunakan yang combo. Supaya satu dongle bisa untuk mouse dan keyboard. Dengan menggunakan yang wireless, daya dari perangkat USB yang kamu gunakan akan menggunakan baterai sendiri. Tidak mengambil daya dari smartphone.

Sebagai penutup, teknologi USB OTG ini menurut saya adalah sebagai komplemen atau pelengkap ketika kita ada di perjalanan. Jika memungkinkan memakai laptop atau perangkat lain, ya lebih baik menggunakan perangkat tersebut, apalagi di rumah/kantor. Supaya smartphone tidak cepat habis baterainya dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Namun, semua kembali kepada pertimbangan masing-masing orang sih.

Demikian tulisan saya mengenai USB OTG. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga cara transfer file antar smartphone tanpa kabel dan tanpa kuota:
Mengirim File Antar Smartphone tanpa Bluetooth dan tanpa Kuota Internet
USB OTG, Membuka Flashdisk dengan HP Android USB OTG, Membuka Flashdisk dengan HP Android Reviewed by Imajiner Amatir on November 20, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.