Cara Memindahkan File dari Smartphone ke Laptop Tanpa Kabel dan Kuota, SHAREit for PC

SHAREit, sudah tak asing di telinga kan? Ya, SHAREit adalah aplikasi yang berfungsi untuk mentransfer file dari satu perangkat ke perangkat lain wirelessly atau tanpa memakai kabel data. Dan karena aplikasi ini, teknologi kabel data, USB OTG, dan card reader rasa-rasanya menjadi ketinggalan jaman. Kurang praktis menggunakan teknologi tersebut. Dari segi kecepatan transfer file-nya, Bluetooth pun kalah. Sehingga, karena kepraktisan dan kecepatan transfernya, SHAREit kini pun telah digunakan sebagian besar pengguna perangkat smartphone. Baik yang berbasis android, ios maupun windows phone. Lebih lengkapnya silahkan baca di link berikut ini.
Mengirim File Antar Smartphone tanpa Bluetooth dan tanpa Kuota Internet
Sekarang saya akan membahas SHAREit for PC (untuk laptop/komputer). SHAREit ini support sistem operasi Windows dan Mac. Software SHAREit for PC ini menambah luas jaringan file-sharing perangkat tanpa kabel data. Itu artinya, kita bisa mentransfer file antar perangkat lintas sistem operasi. Dan, itu TANPA perlu koneksi internet. Sebenarnya software ini telah rilis cukup lama. Dan saya pun hampir setiap hari memanfaatkannya untuk keperluan transfer file dari smartphone ke laptop dan sebaliknya. Selain berfungsi sebagai sarana transfer file, software ini juga memiliki beberapa fitur lain yang menurut saya sangat membantu bagi kita yang menggunakan perangkat smartphone dan laptop. Apa saja fiturnya? Berikut ulasan saya mengenai SHAREit for PC.


Laman Download SHAREit
Halaman Web SHAREit

Cara Mengoperasikan SHAREit for PC

Ada 3 cara mengoperasikan SHAREit for PC:

Cara 1

Dari pihak SHAREit sendiri, di laman FAQ di website resminya, merekomendasikan cara yang pertama ini. Yaitu dengan memindai perangkat PC dari smartphone.
  • Pertama buka SHAREit di PC-mu.
  • Lalu buka SHAREit di smartphone-mu dan pilih Connect to PC di menu slide Menu.
  • Setelah avatar PC-mu terdeteksi, ketuk avatar tersebut.
  • Pada SHAREit di PC-mu akan muncul permintaan sambungan dari perangkat smartphone. Pilih terima/accept. Jika smartphone yang akan menyambung adalah milikmu, centang saja checkbox “selalu terima file dari perangkat ini”
  • Done. Komputer/laptopmu telah terhubung via SHAREit.

Cara 2

Jika dengan cara pertama avatar PC-mu tidak muncul pada pindaian SHAREit di smartphone-mu, kamu bisa melakukan cara 2 ini. Yaitu memindai smartphone-mu dari SHAREit di PC-mu.
  • Buka SHAREit di perangkat smartphone dan PC-mu
  • Ketuk Connect to PC pada sidebar Menu pada aplikasi SHAREit di smartphone-mu
  • Ketuk PC Search Mobile pada pojok bawah aplikasi SHAREit
  • Lalu pada SHAREit di PC-mu, klik “Search Hotspot for Mobile”, maka SHAREit akan memindai perangkat smartphone-mu
  • Setelah muncul avatar smartphone-mu pada pindaian SHAREit di PC-mu, klik avatar tersebut.
  • Proses. Lalu done. Terhubung.

Cara 3

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, kamu bisa melakukan cara 3. Yaitu dengan scan QR code.
  • Setelah SHAREit dibuka, klik “Show QR code” pada SHAREit di PC-mu
  • Lalu di aplikasi SHAREIt smartphone-mu, ketuk Connect to PC pada slide Menu
  • Setelah itu, ketuk “Scan QR Code” di bagian bawah aplikasi SHAREit
  • Selanjutnya pindai QR Code yang tampil di PC-mu dengan menghadapkan kamera smartphone ke layar.
  • Setelah pindaian selesai kamu akan diminta memilih mau terhubung via LAN atau via hotspot smartphone-mu. Proses. Selesai. Kedua perangkat terhubung.

Fitur-fitur SHAREit for PC

Setelah mengetahui cara menghubungkan SHAREit for PC dengan aplikasi SHAREit di smartphone, sekarang kita berkenalan dengan fitur-fitur SHAREit for PC. Berikut ini adalah fitur-fiturnya.

Pada SHAREit for PC di komputer/laptop ada dua fitur, yaitu:
  1. Transfer file PC ke smartphone dengan cara Drag and Drop
  2. Screenshot layar komputer/laptop
Tampilan SHAREit di komputer
SHAREit PC to Smartphone
Lalu, pada aplikasi SHAREit di smartphone-mu ada beberapa fitur yang hanya ada ketika terhubung ke PC saja. Jadi fitur-fitur tesebut tidak tersedia ketika SHAREit terhubung antar smartphone. Berikut fitur lengkap aplikasi SHAREit ketika terhubung ke PC.

1. Transfer file dari smartphone ke PC
Fitur ini adalah fitur utama dari aplikasi SHAREit. Tak perlu dikupas lagi.

2. PPT control
Fitur ini berguna saat kamu melakukan presentasi dengan power point. Kamu bisa mengontrol power poin dengan menggunakan smartphone-mu.

3. Remote view
Fitur ini berfungsi untuk mengakses data yang ada di PC-mu via smartphone atas persetujuan PC. Kamu bisa membuka file-file yang ada di PC-mu dari smartphone. Untuk menyimpan file tersebut ke penyimpanan smartphone-mu bisa dilakukan dengan cara men-downloadnya. Ketuk ikon titig tiga di belakang nama file. Ketuk download. File akan tersimpan di penyimpanan smartphone-mu.

4. Play To
Fitur selanjutnya adalah fitur play to. Fitur ini berfungsi untuk memproyeksikan/menampilkan file foto yang ada dismartphone ke layar PC secara langsung. Fungsinya seperti LCD proyektor.

5. Backup Photos 
Sebagaimana nama fitur-nya, fitur ini berfungsi untuk membackup semua file foto yang ada di smartphone ke penyimpanan PC.

SHAREit connect to PC
SHAREit smartphone to PC
Bagus-bagus fiturnya kan. Yap, fitur-fitur tersebut saya sebut sebagai fitur SHAREit for PC karena fitur tersebut hanya tersedia ketika aplikasi SHAREit terhubung ke PC. Sekian. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Link download SHAREit for PC: 
http://www.ushareit.com/en/index.html
Cara Memindahkan File dari Smartphone ke Laptop Tanpa Kabel dan Kuota, SHAREit for PC Cara Memindahkan File dari Smartphone ke Laptop Tanpa Kabel dan Kuota, SHAREit for PC Reviewed by Imajiner Amatir on November 19, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.