Kamu Perlu Tahu, Orang yang Menyimpan Nomor WhatsApp-mu bisa Melihat Hal-hal Ini

Sebagai sebuah aplikasi media sosial, aplikasi chatting WhatsApp tentu menyajikan informasi-informasi personal di akun kita. Dan informasi personal tersebut bisa diakses/ dilihat oleh pengguna lain yang mempunyai/ menyimpan nomor WhatsApp kita. Misalnya foto profil, status, info kapan terakhir online, info kita sudah membaca pesan atau belum, dll. Akan tetapi, informasi-informasi tersebut bisa saja disalahgunakan oleh pihak tertentu. Atau, bisa juga kita yang tak ingin orang lain mengakses informasi tersebut.
Informasi Personal
Jadi, kamu perlu mengetahui apa saja informasi personal yang bisa diakses oleh orang yang menyimpan nomor WhatsApp-mu. Supaya, kamu bisa mengatur mana saja informasi yang bebas diakses, dan mana yang tidak. Sehingga privasimu tidak terganggu. Oh iya, perlu kamu tahu, Aplikasi WhatsApp telah secara default membuat setelan privasi di akunmu untuk mengizinkan pengguna WhatsApp lain mengakses informasi personalmu. Jadi, mereka yang mempunyai nomor WhatsApp-mu, atau menyimpan nomor WhatsApp-mu di kontak mereka bisa melihat informasi personal tersebut.


Apa saja yang dapat dengan bebas dilihat oleh pengguna WhatsApp yang memiliki nomor WhatsApp-mu? Di laman web-nya, WhatsApp telah menginformasikan bahwa mereka telah mengatur setelah privasimu untuk mengizinkan orang lain untuk bisa melakukan hal-hal berikut ini atas akun WhatsApp-mu:

  • Pengguna WhatsApp lain dapat melihat Laporan dibaca (Read receipts), informasi waktu terakhir dilihat (Last seen), info (nama, status, dll.) dan foto profil WhatsApp-mu;
  • Pengguna lain yang ada di kontak-mu dan menyimpan nomor WhatsApp-mu bisa melihat pembaruan Status-mu.
Setela Informasi Personal (Klik untuk memperbesar gambar)

Nah itulah informasi personal-mu yang bisa dilihat oleh pengguna WhatsApp lain. Jika kamu ingin mengatur ulang privasimu, kamu bisa mengaturnya di menu setelan privasi. Di sana kamu bisa mengatur siapa saja yang boleh melihat informasi personal-mu. Kamu tinggal masuk ke Setelan (Settings), lalu ketuk Akun (Account), lalu Privasi (Privacy). Pilih informasi mana saja yang kamu izinkan untuk dapat dan tidak dapat diakses. Caranya pun mudah, kamu tinggal mengetuk poin informasi personal tertentu, lalu akan muncul tiga opsi: Semua orang (Everyone), Kontak saya (My contacts), Tidak ada (Nobody). Ketuk yang kamu kehendaki.



Akan tetapi, ada beberapa catatan yang perlu kamu ketahui jika kamu membatasi atau menonaktifkan akses ke informasi tersebut. Yaitu:

  • Jika kamu menonaktifkan setelan informasi waktu terakhir dilihat, kamu juga tidak dapat melihat informasi waktu terakhir dilihat pengguna WhatsApp lain.
  • Status mengetik dan online yang muncul di bawah nama kontak tidak bisa disembunyikan.
  • Jika kamu menonaktifkan informasi Laporan dibaca, maka kamu tidak bisa melihat informasi tersebut dari pengguna lain.
  • Jika seorang pengguna lain telah menonaktifkan Laporan dibaca, kamu tidak bisa melihat jika pengguna tersebut telah melihat pembaruan statusmu.
Demikian ulasan mengenai hal-hal yang dapat dilihat oleh pengguna WhatsApp lain yang memiliki nomor WhatsAppmu. Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa membuka laman resmi web WhatsApp. Saya juga menulis ulasan lain tentang aplikasi chatting ini. Kamu bisa membacanya melalui tautan di bawah ini:
Arti Tanda Centang pada Percakapan di Aplikasi WhatsApp
Sekian ulasan saya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Kamu Perlu Tahu, Orang yang Menyimpan Nomor WhatsApp-mu bisa Melihat Hal-hal Ini Kamu Perlu Tahu, Orang yang Menyimpan Nomor WhatsApp-mu bisa Melihat Hal-hal Ini Reviewed by Imajiner Amatir on November 24, 2017 Rating: 5

2 komentar:

  1. Ikut meramaikan. Ada yg salah. Kalau status bisa dilihat kalau sama sama menyimpan nomor, kalau cuma salah satu pihak yg nyimpan nomor tidak bisa lihat status 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya, Hu. Kurang cermat saya. Terima kasih koreksinya. Segera dibenahi.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.