Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi tpMiFi, Mengontrol MiFi dari Smartphone

Aplikasi tpMiFi
|| Aplikasi tpMiFi ||
Pada kesempatan sebelumnya, saya pernah menulis ulasan tentang sebuah produk Mifi yaitu Mifi TP-Link M7350. Pada ulasan tersebut saya telah sedikit menyinggung tentang aplikasi tpMiFi. Kali ini saya akan membahas lebih lengkap mengenai aplikasi tersebut. Jika kamu ingin tahu mengenai apa itu MiFi, silahkan membaca tulisan saya mengenai MiFi di link ini.

Baik, kita langsung saja ke pokok pembahasan. tpMifi adalah sebuah aplikasi android yang digunakan untuk mengatur perangkat Mifi dari smartphone. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang membuat penggunanya bisa mengontrol perangkat MiFi dari smartphone-nya. Bahkan fitur yang disematkan pada aplikasi ini lebih lengkap dari fitur yang tersaji pada menu perangkat MiFi.

Aplikasi tpMifi sejauh ini hanya mendukung perangkat MiFI tipe M7350, M7310, dan M7300. Sedangkan dukungan untuk tipe M7650 dan M7450 menurut informasi yang dituliskan oleh TP-Link di deskripsi aplikasinya akan menyusul. Untuk memasang aplikasi ini, perangkat MiFi telah disemati barcode yang berisi link download aplikasi tpMiFi. Barcode tersebut ada pada menu ke-8 pada perangkat MiFi, yaitu menu App. Download.

Menu Utama Aplikasi tpMiFi

Menu
Menu Utama Aplikasi tpMiFi
Aplikasi tpMiFi memiliki fitur yang beragam dan informatif. Aplikasi ini bisa diakses dalam 2 macam keadaan. Yaitu diakses tanpa login dan diakses dengan login. 
Semua perangkat smartphone yang dipasangi aplikasi tpMiFi bisa terhubung dan mengakses aplikasi ini tanpa login. Asalkan perangkat tersebut terhubung ke jaringan Wi-Fi-nya MiFi ini. Akan tetapi, Informasi yang bisa diakses melalu aplikasi tpMiFi tanpa login terbatas, yaitu informasi mengenai:
  • Data/kuota yang terpakai
  • Kecepatan upload dan download
  • Status baterai
  • Jumlah user yang terhubung ke jaringan
  • Jumlah SMS yang masuk
Dan ketika kita login ke akun tpMiFi, semua informasi dan pengaturan perangkat MiFi ini bisa kita akses. Untuk login ke aplikasi tpMiFi kamu pelu login terlebih dahulu ke Web Management MiFi ini di alamat http://tplinkmifi.net/login.html. Password defaultnya admin. Jika sudah, kamu baru bisa login ke aplikasi ini.
Berikut fitur tpMiFi secara lengkap setelah login ke akun tpMiFi.
  1. Data Internet terpakai: Pada menu ini, jika diketuk, kamu akan masuk ke pengaturan data internet berupa Data usage limit, Statistik pemakaian bulanan dan Total data yang terpakai.
  2. Battery: Pada menu Battery terdapat pengaturan mode Power Saving, Wi-Fi Range (short, medium, long), dan Wi-Fi auto-disable time (MiFi otomatis standby setelah melewati batas waktu yang ditentukan tak ada perangkat yang terhubung).
  3. Wi-Fi Users: Jika menu ini diketuk, maka selain jumlah user yang terhubung, nama perangkat yang terhubung dengan jaringan WIFi dari MiFi ini juga terlihat.
  4. SMS: Aplikasi tpMiFi ini juga memiliki fitur SMS mengirim dan menerima pesan yang bisa digunakan setelah kamu login.
  5. SD Sharing: SD Sharing berfungsi jika micro SD telah terpasang pada perangkat MiFi. Melalu SD Sharing kamu bisa mengakses data yang disimpan di micro SD. Kamu bisa meng-copy data dari smartphone ke MiFi dan sebaliknya.

Menu Sidebar Aplikasi tpMiFi

Menu Sidebar Aplikasi tpMiFi
Selain menu di atas, masih ada sidebar menu. Sidebar menu bisa diakses dengan mengetuk ikon 3 garis di pojok kiri atas. Sidebar menu berisi:
  1. My Wi-Fi: Menu ini berisi pengaturan nama dan password SSID yang digunakan oleh perangkat yang ingin terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi-nya MiFi. Selain itu, menu ini juga berisi opsi wireless band (2.4G/5G), opsi memunculkan/menyembunyikan SSID dari pindaian perangkat lain, dan opsi tampil/disembunyikannya password SSID pada menu Device Info di perangkat MiFi.
  2. Network: Menu ini berisi pengaturan data, mode jaringan, APN, PIN, dll. User bisa menghidupkan dan mematikan pemakaian data di sini. Dan juga bisa memilih mode jaringan preferred 4G, 4G only atau 3G only.
  3. Login account: Pada menu ini kamu bisa melakukanlog in dan log out akun tpMiFi.
  4. MiFi info: Menu ini berisi informasi produk MiFi.
  5. Systems tools: Pada menu ini kamu bisa mematikan dan merestart juga mereset perangkat MiFi.
  6. About: Menu ini berisi informasi tentang aplikasi tpMiFi.
Kesimpulan dari saya, aplikasi tpMiFi ini sangat berguna. Pemilik MiFi bisa selalu memantau penggunaan data dan daya, mengontrol siapa saja yang terhubung dengan jaringan, dan juga memiliki ekstra storage yang mudah diakses via Wi-Fi.

Demikian ulasan saya mengenai aplikasi tpMiFi. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Aplikasi tpMiFi, Mengontrol MiFi dari Smartphone"