Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mifi TP-Link M7350, Setelah Beberapa Hari Memakainya

Sudah pernah menggunakan Mifi? Saya baru beberapa hari memakainya. Termasuk telat yak.. hehe... Sebelum sinyal LTE 4G menyebarluas seperti sekarang ini, saya menggunakan modem evdo untuk ber-internet. Lalu, modem evdo saya memasuka masa purna tugas. Rusak? Tidak. Tergerus oleh kemajuan teknologi. Sinyalnya hilang bersamaan dengan dimasuknya sinyal LTE ke daerah tempat tinggal saya. Mungkin memang sudah waktunya beralih. Kemudian, saya menggunakan fitur tethering smartphone untuk koneksi internet laptop saya. Ya, biasa saja, tidak merepotkan. Urusan lancar saja. Sampai beberapa hari yang lalu, ketika saya mencoba memakai Mifi, tiba-tiba berinternet dengan tethering smartphone untuk memberikan koneksi internet kepada laptop saya rasanya kok merepotkan ya. Hahaha... 
Pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang pengalaman saya setelah beberapa hari menggunakan Mifi untuk berinternet. Saya memakai Mifi TP-Link M7350.

Mifi TP-Link M-7350

Unit Mifi TP-Link M7350
Ini adalah Mifi yang pertama kali saya pakai. Berikut spesifikasinya:
  1. 4G LTE Kecepatan download hingga 150 Mb dan kecepatan upload hingga 50 Mb.
  2. Dualband pada frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz.
  3. Ada display monitornya.
  4. Bisa terhubung dengan 10 perangkat.
  5. Batre 2.000 mAh
  6. Slot memori eksternal (micro SD) maksimal 32 GB.
Pada package atau kemasan pembelian yang didapatkan adalah 1 unit Mifi TP-Link M7350, 1 buah kabel data, dan dua buah konverter Kartu SIM untuk Kartu SIM Micro dan Nano. Perangkat Mifi ini langsung bisa digunakan begitu kita memasukkan kartu SIM yang mempunyai kuota internet. Berikut ini gambar langkah pemasangan kartu SIM dan batre.
Langkah memasang batre dan kartu SIM
Mifi TP-Link M7350 ini bisa diatur langsung dari perangkat, tanpa menggunakan smartphone ataupun laptop. Ada dua tombol navigasi yang bisa digunakan. Pertama adalah tombol power yang juga berfungsi sebagai tombol select (pilih) dan tombol menu yang sekaligus sebagai tombol arah.
Bagian-bagian Mifi TP-Link M7350

Tombol Menu Mifi TP-Link M7350

Menu Mifi TP-Link M7350

Display monitor bagian atas menampilkan informasi tentang sinyal internet, status Wi-fi, dan informasi status batre. Sedangkan tampilan utamanya adalah menu Home dan bisa dipindahkan ke menu lainnya dengan menekan tombol menu di sisi sebelah atas display monitor. Sedangkan untuk memasuki menu tersebut gunakan tombol select (tombol power). Pada display monitor. menunya sendiri sudah bisa dikatakan cukup, informatif dan praktis. Berikut isi menu yang disajikan pada display monitor Mifi TP-Link M7350.

  • Home
Home berisi informasi tentang kartu SIM yang digunakan, kecepatan internet, dan jumlah data internet yang telah terpakai. Tampilan ini yang akan selalu tersaji sebagai tampilan utama ketika display monitor menyala.

  • Device Info
Device info berisi informasi tentang nama SSID (nama jaringan yang tampil pada perangkat lain yang ingin terhubung dengan Mifi), password-nya dan alamat website untuk login via WEB.

  • Power Saving
Power saving berisi opsi untuk menggunakan daya secara normal atau hemat.

  • WPS
Menu ini berisi informasi status Wi-fi dan jumlah perangkat yang terhubung dengan Mifi.

  • Wi-fi Band
Pada menu ini, terdapat opsi untuk memilih menggunakan frekuensi 2,4 GHz atau 5 GHz. Memilih menggunakan opsi yang manapun, yang paling perlu dipertimbangkan apakah perangkat yang akan terhubung ke Mifi itu support ke frekuensi yang dipilih. Ada perangkat yang hanya support salah satu frekuensi, ada yang support keduanya.

  • Network Mode
Menu ini berisi opsi apakah jaringan yang digunakan mengutamakan 4G (4G pref), hanya 4G (4G only) dan hanya 3G (3G only). 

  • Data Roaming
Menu ini berisi opsi untuk menghidupkan dan mematikan data roaming (ON/OFF).

  • App Download
Menu ini berisi scan barcode yang bisa kita gunakan untuk mendownload aplikasi tpMifi. Jika kamu ingin mengatur setting yang lebih mendalam, bisa melalui aplikasi ini. Misalnya mengirim dan menerima SMS dan memblokir perangkat yang terhubung dengan Mifi ini. Selain aplikasi tpMifi, Mifi TP-Link M7350 juga bisa diakses melalui Web Management Page yang bisa diakses dari browser, baik itu melalui browser smartphone maupun laptop.

Cara Mengoperasikan Mifi TP-Link M7350

Setelah pemaparan singkat mengenai Menu Mifi TP-Link M7350. Sekarang, untuk pengoperasian Mifi-nya setelah kartu SIM dipasang, silahkan ikuti langkah berikut ini.
  1. Hidupkan perangkat dengan menekan Tombol Power agak lama.
  2. Setelah itu tekan Tombol Menu dua kali, ke menu Device Info.
    Menu Device Info
  3. Pilih menu ini dengan menekan Tombol Power sekali. Akan muncul halaman seperti di bawah ini. Itu adalah nama SSID dan password yang digunakan perangkat lain untuk terkoneksi ke internet.
    SSID dan Password Mifi TP-Link M7350
  4. Langkah selanjutnya seperti langkah ketika kamu ingin terkoneksi dengan jaringan WI-Fi.

Mifi TP-Link M7350 Bagi Saya

Setelah beberapa hari menggunakan TP-Link M7350 ini, saya memiliki beberapa opini subjektif saya sendiri.
  1. Mifi TP-Link M7350 mudah digunakan, bahkan bagi yang baru pertama kali bersinggungan dengan perangkat jenis Mifi. Untuk penggunaan pertama kali tinggal memasang kartu SIM berpaket internet. Dan untuk nama SSID dan passwordnya sudah ditampilkan pada menu Device Info.
  2. Mifi ini praktis, saya bisa mengatur langsung setting yang saya inginkan melalui display monitor.
  3. Yang paling saya sukai, ada pilihan jaringan “4G only”-nya. Hehe... Saya bisa menikmati sinyal 4G terus di tempat tinggal saya yang miskin sinyal 4G. Jadinya bonus kuota 4G saya tidak mubazir.
  4. setelah saya coba, jarak yang dicover oleh sinyal Wi-Fi Mifi TP-Link M7350 cukup luas. Saya taruh Mifi di ruang tamu, dari jalan depan rumah yang jaraknya krang lebih 15 meteran streaming video masih bisa. 
  5. Mifi ini menyediakan aplikasi tpMifi, sehingga saya bisa melakukan pengaturan Mifi langsung dari smartphone ketika Mifi ini jauh dari jangkauan, misal pas saya letakkan di jendela atau ventilasi yang sinyal 4G-nya kuat.
  6. Dengan aplikasi tpMifi saya juga bisa mengatur siapa saja yang boleh terhubung dengan Mifi ini. Bahkan saya bisa menyembunyikan SSIDnya, sehingga tidak terdeteksi oleh scan jaringan Wifi Hotspot perangkat di sekitarnya. Irit kuota ceritanya. Hahaha...
Yang saya sebutkan di atas adalah beberapa fitur yang saya sukai dari Mifi ini. Mengenai kelebihan dan kekurangan Mifi ini, bisa dibaca ulasanya. Secara umum kelebihan dan kekurangan produk Mifi itu mirip-miriplah. Silahkan baca disini.

Sekian dulu ulasannya. Untuk halaman Web Management dan hal-hal lain tentang Mifi ini, semoga saya berkesempatan mengulasnya. Semoga bermanfaat.

6 komentar untuk "Mifi TP-Link M7350, Setelah Beberapa Hari Memakainya"

  1. cara lihat sisa kuota nya gimana ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lewat aplikasi TPMifi Sis, download di playstore. bisa juga dengan scan barcode pada menu App Download. Nanti pakenya fitur SMS. Misal kalo indosat SMS ke 363. Lebih jelasnya baca disini https://www.imajineramatir.com/2017/11/aplikasi-tpmifi-mengontrol-mifi-dari.html

      Hapus
  2. Masalah sambungan ip adres trus gmnh yah cara mngatasinya ?
    Trimakasih

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Sinyal X itu kenapa jdi tdk konek,sdah di reset tetap , pakai Telkomsel

      Hapus