Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

X-Cam Sight 2, Gimbal untuk Smartphone yang Terjangkau

Setelah dulu saya membahas Gimbal Stabilizer untuk smartphone secara umum, kini saya akan berbagi informasi mengenai sebuah produk gimbal. Yaitu gimbal X-Cam Sight 2. Sebuah handheld gimbal smartphone yang menjadi penghuni baru tas punggung saya saat bepergian. Jika diklasifikasikan berdasarkan penggeraknya, gimbal X-Cam Sight 2 ini termasuk gimbal bermotor. Bagaimana spesifikasinya? Kali ini saya akan mengulas spesifikasi gimbal ini dan bercerita mengenai pengalaman saya menggunakannya. Meski baru beberapa hari.
X-Cam Sight 2 dan Box-nya
Unit X-Cam Sight 2

Gimbal 2 Axis X-Cam Sight 2

Gimbal X-Cam Sight 2 adalah gimbal yang khusus didesain untuk smartphone. Meski pada akhirnya keluar aksesoris yang bisa digunakan untuk memasang Action Camera di gimbal ini. Kali ini saya akan fokus membahas Gimbal X-Cam Sight 2 untuk smartphone. Berikut isi package ketika kita membeli sebuah X-Cam Sight 2.
  1. Unit gimbal X-Cam Sight 2
  2. Kabel Charger
  3. Kunci L (kunci heksagonal)
  4. Bantalan penebal (khusus untuk smartphone ukuran kecil)
  5. Tas beludru untuk tempat menyimpan gimbal
Gimbal X-Cam Sight 2 memiliki bentuk yang kompak dan dapat dilipat sehingga mudah disimpan. Dengan adanya tas beludru, gimbal ini juga mudah untuk dibawa-bawa. Gimbal ini memiliki kemampuan bergerak dalam 2 axis. Yaitu axis X dan Y. Memiliki tombol navigasi yang simpel. Bisa untuk menggerakan gimbal dan jika ditekan bisa menjadi tombol capture kamera smartphone. Tapi harus terkoneksi via bluetooth. Gimbal ini ditenagai oleh attached batre sebesar 1.000 mAh Li-PO. Dengan batre segitu, gimbal ini bisa digunakan selama 3-5 jam, tergantung berat smartphone-nya. Sedangkan untuk charging time kurang lebih 3 jam. Sedangkan smartphone yang kompatibel adalah smartphone yang ukurannya 5,5 inch atau di bawahnya. Demikian spesifikasi singkat Gimbal X-Cam Sight 2.
X-Cam Sight 2
Bagian-bagian Gimbal X-Cam Sight 2

Bagaimana Cara Memakainya?

Untuk memakai gimbal ini, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Jangan nyalakan dulu gimbalnya. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memakai Gimbal X-Cam Sight 2 dalam mengambil video dengan kamera smartphone.
  1. Pertama rentangkanlah lengan gimbal dari badannya hingga membentuk sudut 90 derajat.
  2. Putar lengan gimbal hingga clip holder smartphone-nya menghadap ke arahmu.
  3. Pasang smartphone-mu pada holder smartphone-nya gimbal.
  4. Seimbangkan posisi smartphone dengan menggeser posisi smartphone di clip holder ke kanan/kiri.
  5. Jika sudah seimbang, putar lengan gimbal hingga smartphone menghadap ke atas. Seimbangkan. Jika belum seimbang, gunakan kunci L untuk memutar baut heksagonal yang ada di pangkal lengan ke kanan/kiri. Jangan sampai satu lingkaran putarannya.
  6. lakukan yang sama dengan kondisi layar smartphone menghadap ke bawah.
  7. Selanjutnya, kembalikan posisi smartphone hingga menghadap ke arah-mu. Gimbal X-Cam Sight 2 siap dioperasikan. Pencet tombol powernya. Selamat menggunakan.

Gimbal X-Cam Sight 2 Setelah Beberapa Hari Mencoba

X-Cam Sight 2 dan smartphone
X-Cam Sight 2 dan Smartphone
Berasa bedanya. Merekam video dengan smartphone dengan dibantu gimbal dan tidak bagi saya teramat berbeda. Gimbal ini membantu saya yang memang sulit untuk stabil tangannya ketika mengambil gambar atau video. Ya meski tidak se-wah gimbal-gimbal yang harganya belum tergapai budget. Hehe... tapi untuk saat ini gimbal ini sudah cukup bagi beginner seperti saya.
Saya baru memakai gimbal ini dengan satu smartphone. Belum mencoba dengan smartphone lain. Tapi kemungkinan gimbal yang saya beli ini adalah yang non-bluetooth. Karena, saya cek sesuai instruksi, gimbal ini tetap tidak terdeteksi oleh pindaian smartphone saya. Jika memang iya, ya apa boleh buat. Lagipula, fitur bluetooth menambahkan fungsinya hanya tombol shutter. Ya, bagian knob-nya selain untuk fungsi TILT (memiringkan) smartphone/ mengontrol kamera supaya mendongak/menunduk.
Gimbal X-Cam Sight 2 ini stabil ketika mengambil video dengan berjalan datar. Tetapi jika dibawa berlari atau naik turun tangga, hasil video tetap akan goyang meski tak separah hasil tanpa gimbal. Jadi jika kamu membutuhkan untuk mobilitas tinggi dan beragam medan, sepertinya kamu perlu mencari di atasnya ini. Baik spek maupun harga. Hehehe.. 
Demikian ulasan saya tentang gimbal X-Cam Sight 2. Jika kamu pernah mencoba silaahkan boleh berbagi cerita dikolom komentar. Pertanyaan? Ya boleh juga. Tapi ya jawabannya akan khas beginner. Sekian. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

1 komentar untuk "X-Cam Sight 2, Gimbal untuk Smartphone yang Terjangkau"

  1. Awal kesulitan setting gimbal Ini untung nemu blog nya ...thx...bahas cara bikin PayPal..utk cara belanja Di AliExpress dunk..

    BalasHapus