Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Office Tabs, Software Gratis untuk Menambahi Fitur Tabs di Microsoft Office-mu

Bagi kamu yang kesehariannya berhadapan dengan dokumen office, tentu sering merasa keteteran ketika membuka banyak dokumen dalam waktu bersamaan. Pasalnya, Microsoft Office tidak memiliki fitur Tabs, sehingga setiap file dokumen yang terbuka akan terbuka pada satu jendela (window). Jadi, ketika kamu ingin berganti, dari satu dokumen ke dokumen lain harus menggeser kursor ke Taskbar dan memilih dokumen yang akan dilihat.

Office Tabs
Office Tabs
Jika kamu mengalami hal tersebut, kamu perlu mencoba software yang satu ini. Namanya Office Tabs. Sebuah software add-in untuk Microsoft office yang berguna untuk membuat tab. Dengan Office Tabs kamu bisa melihat, mengedit, dan mengatur dokumen, workbook, dan file presentasi melalu Tabbed View. Tabbed View maksudnya adalah kamu bisa membuka banyak dokumen dalam satu jendela dengan mudah dan cepat.

Spesifikasi Office Tabs

Berikut ini adalah spesifikasi Office Tabs:
  • Office Tabs adalah freeware, alias GRATIS.
  • Office Tabs adalah software add-in untuk Microsoft Office yang support mulai dari Office 2003-2016 dan juga Office 365.
  • Support semua edisi Microsoft Office: Enterprise, Ultimate, Professional Plus, Standard, Home and bussiness, dan home and Student.
  • Office Tabs hanya support 3 komponen Microsoft Office, yaitu: Office Word, Office Excel, dan Office Power Point. (Jika ingin support untuk semua komponen office, gunakan Office Tabs Enterprise (Berbayar dengan 30 hari trial))

Cara Memasang Office Tabs

Untuk memasang Office Tabs pada Microsoft Office-mu, silahkan ikuti langkah berikut ini.
1. Pertama, unduh file Office Tabs di laman official-nya: http://www.office-tabs.com/index.htm.
2. Setelah file terunduh, pasang Office Tabs ke komputer/laptopmu.
3. Setelah Office Tabs terpasang, buka salah satu dari komponen office-mu. Saya memisalkan Office Word.
4. Setelah office Word terbuka, di bagian Ribbon secara otomatis akan muncul Office Tabs. Disitu kamu bisa menemukan berbagai opsi pengaturan untuk Office Tabs.
5. Tab bisa kamu temukan di bawah Ribbon. Untuk menggunakannya, caranya sama dengan Tabs yang ada pada browser.
6. Selamat menikmati Tab view pada Microsoft Office.

Fitur Office Tabs

Office Tabs tidak hanya menawarkan Tab view saja. Ada banyak fitur yang disematkan yang tentu saja membantu-mu ketika membuka banyak dokumen. Berikut adalah fitur-fitur yang ditawarkan oleh Office Tabs.

Mudah digunakan
Dengan menggunakan Office Tabs, dokumen-dokumen yang kamu buka disajikan dalam bentuk Tab dalam satu jendela (Window). Kamu bisa mengakses dokumen-dokumen yang kamu buka itu dengan satu klik saja. Seperti ketika kamu memakai browser saat membuka banyak Website. Dengan begitu, pekerjaanmu akan lebih efisien.

Context Menu yang Multifungsi
Office Tabs memiliki Context Menu yang bisa kamu gunakan untuk berbagai macam fungsi seperti membuka, menyimpan, maupun menutup dokumen. Baik itu satu tab ataupun semua tab. Context Menu bisa dibuka dengan mengklik kanan pada tab ataupun tab bar.

Save semua Dokumen dengan Satu Klik
Dengan office Tabs, kamu bisa menyimpan dan menutup semu dokumen dengan satu klik. Kamu juga bisa menutup dokumen lain tanpa harus berpindah ke tab dokumen tersebut. Jika kamu membuka banyak file, kamu bisa menyimpan pekerjaanmu dalam satu klik lalu menutupnya. Kamu tidak perlu menyimpan pekerjaanmu satu persatu. Cukup klik Save All dari Context Menu, maka semua file-mu akan tersimpan. Sama halnya ketika ingin menutup semua file, tinggal pilih Close All, maka semua file akan tertutup.

Rename File dengan Mudah
Untuk mengganti nama file biasanya kamu harus menutup file dokumen yang terbuka, lalu klik kanan Rename. Atau dengan menyimpannya sebagai file baru dengan Save as. Tapi, dengan Office Tabs, kamu bisa me-Rename file dokumenmu dengan hanya mengklik kanan tab file, lalu pilih Rename.

Mengatur Tampilan Tab
Tampilan Tab bisa diatur menurut seleramu. Berikut fitur tampilan tab yang bisa diatur:
  • Tab Style: Ada 11 pilihan model tab yang bisa digunakan.
  • Tab Color: Warna Tab yang aktif dan tidak aktif bisa diatur warnanya.
  • Font dan panjang tulisan nama setiap tab bisa diatur sesuai keinginanmu.
Untuk mengakses fitur ini, klik kan pada tab/ tab bar lalu pilih Tabs for Word/Excel/PowerPoint Options.

Memiliki Fitur Shortcut
Office Tabs menyediakan shortcut untuk mengngakses tabs, hide dan display Tab bar, berpindah dari satu ke lain Tab, memilih Tab tertentu, dll. Shortcut default sudah disediakan, tetapi kamu bisa memodifikasinya menurut seleramu. Untuk mengakses fitur ini, klik kan pada tab/ tab bar lalu pilih Tabs for Word/Excel/PowerPoint Options.

Yang saya tuliskan di atas adalah beberapa fitur yang dimiliki oleh Office tabs. Kamu bisa mengecek fitur lainnya di website-nya atau mencoba langsung. Gratis ini.

Bagi saya sendiri, Office Tabs mempermudah saya dalam menggunakan Microsoft Office. Saya biasanya membuka Office Word, Excel, dan Power Poin bersamaan. Dan tidak hanya satu-satu.

Demikian ulasan saya mengenai Office Tabs. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Office Tabs, Software Gratis untuk Menambahi Fitur Tabs di Microsoft Office-mu"