Iphone 4s di Tahun 2019? Dipake Jadi Kamera Saja Kali ya…

Iphone 4s adalah smartphone yang pernah jaya pada zamannya. Di tahun 2011 smartphone ini rilis. Pada saat itu, dengan spesifikasi yang dimilikinya, Iphone 4s adalah smartphone berspesifikasi tinggi dengan harga yang mahal. Lalu bagaimana sekarang, setelah 8 tahun apakah smartphone ini masih enak dipake?


Selama ini, saya selalu memakai smartphone bersistem-operasi android. Belum pernah mencicipi smartphone dengan system operasi IOS. Nah, kebetulan beberapa minggu yang lalu saya memperoleh Iphone 4s. Meski hanya di IOS 9, saya bisa mengobati rasa penasaran mengenai sistem operasi IOS. 

Bagaimana rasanya memakai Iphone 4s di tahun 2019? Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba menuliskan kesan saya setelah menggunakan Iphone 4s ini selama kurang lebih tiga mingguan. Aspek yang akan dibahas dalam tulisan ini antara lain adalah spesifikasi, desain, performa, kamera, dan jaringan 3G-nya.

Baca juga: Memotret Objek Makro Dengan Sony Xperia Z5 dan Lensbong Makro

Spesifikasi 


Berikut ini adalah spesifikasi singkat Iphone 4s. 

Nama
Model
Version
CPU
RAM
Internal Storage
Eksternal Storage
Layar
Kamera Belakang
Flash
Kamera Depan
Flash
: Iphone 4s
: A1387
: updated to IOS 9.3.5
: Apple A5 APL0498
: 512 MB
: 8 GB
: Tidak
: 3,5 inch
: 8 MP
: Ya
: VGA
: Tidak

Material dan Desain 

Body Iphone 4s sangat solid. Bagian depan dan belakang body-nya terbuat dari material kaca. Lis di sisi-sisinya berbahan metal. Ukuran body Iphone 4s yang sangat kecil untuk smartphone di tahun 2019, membuat Iphone 4s sangat nyaman digunakan dengan satu tangan. 

Iphone 4s di Tahun 2019? Dipake Jadi Kamera Saja Kali ya
Iphone 4s Nampak Depan

Iphone 4s di Tahun 2019? Dipake Jadi Kamera Saja Kali ya
Iphone 4s Nampak Belakang

Iphone 4s di Tahun 2019? Dipake Jadi Kamera Saja Kali ya
Iphone 4s Nampak Samping


Kesan Pemakaian Iphone 4s 

Preference pemakaian smartphone: Multitasking. Aplikasi yang sering digunakan sehari-hari: SMS, telpon, chat, sosmed, browser, youtube, kamera, dan olshop. 

Dengan preferensi pemakain tersebut, berikut kesan saya setelah menggunakan Iphone 4s di tahun 2019.

1. Desain dan Build Quality Iphone 4s 

Menurut selera saya, desain Iphone 4s masih bisa dikatakan mewah di tahun 2019 ini. Body-nya sangat kokoh. Mungkin bobotnya yang menjadi keluhan. Bobotnya berat sedangkan ukurannya mungil. Selain itu, seperti smartphone bermaterial kaca lainnya, Iphone 4s juga licin. Kalo hanya mempertimbangkan desain dan build quality saja tanpa menghiraukan performa serta aspek lainnya, tak menutup kemungkinan saya menggunakan Iphone 4s sebagai smartphone utama untuk komunikasi dan kegiatan online lainnya. 

2. Performa Iphone 4s untuk sarana komunikasi 

Dengan spesifikasi yang dimilikinya, Iphone 4s masih cukup jika hanya dipakai untuk SMS, telpon, chatting, ataupun bersosial media. Namun, akan terasa ada delay saat membuka aplikasi, meski setelah itu bisa berjalan biasa. Apalagi jika Iphone 4s dipakai untuk menjalankan lebih dari dua aplikasi atau lebih secara bersamaan, smartphone ini akan ngelag. Suhu body smartphone naik juga. 

3. Smartphone dengan Jaringan 3G di tahun 2019 

Di era jaringan 4G yang nampaknya pun akan digeser oleh jaringan 5G, bagaimanakah rasanya memakai smartphone dengan jaringan 3G? Untuk chatting oke lah, tapi saat memakai Iphone 4s untuk keperluan lain misal membuka aplikasi sosmed atau olshop bagi saya tidak lah nyaman. Selain kendala lemotnya koneksi, opsi paket data yang regular (24 jam di semua jaringan) pun pilihannya terbatas. Solusinya, koneksi internet bisa menggunakan jaringan wifi. 

4. Kamera 8 MP Iphone 4s 

Mungkin dari sekian aspek yang melekat pada Iphone 4s, kamera belakangnya yang hanya 8 MP inilah yang menurut saya masih bisa unjuk gigi di tahun 2019. Foto dan video yang dihasilkan oleh kamera Iphone 4s ini masih mampu bersaing di feed sosmed. Begitu pula dengan hasil videonya, hasilnya jernih jika pengambilan dilakukan di tempat yang cukup cahaya. 

Saya melakukan pengambilan beberapa foto dengan beragam objek dan keadaan. Selain itu juga mengambil video baik dengan mode normal maupun timelapse. Sayangnya fitur slowmo belum ada di Iphone 4s. Sample foto dan video bisa dilihat diakhir tulisan ini. 

5. Internal Memory Kecil, Tanpa Slot Memory Eksternal Pula 

Nah, begitulah, jika memakai Iphone dengan internal memory yang kecil, kamu harus rajin membersihkan file yang tak diperlukan. Untuk file-file seperti foto dan video secara berkala harus dipindah ke laptop. 

6. Daya Tahan Baterai 

Dari ukuran body Iphone 4s saja sudah bisa dikira-kira, pasti kapasitas baterainya kecil. Saat saya memakainya dengan intens, dalam sehari Iphone 4s di-charge beberapa kali. 

Kesimpulan 

Setelah menikmati Iphone 4s selama beberapa waktu, Iphone 4s sudah tak memenuhi preferensi yang saya sebutkan di atas. Jadi, iphone 4s dipake jadi kamera saja kali ya… 

Contoh foto yang diambil dengan kamera belakang Iphone 4s:

Iphone 4s di Tahun 2019? Dipake Jadi Kamera Saja Kali ya
Foto Pemandangan
Foto Objek Portrait

Iphone 4s di Tahun 2019? Dipake Jadi Kamera Saja Kali ya
Foto objek dengan flash di tempat mini cahaya

Iphone 4s di Tahun 2019? Dipake Jadi Kamera Saja Kali ya
Foto objek bunga dari jarak dekat

Iphone 4s di Tahun 2019? Dipake Jadi Kamera Saja Kali ya
Foto objek bunga dari jarak sangat dekat


Contoh Video yang diambil dengan kamera belakang Iphone 4s:

Contoh Video Time Lapse yang diambil dengan kamera belakang Iphone 4s:

Terima kasih telah membaca tulisan ini. Jika ada, silahkan tuliskan pertanyaan, koreksi, maupun apresiasi di kolom komentar.
Iphone 4s di Tahun 2019? Dipake Jadi Kamera Saja Kali ya… Iphone 4s di Tahun 2019? Dipake Jadi Kamera Saja Kali ya… Reviewed by Imajiner Amatir on Januari 27, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.