Review Mi Power Bank 2, Kapasitas 10.000 mAh-nya Lebih Besar dari Power Bank Lain

Pada kesempatan kali ini saya akan kembali membahas power bank. Dan lagi-lagi kapasitasnya juga 10.000 mAh. Seperti ACMIC C10PRO, power bank ini juga memiliki fitur fast charging. Lalu kalo sama saja, buat apa dibahas? Mau menguji kapasitas lagi?

Oke, sebelumnya akan saya utarakan alasan saya membahas power bank tersebut lebih lanjut. Kali power bank yang akan dibahas adalah salah satu produk dari Xiaomi, yaitu Mi Power Bank 2 kapasitas 10.000 mAh. Nah, power bank kapasitas 10.000 mAh yang selama ini saya jumpai, semuanya memiliki Daya per-jam 37 Wh. Tetapi, Mi Power Bank 2 ini memiliki Daya per-jam 38,5 Wh. Jadi, saya memutuskan untuk mengulas produk ini. Oh iya, jika ingin membaca perbandingan antara ACMIC C10PRO dan Mi Power Bank 2, bisa dibaca disini.

Spesifikasi

Review Mi Power Bank 2, Kapasitas 10.000 mAh-nya Lebih Besar dari Power Bank Lain

Di bawah ini adalah spesifikasi Mi Power Bank 2:
Nama Produk : Mi Power Bank 2
Kapasitas : 10.000 mAh/ 38,5 Wh
Jenis Baterai : Polymer
Input (Micro USB) : 5V – 2A 9V/12V – 18W
Output : 5,1V – 2,4A 9V/12V – 15A Max
Dimensi : 130 x 71 x 14 mm
Warna : Hitam

Baca juga:
Review Power Bank "Fast Charging" ACMIC C10PRO

Bahan dan Desain

Badan Mi Power Bank 2 ini terbuat dari allumunium alloy. Varian yang saya ulas berwarna hitam. Hitamnya dove yang mengkilap. Elegannya warna hitam. Ukurannya sangat kompak, lebih kecil dari Power Bank ACMIC yang beberapa waktu lalu saya ulas. Menurut keterangan yang tertera di package-nya, finishing tepian body power bank ini menggunakan teknologi CNC Edge.

Sedangkan untuk penempatan tombol dan port USB, Mi Power Bank 2 ini sangatlah simple. Semuanya ditempatkan pada satu tempat saja, yaitu pada sisi depan. Dan spesifikasi power bank dicantumkan pada sisi yang berlawanan. Lalu pada sisi atas power bank terdapat logi MI. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Review Mi Power Bank 2, Kapasitas 10.000 mAh-nya Lebih Besar dari Power Bank Lain
Desain Mi Power Bank 2

In the Package

Pada paket penjualannya, Mi Power Bank 2 menyertakan:
  • 1-unit power bank
  • 1 buah kabel charger
  • 1 buku panduan
  • 1 kartu garansi

Fitur Unggulan

Untuk fitur unggulan, saya mencantumkan apa yang dicantumkan pada bagian depan dus/package ditambah poin yang menurut saya membuat power bank ini ada “lebih” nya dari power bank lain di kelasnya. Berikut fitur unggulan Mi Power Bank 2:

Two-way quick charge
Mi Power Bank 2 telah support teknologi fast charging. Fitur fast charging tersebut bisa digunakan baik untuk self-charging (men-charge baterai power bank itu sendiri) dan men-charge perangkat lain misalnya smartphone yang juga support teknologi fast charging.

Allumunium Alloy + CNC Edge
Badan Mi Power Bank 2 ini terbuat dari allumunium alloy. Sebagaimana tertulis di atas, finishing tepian badan power bank ini menggunakan teknologi CNC Edge. Jadi power bank ini memadukan antara badan yang kokoh dan desain yang bagus.

Kapasitas baterai 10.000 mAh dengan Daya per Jam mencapai 38,5 Wh
Nah, ini adalah kali pertama saya menjumpai power bank kapasitas 10.000 mAh dengan daya perjam 38,5 Wh atau voltase sebesar 3,85V. Kebanyakan power bank 10.000 mAh hanya memiliki voltase 3,7V atau daya perjam 37Wh. Berdasarkan hitungan di atas kertas, kemampuan power bank men-charge perangkat lain berbanding lurus dengan besarnya Daya per-jam sebuah power bank. Jadi, semakin besar Daya per-jam nya (Wh), maka kemampuan charging sebuah power bank semakin baik.

Small Current Discharge
Fitur ini digunakan ketika kita menggunakan power bank ini untuk men-charge perangkat-perangkat kecil seperti headphone Bluetooth, Smart Band, dsb. Cara mengaktifkan fitur Small Current Discharge ini adalah dengan menekan tombol Power dua kali. Ketika fitur ini aktif, lampu indicator akan berkedip satu-satu secara bergantian. Untuk keluar dari fitur ini tekan tombol Power sekali.

Protection Technology
Seperti power bank lainnya, Mi Power Bank 2 ini juga dilengkapi dengan proteksi yang melindungi power bank dan perangkat yang di-charge dari kerusakan yang diakibatkan oleh konsleting dan sejenisnya. Perlindungan yang ada antara lainover-charge protection, over-discharge protection, high temperature protection, dan short circuit protection.

Hasil Uji Pengisian Daya (Charging)

Self-Charging

Pada bagian spesifikasi power bank yang tertera di buku manual, hasil uji self-charging Mi Power Bank 2 adalah sebagai berikut:
Fast Charging (9V/2A atau 12V/1,5A) : 4,2 jam
Normal Charging (5V/2A) : 6,2 jam
Saya telah mencoba untuk men-charge Mi Power Bank 2 ini dengan kepala charger Motorola G2s Plus yang memiliki output 5V/3A dan kabel charger bawaan power bank. Waktu yang dibutuhkan untuk men-charge mendekati waktu uji lab fast charging yang tertera di buku manual. Yaitu sekitar 4,4 jam.

Charging Baterai Smartphone

Pada bagian ini, saya hanya akan membuat perbandingan kecepatan charging Mi Power Bank 2 ketika men-charge smartphone dengan fitur fast charging dan normal charging. Berhubung Mi Power Bank 2 ini hanya memiliki 1 output port saja yang digunakan untuk fast charging dan normal charging, saya menggunakan 2 smartphone untuk membandingkan kecepatan charging-nya. Yaitu: Moto G5s Plus (untuk fast charging) dan Infinix Zero 3 (untuk normal charging).

Hasil uji charging saya sajikan dalam bentuk grafik.

Review Mi Power Bank 2, Kapasitas 10.000 mAh-nya Lebih Besar dari Power Bank Lain
Fast Charging vs Normal Charging Mi power Bank 2

Pada grafik di atas, titik 100% tidak saya tampilkan. Untuk normal charging, proses charging selesai hingga 100% pada menit ke 110. Sedangkan untuk fast charging, proses charging mencapai 100% pada menit ke 105. Loh, kok selisih waktunya sedikit? Memang jika dilihat dari total waktunya, selisihnya sedikit. Tetapi, jika kita perhatikan kecepatan charging-nya, untuk mencapai prosentase baterai terisi 80%, selisih waktu fast charging dan normal charging cukup signifikan. Artinya, dengan fitur fast charging ini, kita bisa men-charge baterai smartphone dengan cepat, tetapi bukan untuk men-charge-nya sampe 100%. Misalnya, jika kita sedang terburu-buru, dengan fitur fast charging, dalam waktu yang lebih singkat baterai smartphone kita bisa terisi daya lebih banyak disbanding menggunakan normal charging.

Baca Juga:
Menguji Power Bank ACMIC C10PRO

Plus-minus Mi Power Bank 2

(+) 

  • Support two-way quick charge 
  • Daya per-jam yang lebih besar 38,5 Wh 
  • Body-nya solid 
  • Mempunyai small current discharge, aman untuk perangkat yang memiliki input kecil 

(-) 

  • Tidak memiliki auto cut off protection 
  • Bobotnya berat 
  • Tidak memiliki port USB Type C dan tidak diberi converternya.

Kesimpulan 

Setelah berpanjang lebar membahas berbagai aspek dari Mi Power Bank 2, akhirnya sampai pada bagian kesimpulan. 
  • Jika bagi saya, power bank ini bagus dan bisa jadi pilihan. Kriteria bagus yang saya gunakan adalah bahwa power bank ini telah mempunyai fast charging, daya per-jam-nya lebih besar, dan body-nya yang kompak untuk power bank berkapasitas 10.000 mAh. 
  • Akan tetapi, jika smartphone-mu belum support fast charging, mungkin bisa mencari power bank lain yang harganya lebih terjangkau. 
  • Atau jika smartphone-mu support fast charge tetapi menggunakan port usb type C, kamu harus selalu membawa kabel bawaan power bank untuk self-charging.
Nah demikian ulasan Mi Power Bank 2. Jika ingin menambahi, berpendapat, atau bertanya silahkan tuliskan di kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.

Baca juga:
Hal-hal yang Perlu dipertimbangkan Sebelum Membeli Power Bank 
Review Mi Power Bank 2, Kapasitas 10.000 mAh-nya Lebih Besar dari Power Bank Lain Review Mi Power Bank 2, Kapasitas 10.000 mAh-nya Lebih Besar dari Power Bank Lain Reviewed by Imajiner Amatir on April 02, 2018 Rating: 5

2 komentar:

  1. Bang mau tanya cara matiinnya gimananya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Normalnya kalo ga dipake,selang beberapa waktu mati sendiri power bank-nya gan

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.