Men-charge Motorola G5s Plus dengan Quick Charge 3.0 Power Bank ACMIC C10PRO

Setelah beberapa minggu menggunakan power bank ACMIC C10PRO, akhirnya saya bisa juga mencoba fitur fast charging yang dimiliki power bank tersebut. Sebelumnya, saya pernah mengulas tentang pengujian power bank ini. Tulisan tersebut berisi tentang data hasil uji charging power bank ACMIC C10PRO. Tetapi fitur fast charging yang dimiliki power bank tersebut belum dicoba 

Baca juga: 
Menguji Kapasitas Power Bank ACMIC C10PRO

Alasan fitur fast charging belum dicoba sederhana, karena belum ada smartphone yang bisa digunakan untuk mencoba fitur tersebut. Saya baru bisa mencobanya sekarang, setelah ada smartphone yang support fast charging. 

Oke, sebelum memaparkan hasil percobaannya, saya akan sedikit mengulas mengenai fitur fast charging milik power bank ACMIC C10PRO dan smartphone yang di-charge oleh power bank tersebut. 

Men-charge Motorola G5s Plus dengan Quick Charge 3.0 Power Bank ACMIC C10PRO
Quick Charge 3.0 Power Bank ACMIC C10PRO

Qualcomm Quick Charge 3.0 


Fitur fast charging yang disematkan pada power bank ACMIC C10PRO adalah Qualcomm Quick Charge 3.0. Quick Charge 3.0 ini adalah generasi ketiga dari teknologi fast charging yang dikembangkan oleh perusahaan Qualcomm. Teknologi Quick Charge 3.0 ini diklaim mampu mengisi daya 4x lebih cepat dibandingkan pengisian yang tidak menggunakan teknologi Quick Charge. 

Qualcomm Quick Charge diperuntukkan bagi perangkat yang juga menggunakan Soc produksi dari Qualcomm juga, yaitu Snapdragon. Namun, tidak semua perangkat yang menggunakan Soc Snapdragon support teknologi tersebut. Untuk perangkat smartphone yang mendukung teknologi Qualcomm Quick Charge 3.0 ini, bisa dilihat disini

Motorola G5s Plus 

Pada tulisan ini, saya menggunakan smartphone Motorola G5s Plus. Smartphone ini telah memiliki fitur fast charging. Motorola menamai fitur fast charging-nya Turbo Power. Di kepala charger bawaan smartphone ini tertera varian output fast charging-nya, yaitu: 5V-3A / 9V-1,6A / 12V-1,2A. 

Smartphone ini menggunakan Soc keluaran Qualcomm yaitu Snapdragon 625. Namun, berdasarkan daftar smartphone yang support teknologi Qualcomm Quick Charge 3.0 yang dirilis oleh Qualcomm, ternyata Motorola G5s Plus ini tidak termasuk di dalamnya. 😢

Akan tetapi, ketika saya coba men-charge smartphone ini melalui port quick charge power bank ACMIC C10PRO, fitur Quick Charge 3.0 power bank ACMIC tersebut aktif. Hal tersebut dapat diketahui dengan menyalanya lampu indicator hijau yang memang menjadi penanda aktifnya fitur Quick Charge 3.0 pada power bank ACMIC C10PRO. Apakah itu berarti Motorola G5s Plus ini support fitur Quick Charge 3.0 pada ACMIC C10PRO? 

Data Charging Motorola G5s Plus Menggunakan Power Bank ACMIC C10PRO 

Disini, saya akan menyajikan data yang diambil selama proses charging Motorola G5s Plus Menggunakan Power Bank ACMIC C10PRO berlangsung. Karena ini bukan uji kapasitas power bank, maka saya hanya menyajikan data satu kali charging. Data yang saya ambil meliputi:

  • Besaran arus dan voltase yang keluar. 
  • Prosentase baterai smartphone. 
  • Data a dan b dicatat setiap 15 menit hingga baterai terisi penuh. 

Baik, kita langsung masuk ke pokok pembahasan. Saya akan memulai dengan menyajikan spesifikasi dan kondisi perangkat yang terlibat. 

Smartphone 
Nama Smartphone : Motorola G5s Plus 
Kapasitas Baterai : 3000 mAh 
Status : Mode Pesawat 
Prosentase Sisa Daya Baterai : 15% 

Power Bank 
Nama Power Bank : ACMIC C10PRO 
Kapasitas : 10.000 mAh 
Status Power Bank : 100 % (penuh) 
Lampu Indikator : Menyala Semua (4 lampu) 

Aplikasi Pengukur yang dipakai : Ampere 

Berikut ini adalah tabel yang menyajikan data yang berhasil diperoleh.


NB:
  • Status smartphone ada dalam mode pesawat. Smartphone hanya digunakan untuk membuka aplikasi Ampere guna mengecek data charging.
  • Angka yang tertera pada table adalah kisaran. Jadi selama proses charging, voltase dan arus berubah-ubah. Namun perubahannya tidak ekstrim, stabil pada kisaran angka tertera di table.

Hasil Pengujian fitur Qualcomm Quick Charge 3.0 milik power bank ACMIC C10PRO.

Sebagaimana proses charging umumnya, pada saat prosentase baterai terisi masih rendah, arus yang masuk besar. Dan akan menurun seiring naiknya prosentase baterai terisi mendekati 100%. Dari tabel di atas dapat diketahui jika proses charging optimal kecepatannya adalah ketika prosentase baterai masih di bawah 75%. Setelah itu kecepatan menurun, bahkan pada 30 menit terakhir penambahan prosentase baterai hanya 10%.

Sedangkan untuk waktu charging, berdasarkan data di atas, waktu charging pada uji coba ini sudah mencerminkan hasil yang diperoleh oleh teknologi quick charge. Dimana kecepatan charging ketika prosentase baterai terisi masih di bawah 80% bisa dikatakan lebih cepat daripada proses charging biasa. Meski tidak mencapai 4x kecepatan charging biasa atau normal.

Lalu kesimpulannya? Sebentar, sebelum memasuki kesimpulan, kita bahas dulu voltase dan arus keluar selama proses charging. Berdasarkan data di atas, pada saat baterai belum mencapai 80% (dimana Quick charge 3.0 menunjukkan efeknya secara signifikan), arus keluar berada pada rentang angka 2,3A – 2,7A. Sedangkan voltase stabil di kisaran 4V.

Oke, sekarang saya akan masuk kedalam kesimpulan. Berikut poin kesimpulan yang bisa saya tuliskan.
  • Power bank ACMIC C10PRO mendeteksi Motorola G5s Plus sebagai perangkat yang support Quick Charge 3.0. Hal ini saya simpulkan demikian karena lampu indikator penanda Quick Charge 3.0 aktif menyala.
  • Namun, berdasarkan voltase dan arus keluar (output) yang mampu diterima oleh smartphone, Motorola G5s Plus ini paling tidak support Quick Charge 2.0. Berdasarkan keterangan yang dirilis oleh Qualcomm di Website-nya, salah satu varian output Quick Charge 2.0 adalah 5V – 3A.
  • Di atas saya juga telah sekilas memaparkan spesifikasi Turbo Power, fitur fast charging yang tersemat pada Motorola G5s Plus. Voltase dan arus keluar (output) salah satu varian outputnya juga 5V – 3A.
  • Jadi, berdasarkan 3 poin di atas, saya menyimpulkan bahwa Turbo Power milik Motorola G5s Plus telah mengaktifkan fitur Quick Charge 3.0 milik ACMIC C10PRO. Namun, kecepatan charging yang diperoleh hanya sebatas kemampuan teknologi fast charging Turbo Power.

Saya rasa baru kesimpulan di atas yang dapat saya tuliskan. Jadi, saya baru bisa mengatakan bahwa fitur Quick Charge 3.0 pada power bank ACMIC C10PRO berfungsi. Namun, saya belum bisa menikmati tuahnya. Bisa dikatakan saya baru baru merasakan tuah Quick Charge 2.0.

Sekian dulu. Apabila ada saran, tanggapan, maupun komentar, silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah. Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.

Baca juga:
Hal-hal yang Perlu dipertimbangkan Sebelum Membeli Power Bank

Men-charge Motorola G5s Plus dengan Quick Charge 3.0 Power Bank ACMIC C10PRO Men-charge Motorola G5s Plus dengan Quick Charge 3.0 Power Bank ACMIC C10PRO Reviewed by Imajiner Amatir on Maret 25, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.