Menguji Kapasitas Power Bank Zola Tocrh 10.000 mAh

Beberapa hari yang lalu, saya baru check-out sebuah produk power bank yang ada di Flash Sale Shopee. Bentuknya unik, kapasitasnya 10.000 mAh, dan harganya di flash sale 105 ribu. Merknya Zola Torch Power Bank. Singkat kata, barang sudah sampai dan siap digunakan. Karena saya penasaran, saya mencoba untuk membuat dokumentasi data charging smartphone menggunakan power bank ini. Anggap saja ini sebagai pengujian kapasitas Power Bank tersebut. Namun, sebelum saya sajikan hasil tes-nya, tak ada salahnya untuk berkenalan lebih dulu dengan spesifikasi Power Bank Zola Torch.

Menguji Kapasitas Power Bank Zola Tocrh 10.000 mAh
Zola Torch 10.000 mAh

Spesifikasi Power Bank Zola Torch

Berikut ini adalah spesifikasi power bank Zola Torch yang dicantumkan pada bagian belakang box-nya.
  • Nama Produk : Torch 10000
  • Model : ZP10W
  • Kapasitas : 10.000 mAh
  • Jenis Baterai : Li-polymer Cells
  • Input : DC 5 V 2 A
  • Output : DC 5 V 2,1 A (maksimal)
  • Berat : 200g
  • Dimensi : 156 *64*24 mm
  • Warna : Putih
  • Waktu Pengisian Daya : 6.5 jam dengan adaptor 2.1 A
  • Isi Box : 1 unit Power Bank dan 1 buah kabel charger.

Deskripsi Unit Power Bank Zola Torch

Zola Torch Power Bank adalah produk power bank keluaran zola yang dibandrol harga di kisaran seratusan ribu untuk kapasitas 10.000 mAh. Sebenarnya ada produk dengan kapasitas yang sama dan harga yang kurang lebih sama yang juga dikeluarkan oleh Zola. Namun, yang menjadikan power bank Zola Torch menarik perhatian saya adalah adanya fitur “Torch”-nya. Yap, pada salah satu ujung badan power bank Zola Torch disematkan sebuah lampu yang dinamai Torch karena dari segi tata letak seperti obor. Untuk lebih jelasnya, silahkan amati gambar berikut ini.

Menguji Kapasitas Power Bank Zola Tocrh 10.000 mAh
Zola Torch 10.000 mAh

Menguji Kapasitas Power Bank Zola Tocrh 10.000 mAh
Zola Torch 10.000 mAh
Menarik bukan? Kalau menurut saya iya, menarik. Hehe... tapi, semenarik apapun fitur suatu produk power bank, tentu saja tidak mengaburkan pertimbangan kita ketika kita akan membeli suatu power bank. Dengan harga yang saya sebutkan di atas, bagaimanakah performa power bank Zola Torch ini? Berikut hasil dokumentasi saya, setelah beberapa kali melakukan pengisian baterai smartphone menggunakan power bank ini.

Uji Kapasitas Power Bank Zola Torch

Untuk mengetahui kapasitas power bank Zola Torch ini, saya melakukan pengisian baterai smartphone menggunakan power bank ini. Berikut data smartphone dan kondisinya serta kondisi power bank yang akan saya jadikan acuan.
  • Nama Smartphone : Infinix Zero 3
  • Kapasitas Baterai : 3000 mAh
  • Status : Mode Pesawat, tanpa koneksi internet
  • Prosentase Sisa Daya Baterai : Terlampir
  • Nama Power Bank : Zola Torch
  • Kapasitas : 10000 mAh
  • Status Power Bank : 100 % (penuh)
Karena power bank ini tidak menampilkan prosentase dayanya, selanjutnya saya menggunakan jumlah lampu indikator power bank yang menyala sebagai pengganti prosentase sisa daya power bank.

Untuk data voltase dan arus yang mengalir dari power bank ke smartphone, saya mengambil datanya menggunakan fitur Manual Testing bawaan smartphone. Cara membuka fitur tersebut adalah dengan dial *#*#88#*#*. Lalu pilih Manual Testing kemudian pilih Charging. Disana akan muncul data voltase dan arus selama smartphone di-charge. Karena angkanya yang berubah-ubah, saya kira-kira saja. karena perubahannya pun takkan melompat jauh. Kecuali ketika pengisian telah mencapai 90%, arus pengisian akan menurun. Dan pada saat baterai mencapai prosentase 100% atau prosentase tertentu, pengisian akan berhenti otomatis.

(update) untuk melihat data voltase dan arus juga bisa dengan aplikasi yang tersedia di playstore. Cara yang saya sebutkan di atas berfungsi pada smartphone dengan processor mediatek.

 Berikut Data Pengisian Baterai Smartphone menggunakan Power Bank Zola Torch:

Status Power Bank : 100 % (4 lampu indikator menyala semua)

Charging 1 : Kamis, 01 Februari 2018

Lampu Indikator Menyala: 4 lampu
Smartphone: Infinix Zero 3
Battery Capacity: 3.000 mAh
Sisa Baterai: 24%
Charging Time: 04.00 – 06.05 WIB (24% - 96%)
Average Charging Voltage/current: 4.85 V / 1.350 mA (sebelum kapasitas baterai mencapai 90%)
Mode: Mode Pesawat, tanpa koneksi internet.
Sisa Lampu Indikator Menyala: 3 lampu

NB: Pengisian baterai smartphone berakhir otomatis pada prosentase baterai smartphone 96%.

Charging 2 : Kamis, 01 Februari 2018

Lampu Indikator Menyala : 3 lampu
Smartphone : Infinix Zero 3
Battery Capacity : 3.000 mAh
Sisa Baterai : 16%
Charging Time : 21.21 – 23.40 WIB (16% - 95%)
Average Charging Voltage/current : 4.95 V / 1.250 mA (sebelum kapasitas baterai mencapai 90%)
Mode : Mode Pesawat, tanpa koneksi internet.
Sisa Lampu Indikator Menyala : 2 lampu

NB: Pengisian baterai smartphone berakhir otomatis pada prosentase baterai smartphone 96%.

Charging 3 : Jumat, 02 Februari 2018

Lampu Indikator Menyala : 2 lampu
Smartphone : Infinix Zero 3
Battery Capacity : 3.000 mAh
Sisa Baterai : 7%
Charging Time : 13.42 – 14.44 WIB (7% - 59%)
Average Charging Voltage/current : 4.94 V / 1.215 mA (sebelum kapasitas baterai mencapai 90%)
Mode : Mode Pesawat, tanpa koneksi internet.
Sisa Lampu Indikator Menyala : 0 lampu

NB: Pengisian daya berakhir power bank kehabisan daya.

Pengisian Daya Power Bank : Jumat, 02 Februari 2017

Waktu Pengisian Daya 0% - 100% : 19.00 - 23.56 WIB
Kabel Charger : Kabel Bawaan Power Bank Zola Torch
Adapter : Output 5.0 V / 2.0 A
Lama Pengisian: 4 jam 56 menit.

Dari data di atas, berdasarkan variabel-variabel yang tersaji mulai dari status power bank, status baterai smartphone, mode smartphone, serta arus daya yang mengalir diperoleh hasil sebagai berikut:

1. Daya Power Bank yang keluar pada charging 1: (96%-24% )*3.000 mAh = 2.160 mAh
2. Daya Power Bank yang keluar pada charging 2: (95%-16% )*3.000 mAh = 2.370 mAh
3. Daya Power Bank yang keluar pada charging 3: (59%-7% )*3.000 mAh = 1.500 mAh
4. Kapasitas Daya Power Bank berdasarkan charging 1, 2, dan 3:
 
    2.160 mAh + 2.370 mAh + 1.500 mAh = 6030 mAh.

NB: Selain untuk men-charge baterai smartphone, saya beberapa kali menyalakan lampu “Torch” power bank ini untuk memotretnya.

Kapasitas Power Bank dan Jumlah Siklus Charging

Jika dalam perhitungan angka, power bank dengan kapasitas 10.000 mAh akan mampu men-charge sebanyak 3 kali baterai smartphone yang memiliki kapasitas 3.000 mAh dan itupun masih ada kelebihan 1.000 mAh. Tetapi, hasil uji kapasitas power bank yang telah saya lakukan menunjukan hasil yang berbeda. Power bank Zola Torch yang berkapasitas 10.000 mAh hanya mampu melakukan charging beberapa kali yang jika dijumlahkan 6.030 mAh. 

Dikarenakan rasa penasaran apakah pengujian yang saya lakukan berada pada jalur seharusnya atau tidak, saya kemudian googling mengenai cara menghitung real capacity dari suatu power bank. Kemudian saya menemukan sebuah artikel yang menjelaskan tentang kapasitas sebuah power bank dalam satuan mAh dan efisiensi pengisian dayanya. Judulnya “Understanding the capacity (mAh) and the charge efficiency of a power bank”. Meski yang diuji coba pada tulisan tersebut adalah power bank dengan baterai jenis Lithium sedangkan power bank Zola Torch ini menggunakan baterai jenis Polymer, saya berasumsi, hasilnya akan sejalan, meski angkanya tidak akan sama.

Menurut artikel tersebut, kapasitas power bank secara umum dinyatakan dengan satuan milli ampere-hour (mAh). Satuan mAh adalah untuk mengukur arus. Akan tetapi, kita tidak bisa menghitung banyaknya siklus charging dengan cara membagi kapasitas power bank dengan kapasitas baterai smartphone. Karena, selain arus, voltase juga menjadi variabel yang mempengaruhi perhitungan. Pada artikel diterangkan cara penghitungan kapasitas power bank yang benar-benar berguna untuk men-charge baterai smartphone sehingga jumlah siklus charging sebuah power bank untuk men-charge smartphone yang sama bisa diketahui. Dan dari penghitungan menurut cara yang diterangkan di sana, power bank dengan kapasitas 10.000 mAh bisa digunakan untuk men-charge smartphone sampai kapasitas total 6.926 mAh. Untuk cara menghitungnya, akan saya jelaskan pada tulisan saya berikutnya.

Kesimpulan

Pada pengujian Power Bank Zola Torch di atas, jumlah kapasitas power bank yang bisa digunakan untuk men-charge baterai smartphone totalnya adalah 6.030 mAh. Selain untuk men-charge baterai smartphone, saya juga beberapa kali menyalakan lampu “Torch” power bank tersebut. Sehingga total kapasitas power bank lebih dari 6.030 mAh. Tetapi angka tepatnya tidak saya ketahui. Berdasarkan cara penghitungan yang diterangkan di atas, kapasitas 10.000 mAh power bank Zola Torch yang saya uji adalah kapasitas yang sebenarnya atau mendekati sebenarnya.

Oke, pembahasan mengenai uji kapasitas power bank saya cukupkan sekian. Apabila ada yang perlu dikoreksi dari tulisan ini ataupun ada saran, silahkan tuliskan di kolom komentar. Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih.
Menguji Kapasitas Power Bank Zola Tocrh 10.000 mAh Menguji Kapasitas Power Bank Zola Tocrh 10.000 mAh Reviewed by Imajiner Amatir on Februari 03, 2018 Rating: 5

8 komentar:

  1. Wahh. Yo akeh yo kaceke. Jajal nek delcel piye. 🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nek secara perhitungan, dengan kapasitas yang sama kurang lebih akan sama hasilnya. Tulisan berikutnya nanti saya bahas langkah penghitungannya.

      Hapus
  2. Keren.. Makasih.. Berguna banget..
    Trus cara mengetahui powerbank kita sudah 100% bgaimana? Soalnya led ke-4 kedip2 terus, kgak mau berhenti.. Apakah kalo led ke-4 udah hidup, brarti udah penuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih apresiasinya mas.

      Ooh, berarti sama seperti PB saya mas, indikator pengisian penuh tidak berfungsi.

      UNtuk PB Zola Torch ini, pada bagian spesifikasi dicantumkan hasil uji lab bahwa pengisian sampai penuh itu sekitar 6,5 jam, menggunakan charger dengan output 5V 2,1 A. Nah, itu bisa dijadikan acuan mas. Kalo sudah 6,5 jam dicopot saja.

      Hapus
  3. Makasih artikelny mas

    Berarti termasuk oke ya pb zola

    Idealny 10.000 mah bisa charging 6900 mah batre..itu 6030..cm slisih dikit..sip

    BalasHapus
  4. artikel anda sangat bagus..terimakasih gan
    saya jadi paham tentang powerbank

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan sama-sama. terima kasih apresiasinya.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.