Adapter untuk Memasang Action Camera ke Smartphone Gimbal (Stabilizer)

Beberapa minggu yang lalu, saya pernah mengulas sebuah gimbal atau stabilizer yang diperuntukkan bagi smartphone, yaitu X-Cam Sight 2. Selain X-Cam Sight, produsen gimbal lainnya seperti DJI, Zhiyun, dsb. juga mengeluarkan produk gimbal yang dikhususkan untuk smartphone. Karena gimbal tersebut hanya dikhususkan untuk smartphone, maka tempat yang disediakan untuk memasang perangkat kamera-nya pun dirancang sebagaimana holder smartphone. Jadi, kita tidak bisa menggunakan gimbal itu untuk perangkat kamera lain seperti action camera ataupun kamera digital.
Gimbal Murah untuk Smartphone-mu, X-Cam Sight 2
Namun, smartphone gimbal sebenarnya bisa digunakan sebagai stabilizer bagi action kamera dan kamera digital. Karena, berat kedua kamera tersebut kurang lebih setara bahkan action kamera lebih ringan dari berat smartphone. Dengan berat yang setara atau lebih ringan, berarti smartphone gimbal masih mampu menyangganya. Berbeda jika yang dipasangkan ke smartphone gimbal adalah kamera DSLR yang beratnya berkali lipat berat smartphone.


Adapter Action Cam to X-cam Sight 2

Karena saat Harbolnas di bulan Desember kemarin saya membeli sebuah action camera, saya pun berkeinginan untuk menggunakan X-cam Sight 2 sebagai stabilizer bagi action camera tersebut. Kemudian saya mencoba mencari informasi di internet, dan menemukan sebuah produk yang bisa digunakan sebagai adapter action camera ke smartphone gimbal. Nama produk tersebut Action Cam Adapter atau Mount Plate Adapter.
Review Action Cam BRICA B-Pro 5 Alpha Editon Mark IIs

Mount Plate Adapter

Mount Plate Adapter adalah sebuah alat yang digunakan untuk memasangkan action kamera ke smartphone gimbal. Sebagaimana namanya, alat tersebut berupa lempengan besi yang dirancang memiliki tempat untuk dudukan action kamera di satu ujung, dan menebal di ujung yang lain sebagai beban untuk mengimbangi beban action kamera. Berikut contoh gambar Mount Plate Adapter.

Mount Plate Adapter untuk Memasang Action Camera ke Smartphone Gimbal
Mount Plate Action Cam Adapter
Mount Plate Adapter untuk Memasang Action Camera ke Smartphone Gimbal
Mount Plate Action Came Adapter
Mount Plate Adapter pada gambar di atas, adalah adapter yang saya beli di marketnya aliexpress. Sebenarnya ada beberapa produk adapter yang bentuknya berbeda dan tentunya harganya juga berbeda. Pada akhirnya, pilihan saya jatuh kepada adapter di atas. Karena harganya, dan tentunya gratis ongkir. Setelah 24 hari penantian, adapter yang saya beli sampai tujuan. Dan... ternyata ukurannya terlalu kecil bagi holder X-Cam Sight 2. Hahaha... Saya terlampau fokus pada harga, jadi tidak mempertimbangkan tinggi holder gimbal yang saya miliki dengan tinggi adapternya. Sebenarnya ada adapter khusus untuk gimbal X-Cam Sight 2. Tapi, saya malah membeli adapternya smartphone gimbal semacam DJI osmo, Zhiyun, dsb.

Memodifikasi Mount Plate Adapter untuk X-Cam Sight 2

Mau bagaimana lagi, karena sudah dibeli ya bagaimana caranya bisa digunakan. Kebetulan, X-Cam Sight 2 menyertakan 2 buah bantalan pada paket penjualannya. Bantalan tersebut fungsinya untuk membuat holder smartphone pada gimbal bisa mencengkeram smartphone yang ukurannya lebih kecil dari holder. Pada satu sisi bantalan sudah ada pelekatnya. Mungkin seharsnya bantalan tersebut ditempel ke cengkraman holder, tetapi, karena gimbal ini juga saya gunakan untuk smartphone juga akhirnya bantalan tersebut saya lekatkan ke Mount Plate Adapter.

Akhirnya Mount Plate Adapter bisa dipasangkan ke holdernya gimbal. Tetapi muncul masalah lagi, setelah action camera dipasang, posisi awal tidak bisa balance. Ujung Plate yang berfungsi sebagai pemberat masih belum bisa mengimbangi berat Action Camera. Padahal, syarat untuk menggunakan gimbal X-Cam Sight adalah beban pada holder gimbal harus seimbang. Dan seandainya dengan posisi yang tidak seimbang gimbal tetap berfungsi, hal tersebut akan membebani motor gimbal yang berakibat baterai cepat habis atau bahkan memperpendek umur gimbal karena bekerja over.

Mempertimbangkan hal tersebut, saya kemudian mengakali ketidakseimbangan tersebut dengan menambahi beban pada ujung pemberat. Tentu saja setelah mempertimbangkan berat action camera ditambah Mount Plate Adapter dan pemberat tambahan tidak selisih jauh dengan berat smartphone yang saya pakai. 

Benda yang saya gunakan untuk menjadi pemberat tambahan adalah:

  • holder smartphone yang memiliki 2 lubang baut (bisa mengatur beban tambahan)
  • baut 1/4 inch 10 (menempatkan beban tambahan)
  • mur 1/4 inch secukupnya

Mount Plate Adapter untuk Memasang Action Camera ke Smartphone Gimbal
Siap Memodifikasi Mount Plate
Mount Plate Adapter untuk Memasang Action Camera ke Smartphone Gimbal
Mount Plate Siap Membantu Action Cam dipasang di X-Cam Gimbal
Mount Plate Adapter untuk Memasang Action Camera ke Smartphone Gimbal
Action Cam terpasang pada X-Cam
Mount Plate Adapter untuk Memasang Action Camera ke Smartphone Gimbal
Siap Merekam Video dengan Action Cam dibantu X-Cam Gimbal sebagai stabilizer
Setelah saya modifikasi, akhirnya Mount Plate Adapternya bisa digunakan untuk memasang action camera pada holder gimbal X-Cam Sight 2. Hasilnya seperti nampak pada gambar di atas.

Nah, demikian curhat saya mengenai Mount Plate Adapter. Pelajaran moral yang bisa diambil adalah jangan melulu memperhatikan harga dan gratis ongkir, cermati pula spesifikasi produk dengan benar. Semoga tulisan ini bermanfaat. Sekian. Terima kasih.
Adapter untuk Memasang Action Camera ke Smartphone Gimbal (Stabilizer) Adapter untuk Memasang Action Camera ke Smartphone Gimbal (Stabilizer) Reviewed by Imajiner Amatir on Januari 30, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.