Cara Membuat DIY Slider Kamera Untuk Smartphone

DIY Slider Siap Pakai
|| Slider Kamera dari printer bekas ||
Slider Kamera adalah rel/trek yang menjaga kestabilan kamera ketika digeser pada saat pengambilan video. Slider sudah banyak diperjualbelikan baik offline maupun online. Tutorial cara membuat slider untuk kamera dslr maupun kamera smartphone pun sudah bertebaran, berupa artikel dan video.

Beberapa bulan terakhir saya sedang belajar membuat video dengan smartphone. Alhasil, perlengkapan pendukung seperti tripod, smartphone lens, stabilizer, dsb. masuk dalam whishlist. Namun, dikarenakan budget kantong yang ala kadarnya, yaaa... pengadaan perlengkapan tersebut pun harus ala kadarnya. Hehe...

Terinspirasi dari berbagai kreasi yang tersaji di internet baik berupa video maupun artikel, ketika melihat bangkai printer timbul keinginan saya untuk mencoba membuat slider kamera sederhana dari bagian-bagian printer tersebut. Dan setelah beberapa kali percobaan bongkar pasang, pada akhirnya terwujudlah keinginan saya untuk memiliki sebuah slider kamera. (yang ala kadarnya) hahaha...

Nah, bagi kamu yang mempunyai printer rusak di rumah, jangan dibuang. Beberapa komponen yang ada pada printer tersebut, bisa kita manfaatkan untuk membuat slider kamera. (yang ala kadarnya)

Pada postingan ini, saya mencoba berbagi pengalaman saya dalam membuat slider kamera dari printer bekas. Semoga bermanfaat.. 😀

Bahan dan Alat yang dibutuhkan

Bahan:
Printer bekas (dudukan rumah cartridge dan rel lintasannya) 
Holder U 
Baut ¼ inch standar tripod 
Mur baut ¼ inch 
Mur Topi 
Ring baut ¼ inch 
Sekrup runcing 
Papan kayu seluas sisi bawah rel lintasan cartridge. 

Alat:
Obeng 
Gergaji 
Bor 
Penggaris 
Ballpoint/spidol 

Langkah-langkah:

1. Siapkan printernya. Pada artikel ini saya memakai printer Canon IP2770 bekas.
2. Bagian printer yang akan kita manfaatkan adalah rel lintasan dan dudukan rumah cartridge.

Rel dan Rumah Cartridge Printer
Rel dan Dudukan Cartridge masih terpasang di badan printer
3. Copot rel cartridge dan dudukan cartridge dari badan printer.

Rel dan Dudukan Rumah Cartridge dicopot dari Badan Printer
Rel dan Dudukan Cartridge terpisah dari badan printer
4. Selanjutnya, pisahkan dudukan cartridge dari lintasannya. Rel lintasan cartridge sebenarnya terdiri dari dua bagian. Copot baut yang mengunci kedua bagian tersebut. Angkat bagian yang sempit, lalu geser dudukan cartridge ke samping untuk melapaskannya. Dan hasilnya bisa dilihat pada gambar.

Rel dan Dudukan Rumah Cartridge dipisahkan
Dudukan Cartridge dicopot dari rel lintasannya
5. Setelah dudukan cartridge terpisah dari relnya, hilangkan bagian atasnya, yang kita butuhkan hanya bagian bawah dudukannya saja. Ratakan permukaan dudukan cartridge. Lihat di gambar.

Dudukan Rumah Cartridge siap pakai
Dudukan Cartridge siap pakai
6. Lalu bongkarlah dudukan tersebut dari bagian bawah. Hati-hati, ada sekrup dan peer kecil sebagai pengunci. Copot semua isinya.

Dudukan Cartridge dibongkar
Dudukan Cartridge nampak bawah setelah dikosongkan
7. Setelah itu, buatlah lubang seukuran baut 1/4 inch di bagian tengah permukaan dudukan. Nantinya lubang tersebut akan digunakan untuk memasang baut sehingga ujungnya bisa muncul dipermukaan dudukan.

Dudukan Smartphone modifikasi dari Dudukan Cartridge
Dudukan Cartridge nampak atas, setelah dibuat lubang seukuran baut 1/4 inch
8. Sekarang kita akan memulai pemasangan baut pada dudukan. Siapkan baut 1/4 inch (standar tripod), 2 buah mur baut, 1 buah ring kecil dan 4 buah ring besar serta papan kayu. Susun sebagaimana gambar.

Baut, Mur, dan Papan penampang
Baut tempat memasang Holder Smartphone
9. Lalu pasangkan ke dudukan cartridge dari arah bawah. Pastikan Sekrupnya tegak. Sekrup tersebut akan menjadi dudukan kamera atau holder smartphone.

Baut dipasang
10. Setelah yakin baut ¼ inch telah terpasang dengan benar, gabungkan lagi dudukan cartridge seperti semula.

Dudukan Smartphone untuk Slider dimodifikasi dari Dudukan Cartridge
Dudukan Smartphone untuk Slider
11. Sekarang kita beralih ke rel lintasan cartridge. Dikarenakan permukaan bawahnya yang tidak rata, maka kita pasang papan kayu di bawahnya. Potong papan kayu seukuran dengan luas lintasan. Pada artikel ini saya membuatnya menjadi 3 potong. Bagian kanan, kiri, dan tengah.

Papan Kayu untuk bantalan Rel Slider
Papan Kayu untuk bantalan
12. Nah, untuk potongan kayu yang tengah, di titik tengahnya dibuatkan lubang seukuran baut ¼ inch supaya bisa dipasangkan ke tripod.

Lubang tembat memasan tripod
Lubang baut tripod
13. Dan di bagian sebaliknya, lubangnya dibuat lebih besar dan dipasangi mur topi untuk baut ¼ inch seperti di gambar. Tujuannya untuk menguatkan cengkeraman.

Mur Topi
14. Masing-masing potongan kayu dilubangi untuk memasang sekrup runcing yang akan menjadi pengunci kayu dengan sisi bawah papan rel. Sesuaikan dengan lubang yang ada pada papan rel lintasan. Lihat gambar.

Papan Kayu dipasang sebagai bantalan rel slider
15. Setelah itu, kita pasang potongan kayu ke sisi bawah papan rel, dan kita kunci dengan sekrup runcing. Hasilnya lihat gambar.

Bantalan Rel Slider terpasang
16. Nah, sekarang kita gabungkan kembali dudukan cartridge dan lintasannya. Langkah ini adalah kebalikan dari langkah No. 4. Hasilnya lihat gambar.

Rel dan Dudukan Slider siap
17. Setelah Dudukan terpasang, itu berarti slider kamera smartphone telah jadi. Tinggal dipasangi Holder U sebagai tempat smartphone, maka slider siap digunakan.

Holder Smartphone dipasang
18. Slider ini juga bisa dipasangkan ke tripod, sehingga bisa diatur tingginya dan kemiringannya.

Slider kamera dan Tripod
Slider dipasang pada tripod
Selamat Mencoba!! Jika ada pertanyaan, bisa ditanyakan melalui kolom komentar.

Cara Membuat DIY Slider Kamera Untuk Smartphone Cara Membuat DIY Slider Kamera Untuk Smartphone Reviewed by Imajiner Amatir on Oktober 30, 2017 Rating: 5

4 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.