Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Menggunakan Aplikasi IGTV Instagram

Instagram adalah sebuah social media yang diperuntukkan bagi para pengguna smartphone. Instagram akan bisa digunakan dengan optimal pada system operasi yang berbasis android dan IOS yang merupakan system operasi bagi smartphone. Kita semua tentu tahu, para pengguna Instagram menggunakan aplikasi ini untuk mempublikasikan informasi, karya, dokumentasi dan sejenisnya dalam bentuk gambar dan video. Namun, durasi video yang bisa dipublikasikan melalui aplikasi ini sangatlah singkat. Untuk Instagram Stories durasi video adalah 15 detik sedangkan untuk ke feeds atau linimasa durasinya adalah 1 menit. Tentunya, konten video yang bisa kita publikasikan ke akun Instagram sangatlah terbatas.

Seakan ingin memberi lebih banyak keleluasaan bagi para pengguna yang membutuhkan durasi video lebih panjang, Instagram meluncurkan sebuah aplikasi baru yang bernama IGTV. IGTV adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk mempublikasikan atau mengupload konten video berdurasi panjang ke akun Instagram. Selain itu dengan IGTV kita bisa menonton video-video karya para Instagram creators. Video yang dipublikasikan ke IGTV akan tampil dalam format portrait. Dari aspek ini saja, kita bisa tahu bahwa aplikasi ini diperuntukkan bagi para pengguna smartphone.

Panduan Menggunakan Aplikasi IGTV Instagram


Sebagaimana disebutkan di atas, aplikasi IGTV ini bisa berdiri sendiri atau stand-alone application. Aplikasi IGTV ini akan terintegrasi secara otomatis ke akun. Jadi kita juga bisa membukanya dari akun Instagram kita. Kita hanya perlu log in ke akun Instagram kita maka secara otomatis kita juga telah log in ke IGTV. Kita hanya perlu untuk membuat channel atau saluran IGTV untuk akun Instagram kita. Dan yang paling penting, kita tidak perlu memulai dari nol follower, karena follower kita diinstagram akan secara otomatis menjadi follower channel IGTV kita.

Cara Memasang aplikasi IGTV

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memasang aplikasi IGTV ke akun Instagram:
  1. Akun Instagram harus sudah logged in di smartphone.
  2. Download aplikasi IGTV di google playstore lalu pasang (install).
  3. Setelah IGTV terpasang, buka aplikasi Instagram. Akan ditemukan ikon IGTV di pojok kiri atas interface Instagram. Nah, sampai disini IGTV telah terintegrasi ke akun Instagram.
  4. Selanjutnya, sentuh ikon IGTV untuk masuk ke IGTV.
  5. Langkah berikutnya adalah membuat channel IGTV. Untuk bisa mengupload video ke IGTV, akun Instagram kita harus memiliki channel IGTV.
  6. Setelah selesai, kita bisa mengupload video ke channel IGTV.

Cara Membuat Channel IGTV

Seperti disebutkan pada poin nomor 5 langkah memasang IGTV, untuk bisa mengupload video ke IGTV kita perlu membuat channel IGTV untuk akun Instagram kita. Berikut langkah membuat channel IGTV.
  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Lalu sentuh ikon IGTV untuk masuk.
  3. Setelah masuk ke IGTV, sentuh ikon roda gerigi untuk masuk pengaturan.
  4. Pilih buat saluran atau create channels.
  5. Selanjutnya akan ada petunjuk yang tertera untuk diikuti.
  6. Selesai, channel siap diisi video.

Cara Mengupload Video ke IGTV

Untuk mengupload video ke IGTV, ada beberapa ketentuan yang perlu kita ketahui supaya video tersebut sukses terupload dan optimal. Berikut ketentuan-ketentuannya.
  • Format video MP4.
  • Video berbentuk portrait (vertikal)
  • Video ber-aspek rasio 4:5 (minimal) sampai 9:16 (maksimal).
  • Durasi video 15 detik – 10 menit. Untuk channel yang telah memiliki follower besar dan akun telah verified akun tersebut bisa mengupload video sampai durasi 1 jam.

Setelah memenuhi ketentuan di atas, kita bisa mulai mengupload video ke channel IGTV. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Buka Instagram.
  2. Buka IGTV
  3. Masuk ke channel IGTV.
  4. Sentuh tombol dengan ikon tambah (+).
  5. Pilih video yang akan diupload.
  6. Jika ingin mengganti cover video pilih Edit Cover.
  7. Lalu isi bagian-bagian yang perlu diisi seperti judul dan deskripsi.
  8. Jika ingin memperlihatkannya di facebook, nyalakan tombol Make Visible On Facebook.
  9. Terakhir sentuh tombol Post. Tunggu sampai upload selesai.

Video-video yang ada di IGTV bisa ditonton dengan cara membuka aplikasi IGTV. Pada halaman utamanya, aka nada video-video rekomendasi yang dikategorikan ke beberapa tab, yaitu For You, Following, Popular, dan Continue Watching. Video IGTV bisa ditonton melalui smartphone dan Instagram web di komputer atau laptop.

Nah, demikian ulasan singkat mengenai aplikasi IGTV. Selamat mencoba bagi yang berminat. Jika berkenan, silahkan mengunjungi channel IGTV imajiner amatir. Saya pun baru mencoba membangun channel IGTV imajiner amatir. Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga:
Cara Menggunakan banyak Akun Instagram dalam 1 Smartphone

Posting Komentar untuk "Panduan Menggunakan Aplikasi IGTV Instagram"